Home / Nusantara

Selasa, 9 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Dandim 1418/Mamuju Paparan Dihadapan Tim Wasev Mabes AD di Mamuju

Penulis: Kiyosi Bombang

Mamuju, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dandim 1418/Mamuju Letkol Inf M Imasfy memberikan pemaparan tentang program TMMD Reguler 114 Kodim 1418/Mamuju kepada Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabesad Kolonel Inf Senmart Tonda SSos selaku Paban Sahli Kasad Bid Was Aspas.

Turut hadir Bupati Mamuju Hj Sitti Sutina Suhardi SH MH, Kasrem 142/Tatag
Kolonel Inf Hadi Purwosubroto SAB MM, Paban Sahli Kasad Bid Was Aspas Kolonel Inf Senmart Tonda SSos beserta jajaran lainnya.

Du kesempatan itu, Dandim 1418/Mamuju menyampaikan, terpilihnya Lingkungan Kassa, Kel Sinyoinyoi Induk Kec Kalukku Kab Mamuju sebagai sasaran TMMD ke-114 Tahun 2022 karena Lingkungan tersebut masih tergolong lingkungan merah atau pra sejahtera.

Penduduk memiliki mata pencaharian sebagai buruh lepas harian, petani dan Pedagang di lingkungan tersebut.

Disampaikan bahwa sasaran Fisik Lingkungan Kassa yaitu pada musim hujan kondisi jalan sulit dan rawan di lalui kendaraan terutama roda dua karena licin berlubang dan berlumpur karena pengaruh air hujan.

Pembukaan jalan, menurutnya untuk memperpendek jarak tempuh antara lingkungan kassa dengan kelurahan sinyonyoi induk.

“Selama ini masyarakat kesulitan untuk mengangkut hasil bumi mereka, khususnya jagung. Setelah perbaikan akses jalan ini, diharapakan akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, sarana ibadah belum memadai seperti tempat wudhu dan MCK. Sedangkan sasaran non Fisik lingkungan Kassa kurangnya pemahaman tentang Wasbang & Belneg karena banyaknya masyarakat yang putus sekolah.

Selanjutnya, rendahnya pemahaman masyarakat tentang KB Kes dan stunting, rendahnya pemahaman hukum dan Kamtibmas.

Masih kata Dandim, pihaknya juga mengajari tehnik bercocok tanam masyarakat karena masih tradisional dan kurangnya pemanfaatan lahan.

Kodim 1418/Mamuju telah merencanakan pembangunan yang terbagi menjadi dua sasaran yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Untuk sasaran fisik yaitu, Pembuatan gorong – gorong, Rabat Beton, Plat duiker, peningkatan jalan, pembangunan MCK, Rehab Masjid, Pembukaan jalanĀ  dan Drainase.

Untuk sasaran nonfisik meliputi Penyuluhan Wasbang & Belneg, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, penyuluhan KB Kesehatan dan Penyediaan Stunting.

Bupati Mamuju Hj Sitti Sutina Suhardi SH MH menyampaikan selamat datang kepada tim Wasev TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke-114 tahun anggaran 2022.

“Semoga kehadiran bapak/ibu sekalian di bumi Manakarra, menjadi spirit baru dalam pelaksanaan kegiatan TMMD yang kita gelar secara terpadu dengan mengusung rasa kebersamaan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat dapat kita sukseskan secara bersama-sama,” ujarnya.

Bupati juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan dalam forum komunikasi pimpinan daerah, yang terus bahu-membahu menjalankan tugas dan fungsi masing-masing guna mengawal arah kebijakan pembangunan daerah yang telah dibulatkan dalam visi mamuju keren sebagai kerangka utama pembangunan lima tahun demi mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Mamuju.

“Pelaksanaan kegiatan fisik serta kegiatan non fisik, yang kesemuanya direncanakan menelan anggaran lebih dari 1,4 milyar rupiah bersumber dari kolaborasi antara pemerintah daerah bersama jajaran TNI,” tandasnya.

Meski nilai dukungan pembiayaan ini masih terbilang sangat terbatas, namun tentunya kita senantiasa berharap agar aktualisasi program ini dapat dimaksimalkan dengan baik, sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

DPRD Sumut Kunker ke Langkat Bahas Perda Disabilitas

Headline

Soal Gaji Guru Tertunggak, Aulia Rachman: Ini Hari Harus Segera Dituntaskan

Nusantara

Haru dan Bahagia, Nelayan Nusa Utara Terima Bantuan PLN Peduli

Nusantara

Sumber Pangan yang Surplus untuk Program Makan Bergizi dan Minum Susu Gratis adalah Daging Ayam, Telur dan Ikan*

Nusantara

Wakil Bupati Kolaka Buka Pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) Tahun 2023

Nusantara

Kapuspen TNI Angkat Suara, Pangkat Letkol Tituler Kami Berikan Kepada Exs Staf Presiden DR.Lenis Kogoya S.T.H,. M.Hum

Nusantara

Peringati Hari Anak Nasional Tahun 2022, Kapolda Sulbar: Anak Wajib Gembira

Nusantara

Afandin Hadiri Harganas di Medan, Jokowi Ajak Kemandirian Pangan