Home / Nusantara

Selasa, 8 November 2022 - 12:06 WIB

Acara Partangiangan Bolon Pomparan Sigodangulu Sihotang Berlangsung Meriah

Penulis: Tatang Sihotang

HUMBAHAS, PERISTIWAINDONESIA.com |

Acara Partangiangan Bolon Pomparan Raja Sigodangulu Sihotang, Sabtu (05/11/2022) di Parlilitan, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara, berlangsung lancar, sukses dan meriah.

Apalagi kegiatan ini kali pertama diadakan dalam sejarah sehingga menimbulkan semangat, antusias, dan suka cita oleh ribuan Pomparan (keturunan) Sigodangulu Sihotang.

Keturunan Sigodangulu Sihotang yang hadir merindukan untuk hadir doa bersama di Tano Panguseang Parlilitan.

Selain dihadiri oleh unsur DPP PPRSSBI, para utusan DPD dan DPC seluruh Indonesia, juga dihadiri oleh para tamu undangan seperti Pemkab Humbahas, Ketua Umum DPP dan rombongan Simanjuntak Sitolu Sada Ina, dongan tubu Siraja Oloan, dongan padan Marbun, Rombongan tulang dan hula-hula serta ribuan tamu undangan lainnya.

Acara yang diawali dengan pawai peserta yang didukung oleh marching Band dari para pelajar SMA yang ada di Parlilitan.

Selanjutnya, seluruh peserta mengikuti barisan prosesi memasuki aula pertemuan didukung oleh Sanggar tari Satahi Saoloan, kemudian ibadah bersama dilanjutkan dengan pelantikan DPC-DPC PPRSSBI Se-Indonesia.

Usai ibadah, dilanjutkan penyampaian kata-kata sambutan mewakili peserta.

Para peserta dan seluruh yang hadir diarahkan menuju lapangan Paroki untuk acara manortor dan kegiatan Partangiangan Bolon diakhiri dengan hiburan hingga pukul 21.00 WIB.

Di kesempatan itu, Pdt Togar Hasugian Sihotang dalam pesan kotbahnya dari Roma 14:19 mengatakan bahwa semua harus mengedepankan kasih dalam membangun harmoni kekerabatan seluruh pinompar Sigodangulu Sihotang dan menurunkan ego masing-masing serta saling menghormati dan menghargai.

Sementara Ketua Umum DPP PPRSSBI Henry Sihotang menyampaikan bahwa ide melaksanakan partangiangan bolon di Parlilitan ini muncul setelah mereka ditetapkan menjadi pengurus lewat MUBES Bogor.

Ketika itu, katanya, saat kunjungannya ke Parlilitan didampingi oleh Waketum Saut Sihotang dan Sekjen Odjak Sihotang, dalam acara diskusi dengan para tokoh masyarakat Sihotang bersama Muspika kecamatan Parlilitan tercetus kerinduan untuk melakukan acara partangiangan Pomparan Sigodangulu Sihotang di huta Panguseang Parlilitan.

“Kesatuan dan kebersamaan seluruh Pomparan Sigodangulu Sihotang jauh lebih penting dibanding apapun bahkan nama Henry Sihotang tidak ada apa-apanya di bangdingkan dengan harmonisasi semua Pomparan,” tandasnya.

Oleh karena itu, lanjut Henry Sihotang, semua Pengurus baik di tingkat DPP, DPD maupun DPC harus memiliki kepekaan untuk membangun kebersamaan dengan menjaga setiap lisan dan tulisan.

“Kita bisa saling menghargai satu dengan yang lain,” ujarnya didampingi oleh Waketum dan Sekjen DPP PPRSSBI.

Menurut Ketua Panitia Lokal, Ir Mutiha Hasugian bahwa dalam beberapa hari sebelum acara partangiangan bolon, Parlilitan selalu diguyur hujan tapi pada hari H pelaksanan sampai berakhir acara cuaca sangat cerah karena kemurahan Tuhan.

Pdt Dr Hermanto Sihotang sebagai Ketua Panitia Nasional, yang sekaligus sebagai Ketua DPD PPRSSBI Sumut-Aceh menyampaikan bahwa punguan ini bersifat sosial yang harus dikerjakan dengan ketulusan dan kerelaan hati sehingga walaupun banyak hambatan dan rintangan dalam pelaksanaannya namun panitia berusaha maksimal untuk mempersiapkan semua acara dengan baik tanpa pamrih.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Nababan mewakili Bupati mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pengurus dan marga Sihotang dari seluruh Indonesia karena Parlilitan dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan partangiangan Bolon Sigodangulu Sihotang.

“Semoga semua Pomparan Sigodangulu Sihotang yang hadir dapat merasakan keindahan dan kesejukan alam Parlilitan, Humbang Hasundutan,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung hingga pukul 21.00 WIB, dan peserta mengharapkan kegiatan seperti ini dapat diadakan secara rutin dimasa-masa mendatang (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Syah Afandin Ingin Al Hidayah Meningkat Kaum Perempuan di Pembangunan

Nusantara

Berita Hoax, Kepsek SDN 1 Blangkejeren Laporkan Penyebar Isu Penculikan

Nusantara

Tidak 100 Persen Masyarakat Kampar Sebomban Setuju. Diduga PT MKS Merampas HAK Yuridis Masyarakat,Ada Keterlibatan Oleh Asisten PT MKS

Nusantara

Kepsek SMKN 7 Kota Bekasi Akui Pungut Uang Pada Siswa Untuk Bangun Sekolah

Nusantara

Ada Stand ODGJ di Gebyar Kreatif Medan Helvetia Gebyar Kreatif Medan Helvetia Pukau Pengunjung Ajang Gebyar Kreatif Medan Helvetia Wahana Kreativitas Anak Muda

Nusantara

Kabupaten Gayo Lues Dinyatakan Masuk Daerah Inovatif Tahun 2022

Nusantara

71 Ekor Ternak di Angkola Sangkunur dan Batang Toru Diberi Vaksin PMK

Daerah

Bro Aman Deklarasikan Dukung Aulia Rachman Jadi Walikota Medan