Home / Nusantara

Rabu, 15 Februari 2023 - 11:35 WIB

Pekerja di DIY 73% Tak Miliki Jaminan Keselamatan Kerja, SBSI DIY Angkat Bicara

Penulis: Eko Rihantoro

Sleman, PERISTIWAINDONESIA.com |

Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyoroti perihal data yang dilaporkan BPJS Ketenagakerjaan DIY.

Pasalnya, data tersebut menunjukkan 73 persen pekerja di DIY tidak memiliki jaminan keselamatan kerja.

“Dari data yang kami himpun, jaminan keselamatan buruh (melalui BPJS Ketenagakerjaan) yang sudah diselesaikan oleh perusahaan baru 27 persen saja. Ini kan bahaya dan juga tak ada tanggung jawab perusahaan terhadap hak-hak pekerjanya,” ungkap Koordinator Wilayah K-SBSI DIY Dani Eko Wiyono, Rabu (15/2/2023) di Sleman, Yogyakarta.

Menurutnya, perusahaan belum sepenuhnya memberi perhatian serius terhadap pekerja di DIY, utamanya terkait keselamatan kerja.

Ketiadaan jaminan atas keselamatan kerja, lanjut Dani, membuat para pekerja semakin rentan ter-informalisasi. Karena perusahaan kerap lepas tangan terhadap pekerja saat mengalami permasalahan hingga berujung kematian.

“Dengan 73 persen pekerja yang tidak mendapat jaminan keselamatan kerja, hal itu akan berdampak serius terhadap para pekerja. Bahkan perusahaan bisa saja lepas tangan dengan kondisi buruk yang menimpa pegawai atau pekerja mereka,” ujar Dani.

Terkait realita tersebut, Dani menyentil organisasi yang mewadahi para pengusaha dan perusahaan yang ada di DIY. Dani pun meminta Kamar Dagang Indonesia (KADIN) DIY dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DIY untuk segera merespons persoalan ini.

“Mereka seharusnya turut turun tangan menyelesaikan persoalan serius ini,” tambahnya.

Dani menilai seluruh pihak perlu turun tangan menyelesaikan problem tersebut, agar para buruh mendapatkan haknya. Sehingga, kemaslahatan pekerja di DIY bisa lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Dan BPJS Ketenagakerjaan harus bisa mengejar perusahaan ini untuk melunasi kewajibannya. Ini penting, jika kita mau menyejahterakan pekerja dan buruh di DIY,” tutup Dani (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Saluutt!!! Jenguk Wartawan Sakit, AKBP Herwansyah Putra: Sebagai Bentuk Kepedulian Bid Humas Poldasu

Nusantara

Kampung Beasiswa di Kabupaten Langkat Ciptakan Pelajar Berkualitas

Nusantara

Pemko Medan Terus Berupaya Percepat Realisasi APBD, Bobby Nasution : Masyarakat Dapat Rasakan Hasil Pembangunan Yang Dilakukan

Nusantara

Lapor Pak Kapolri Dan Pak Kapolda KALBAR, PETI di Sungai Kapuas Wilayah Penai, Beran, Salat, Sentabai, Kec. Silat Hilir, Hancurkan Sungai Kapuas

Nusantara

Kapolri Resmikan Gedung Baru Divisi Humas Polri, Begini Pesannya

Headline

Komisi I DPRD Kota Bekasi Tanggapi Dampak RUU ASN

Nusantara

Pemko Medan Apresiasi Pentas Kolosal “Misteri Buluh Perindu” Deli Company

Nusantara

Sempatkan Diri Dengarkan Saran Warga, Plt Bupati Langkat Terima Audiensi dari Berbagai Pihak