Home / Nusantara

Kamis, 8 Desember 2022 - 06:06 WIB

Kantor Pos Medan Jadi Bahan Ujian Mahasiswa Teknik Bangunan Unimed  

Penulis : MF. Habibie

Medan : Peristiwaindonesia.com

Bangunan bersejarah Kantor Pos Medan menjadi bahan ujian mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan TGeknik Bangunan Universitas Medan (Unimed). Selain mengamati arsitekturnya, para mahasiswa ini juga menggambar bangunan bersejarah yang berada di kawasan titik nol Kota Medan tersebut.

Sejak Rabu (7/12) pagi hingga menjelang tengah hari, para mahasiswa ini mengambil posisi masing-masing untuk melukis bangunan Kantor Pos. Sekelompok mahasiswa mengambil posisi di dekat Lapangan Merdeka dan kelompok lain menggambar bangunan bersejarah itu dari depan Hotel Inna Dharma Deli.

Mereka menggambar di atas kertas dengan menggunakan pinsil. Tanpa kanvas juga cat. Mereka tampak menggambar sesuai dengan bentuk asli bangunan itu.

Saat diwawancarai, salah seorang mahasiswa bernama Arlindo Sianturi mengatakan, kegiatan ini merupakan ujian mata kuliah Kontruksi Bangunan dan Gedung.

“Jadi kami ditugaskan di sini untuk menggambar ulang Kantor Pos yang merupakan bangunan bersejarah,” ujar mahasiwa semester lima tersebut.

Dia mengaku salut pada bangunan Kantor Pos Medan yang sampai kini masih berdiri dengan kokoh.

“Ini ‘kan bangunan lama,  kalau nggak salah 1911 dibangun. Dan sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh tanpa ada yang dirombak lagi. Salut,” ungkapnya.

Arlindo berharap agar bangunan-bangunan tua di ibu kota Sumatra Utara ini tetap dijaga dan dilestarikan. “Karena bangunan-bangunan tua tentu banyak mengandung sejarah yang dapat menjadi pelajaran ,” ucap anak muda yang bermukim di Kecamatan Medan Denai itu.

Senada, Gloria salah seorang mahasiswa yang juga mendapat  tugas ujian menggambar Kantor Pos Medan ini juga mengaku rasa kagumnya pada bangunan bersejarah itu.

Dia berharap konstruksi dan arsitektur Kantor Pos ini bisa terus dikembangkan dan diterapkan pada bangunan-bangunan baru yang akan dibangun di Medan.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Pemuda Pancasila PAC Padangsidimpuan Selatan Nyatakan Perang Terhadap Prostitusi

Nusantara

Mosbet: Onlayn Kazino Və Idman Mərclər

Nusantara

Diduga Proyek Hantu, Proyek Jalan Kp Gebang Desa Sukaragam Kec Serang Baru Tak Dipasang Papan Plang

Nusantara

Kadinsos Baru Subulussalam Akui Perihal Kesalahan Penerima Bansos Dan akan Selesaikan Seluruh Masalah Tersebut Awal April 2022

Nusantara

Plt Bupati Langkat Sampaikan LPJ APBD TA 2021, Berikut Penjelasannya

Nusantara

Baksos Untuk Masyarakat Pesisir Kabupaten Cirebon

Nusantara

Usai Diresmikan, Ini Harapan Ketua DPRD Untuk Taman Wisata Syariah

Nusantara

Cipayung Plus Dukung Syah Afandin Terus Pimpin Langkat Hingga 2029