Home / Nusantara

Kamis, 4 Maret 2021 - 22:58 WIB

Baznas Halsel Sosialisasi Pembentukan Unit Pengumpulan Zakat di Kodim 1509/Labuha

Penulis: Muh Saifullah

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Ketua Baznas Halmahera Selatan (Halsel) Jufri Lamoro menyambangi Kodim 1509/Labuha untuk mensosialisasikan pembentukan Unit Zakat (UPZ) kepada Personil Kodim 1509/Labuha, Kamis Pagi (4/3/2021) di Aula Makodim 1509/Labuha di Jalan Sapta Marga, Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan.

Kedatangan Ketua Baznas Halsel Periode 2020-2025 ini di damping Kepala Penyelenggara Zakat wakaf Departemen Agama Kabupaten Halsel Atib Ajid SAg diterima Pasilog Kapten Czi Mustamin mewakili Dandim 1509/Labuha.

Menurut Jufri Lamoro, berdasarkan UU No 23 tahun  2011 tentang pengelolaan Zakat dan pembentukan Unit Zakat, pihaknya mensosialisasikan keberadaan lembaga negara Non Kementerian tersebut, tetapi dibawah Pengawasan Kementerian Agama.

Disampaikannya, Baznas Halsel akan menghimpun dan mengumpulkan Zakat, Infaq dan sedekah serta menyalurkannya kepada yang berhak menerima, maupun menyalurkan Dana Zakat melalui Program Baznas

“Zakat sebagai bentuk pembersihan harta yang kita terima dan akan disalurkan kepada 8 golongan yang berhasil menerima Zakat seperti Kaum Fakir, Miskin, Ibnu Sabil, Fi Sabilillah, Mualaf, Riqab, Gharim dan Amil Zakat,” terangnya.

Tidak hanya Zakat, Baznas Halsel juga menerima Infaq yang akan digunakan dan disalurkan untuk Program Halsel Cerdas seperti memberikan beasiswa yang berprestasi dan kurang mampu.

Pembayaran zakat bagi umat Islam di kabupaten Halsel dapat dilakukan di kantor Baznas secara langsung atau melalui Rekening yang telah tersedia.

Kantor Baznas Halsel bermarkas di Lantai 1, Masjid Raya Al-Khairaat di Jalan Karet Putih Kampung Makian kecamatan Bacan Selatan kabupaten Halsel.

“Alhamdulillah, dengan kedatangan pihak Baznas dan Departemen Agama Halsel dalam mensosialisasikan pembentukan Unit Zakat, kami bisa mengerti dan paham perlunya mengeluarkan Zakat Fitrah, Zakat Mal dan Zakat Profesi, serta kami bisa menyalurkan Zakat dengan tepat sasaran,” ujar Kapten Czi Mustamin.

Disampaikannya, hasil pemaparan dan penjelasan dari Baznas maupun Depag telah menambah wawasan anggota TNI di lingkup Kodim 1509/Labuha.

“Kami akan bersilaturahmi dengan Personil Kodim 1509/Labuha agar bisa mengumpulkan zakat, karena beberapa Instansi SKPD dan Instansi Vertikal belum optimal dalam pelaksanaan pengumpulan Zakat. Sehingga kami akan mensosialisasikannya agar bisa lebih optimal lagi dalam penyaluran maupun pengumpulan Zakat,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan selalu konsultatif dengan semua Instansi, agar bisa menyalurkan zakat melalui Baznas lembaga pemerintahan non Kementerian ini.

“Insyaallah, kami akan menyalurkannya tepat sasaran seperti 8 Golongan yang berhak menerima zakat dan menyalurkan Infaq melalui program yang ada di Baznas,” kata Jufri Lamoro (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Gedung Juang’45 Akan Segera Direnovasi Pemerintah Kabupaten Simalungun

Nusantara

Perluas Aliran Sungai Bedera, Bentuk Sikap Tegas Bobby Nasution Dalam Menanggulangi Banjir Di Kota Medan

Nusantara

Seperti Kubangan Kerbau Berserakan Di Simpang Taman Karya, Kadis PUPR Kota Pekanbaru Tutup Mata

Nusantara

Usai Diresmikan, Ini Harapan Ketua DPRD Untuk Taman Wisata Syariah

Nusantara

Kapolsek Rikit Gaib dan Kasatlantas Gelar Kegiatan Saweu Sikula di SMAN 1 Rikit Gaib

Nusantara

Diduga Jegal Balon Kades, LSM Penjara Siap Gugat Panitia PAW Desa Singasari Hingga Surati DPMD

Nusantara

Penyerahan Senjata Api Jenis Rakitan Dari Warga Kepada Anggota Satgas PAMTAS RI – MLY Yonarmed 10/Bradjamusti

Nusantara

DPRD Kabupaten Bolmut Gelar Paripurna Penyampaian KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023