Home / Nusantara

Sabtu, 14 Januari 2023 - 18:39 WIB

Panwaslu Kecamatan Tripe Jaya Buka Pendaftaran Panwaslu Desa/Kelurahan

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

Guna menyongsong pelaksanaan kegiatan Pemilu di tahun 2024 yang akan datang, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Tripe Jaya mulai membuka pendaftaran Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) untuk 10 Desa yang ada di Kecamatan Tripe Jaya.

Adapun pendaftaran dan penerimaan berkas calon PKD di buka mulai hari Sabtu (14/01/2023) hingga Kamis (19/01/2023) pukul 08.00 – 17.00 Wib waktu setempat.

Ketua Panwascam Tripe Jaya Muhammad menyebutkan bahwa rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa ini dilaksanakan sebagaimana “Pendaftaran PKD dilaksanakan dalam rangka pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak di tahun 2024 nantinya.

Ketua Pokja pun memaparkan terkait pembentukan PKD Kecamatan Tripe Jaya untuk tahapannya, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi dengan menyampaikan surat edaran kepada pemerintah desa di Kecamatan Tripe Jaya berupa pengumuman rekrutmen PKD melalui Media, FB, Panwascam Trija, IG Panwascam Trija, bahkan melalui YouTube.

“Dan ini merupakan wujud keterbukaan informasi yang bertujuan agar setiap masyarakat khususnya warga Kecamatan Tripe Jaya yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan dirinya,” ungkap Muhammad didampingi Kepala Sekertariat Panwascam Saidina SE ketika memberikan keterangan.

Lebih lanjut ia menerangkan, setiap pelamar harus memenuhi syarat yang di lengkapi untuk menjadi PKD.

Adapun syarat mutlak yang wajib dipenuhi para peserta berusia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA, tidak sebagai anggota parpol, sehat jasmani, rohani, serta bebas narkoba.

Juga melampirkan pas foto ukuran 4×6 3 lembar, Foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir, surat keterangan sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas, surat ijin atasan bagi pekerja lain.

Dan apabila terpilih, peserta harus menandatangani surat pernyataan di atas materai 10.000.

“Lalu Berkas pendaftaran di masukkan ke dalam, Map merah (Laki- laki) dan map hijau (Perempuan), serta melengkapi Dokumen pendaftaran yang dibuat masing-masing dua rangkap,” pungkasnya.

Pendaftaran ini gratis alias tidak di pungut biaya. Dan yang ingin mendaftarkan diri bisa membawa langsung berkas pendaftaran ke Sekretariat Panwascam yang berlokasi di Desa Buntul Musara, simpang SMA kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo lues.

“Sementara itu, jumlah PKD yang dipilih setiap desa hanya satu orang saja sebagaimana aturan yang berlaku, sehingga PKD Kecamatan Tripe Jaya keseluruhan berjumlah 10 orang yang nantinya akan bertugas di 10 desa,” tutupnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Syah Afandin Serahkan Tali Asih untuk Siswa MAN 3 Langkat

Nusantara

Pererat Silaturahmi & Peringati Hari Sepeda Dunia, Bobby Nasution Gowes Bareng Konsul AS dan Forkopimda

Nusantara

Penyedia Jasa Tanpa Plank Proyek di SMP N 33 Kota Bekasi, Diduga Kerja Asal Jadi.

Nusantara

40 ORANG PERWAKILAN PETANI KABUPATEN SIMALUNGUN BERANGKAT KEPULAU JAWA

Nusantara

Pertemuan ke-5 IMT-GT Di Medan, Delegasi Kagumi Kota Medan Medan sebagai Kota Berkelanjutan

Nusantara

Gemes 2022 Ditutup, Aulia Rachman: Apapun Ceritanya Medan Adalah Tanah Melayu, Semua Suku Hidup Akur & Damai

Nusantara

Kuat Diduga CV. Aie Bareh Menelan Keuntungan Fantastik Dari Margin

Nusantara

HUT ke-151 Binjai, Pemkab Langkat Doakan Semakin Sejahtera & Berbudaya