Home / Nusantara

Kamis, 6 Oktober 2022 - 13:10 WIB

Gerakan Bapak Asuh Stunting Mamuju Dalam Rangka HUT TNI ke-77 tahun 2022

Penulis: Kiyosi Bombang

Mamuju, PERISTIWAINDONESIA.com |

Kodim 1418/Mamuju dan Pemkab Mamuju melaksanakan Gerakan bapak Asuh Stunting Mamuju dalam rangka HUT TNI ke 77 Tahun 2022, Kamis (06/10/2022) sekira pukul 10.00 Witad i Aula Kodim 1418/Mamuju Jln Yos Sudarso Kel Binaga Kec Mamuju Kab Mamuju Prov Sulbar.

Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan BKKBN Integrasi Penguatan Kemitraan dalam rangka Penggarapan dan pelayanan KBKR dengan penurunan angka stunting melalui gerakan ‘Bapak Asuh Anak Stunting’ (BAAS) dan pertemuan Loka Karya Mini (Lokmin) tingkat kecamatan tahun 2022, yang dihadiri sekitar 120 orang.

Hadir dalam kegiatan ini:
Brigjen TNI Farouk Pakar SPd MHan (Danrem 142/Tatag), Hj Sitti Sutinah Suhardi SH MSi (Bupati Mamuju), Kolonel Inf M Imasfy SE (Dandim 1418/Mamuju), Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto SAB MM (Kasrem 142/Tatag), Kapten Adm Aswarman (Danden Pos AU Bandara Tampa Padang Mamuju), Ipda Jeffry (Kasi Dokes Polres Mamuju), Letda Laut (E) Febrianto (Paspotmar Lanal Mamuju), Pejabat Utama Korem 142/Tatag, Persit Koorcab 142 PD XIV/Hsn, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLII Dim 1418., Perwakilan BKKBN Prov Sulbar dan Parah Bapak Asuh Stunting Kodim 1418/Mamuju.

Dalam laporannya, Dandim 1418 Mamuju Kolonel Inf M Imasfy SE menyampaikan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat berkumpul di aula 1418 Mamuju dalam rangka gerakan bapak Agus stanting maka gerakan Bapak asuh anak stunting Mamuju dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 77 Tahun 2022 TNI.

Dikatakannya, kegiatan gerakan Bapak Asus stunting sebagai sarana untuk membentuk Sinergi kita dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Mamuju dengan dirangkaikan dengan kegiatan HUT TNI ke-77 Tahun 2022

Adapun tujuannya adalah meningkatkan kepedulian seluruh instansi dan elemen masyarakat terhadap masyarakat yang berisi pos stunting khususnya ibu-ibu hamil dan anak-anak di bawah 2 tahun untuk mencegah terjadinya stunting.

Kemudian yang kedua, membangun kesadaran ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak 2 tahun ke bawah untuk aktif memeriksakan kesehatan kehamilan dan anaknya di pelayanan kesehatan dan Posyandu yang telah tersedia

Adapun sasarannua yaitu antara bapak asuh dan anak stunting dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam hal ini yang kegiatan ini adalah dinas-dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan kemudian dinas DPPKB Ikatan Bidan dan Persaji serta BKKBN Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Mamuju.

Adapun metode yang dilaksanakan adalah dengan penyuluhan. Kemudian pemeriksaan kesehatan dan bakti sosial.

“Bapak Ibu sekalian bagaimana kita ketahui bahwa data stunting khususnya di Kecamatan Mamuju berdasarkan catatan dinas kesehatan dan DPPKB Mamuju tercatat jumlah anak baduta risikotanting di kecamatan Mamuju sebanyak 450 orang dan yang hadir siang ini sekitar 50 orang kemudian jumlah ibu hamil risiko stanting di kecamatan Mamuju sekitar 121 orang dan hari ini juga yang bisa hadir 50 orang,” jelas Dandim.

Disampaikannya, anggaran kolaborasi dari kegiatan Bapak stunting Korem 142 taruh ada Taro gaul kodi 1418 Mamuju Mitra Bapak sustantin wilayah Kodim 1418 Mamuju Dinas Kesehatan dinas BPKB dan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat.

“Adapun bakti sosial yang nantinya akan kita berikan kepada ee Bapak kepada ibu-ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun berupa beras telur kemudian susu UHT kacang hijau bihun jagung biskuit Promina santan ini santan Kara dan roti ini kita adakan sesuai dengan diskusi dengan pihak gizi,” imbuhnya.

Sementara itu, sambutan Hj Sitti Sutinah Suhardi SH M Si selaku Bupati Mamuju yang intinya adalah menyampaikan dirgahayu TNI ke -77 Tahun 2022.

“Semoga momentum ini dapat semakin memantapkan nilai kemanunggalan TNI bersama rakyat, sebagaimana tema peringatannya kali ini “ TNI adalah kita”, sepenggal kalimat yang selalu mempertegas bahwa kehadiran TNI senantiasa memiliki ikatan yang tak terpisahkan,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Pemkot Bekasi Darurat Tenaga Pengajar di Sekolah

Nusantara

Aliansi Indonesia Sesalkan Ulah Bupati Bahrain Kasuba Berjoget Ria Ditengah Musibah Corona

Nusantara

Plt Bupati Langkat Ikuti Rakor Perdana dengan Pj Gubernur Sumut

Nusantara

Diikuti Kapenrem 072/Pamungkas, Humas Polda DIY Gelar Pelatihan Public Relation Virtual

Nusantara

Pemkab Lombok Utara Raih Penghargaan INAGARA AWARD Tahun 2022

Nusantara

Rombongan Safari Ramadhan Pemkab Langkat ke Mesjid Nurul Huda Tanjungpura

Nusantara

Bang David Darmawan: Lawan Mafia Tambang! Kita Dukung Menkopolhukam Bongkar Aktor Utama Mafia Pertambangan.

Nusantara

Caleg Dari Salah Satu Partai Melakukan Serangan Fajar(Money Politik) Untuk Mendapatkan Suara