Home / Nusantara

Jumat, 10 November 2023 - 11:49 WIB

Kurangi Resiko, Plt Bupati Langkat Buka Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana Dinas Sosial Kabupaten Langkat di Bumper Kwarcab Langkat, Senin (06/11/2023), sekaligus Pemberian Bantuan kepada Lansia dan Disabilitas.

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH mengatakan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tanggap siaga bencana untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat terjadinya bencana, dimana masyarakat menjadi garda terdepan sebagai relawan dalam membantu dan menginformasikan terkait terjadinya bencana.

“Untuk itu Kabupaten Langkat turut berbangga atas kepedulian dan tanggung jawab sosial dari seluruh masyarakat kabupaten Langkat. Hal ini dibuktikan dengan tersebarnya taruna siaga bencana lengkap di setiap kecamatan di kabupaten Langkat,” ucapnya

Plt Bupati juga bangga karena dalam kegiatan ini peserta bukan hanya dari relawan Tagana, melainkan juga dari organisasi sosial lainnya yaitu karang taruna. Sehingga ketika ada bencana, mereka dapat meringankannya karena keberadaan mereka ada di setiap desa dan kecamatan se kabupaten Langkat.

Ia pun berharap melalui kegiatan ini, akan jadi sangat bermanfaat dan menjadi ajang silaturahmi kita untuk saling bertukar informasi serta meningkatkan pembelajaran sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas yang mulia dalam menghadapi kondisi alam dan sosial yang merupakan takdir Allah SWT.

“Saya juga mengharapkan agar sinergitas penanggulangan dan penanganan bencana ini tetap terjalin dengan baik antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Pesan saya bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan ini sehingga selesai kegiatan ini pengetahuan maupun wawasan akan semakin bertambah dan dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan tugas kedepannya,” ucap Plt Bupati Langkat.

Laporan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Langkat Taufik Rieza SSTP MAP.

Pendidikan dan pelatihan tanggap siaga bencana ini dimulai pada tanggal 5-6 November 2023, diikuti oleh 200 peserta yang terdiri 100 orang dari Tagana dan 100 orang dari karang taruna se- kabupaten Langkat.

Dalam kegiatan ini Dinas Sosial juga memberikan bantuan untuk lansia dan disabilitas :
1. Bantuan program permakanan bagi lansia dan disabilitas sebanyak 100 orang
2. Bantuan program sandang bagi disabilitas sebanyak 180 orang
3. Bantuan program alat bantu (kursi roda) bagi penyandang disabilitas roda) bagi penyandang disabilitas sebanyak 30 orang

” Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Plt.Bupati Langkat dan saya juga mohon bimbingan dan arahan ya kepada seluruh peserta pendidikan dan pelatihan tanggap siaga bencana” ucap Kepala Dinas Sosial Kab.Langkat Taufik Rieza SSTP MAP.

Selanjutnya penyerahan simbolis kepada penerima bantuan program permakanan, program sandang dan program alat bantu (kursi roda) kepada lansia dan penyandang disabilitas.

Turut Hadir Sekretaris daerah Kab.Langkat H. Amril SSos MAP, Kadis Sosial Taufik Rieza SSTP MAP, Kadis Kominfo H.Syahmadi SSos MSP, PLT Kalak BPBD HM Ansyari MKes, Kadis perhubungan Arie Ramadhany SIP MSP, Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution SSTP MAP, Kabag Protokol Winanda Akbar SSTP dan Ketua Karang Taruna Kab.Langkat Ahmad Senang SHI MH (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Permudah Akses Keuangan formal Daerah, Asisten II Sekda Aceh Bentuk Tim TPAKD

Nusantara

Automaty do gier w Parimatch na Ukrain

Nusantara

Komandan Kodim 1418/Mamuju Pimpin Acara Korps Kenaikan Pangkat

Nusantara

Basarnas Mamuju Gelar Penanaman 1.000 Bibit Mangrove Bersama Potensi SAR

Nusantara

Bupati Kolaka Ikuti Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Nur Zam-zam

Nusantara

Ketua TP PKK Kota Medan Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Nasional

Nusantara

Kapolri di Rakornas Forkopimda: Beri Pendampingan Penggunaan Anggaran ke Pemda Hingga Kawal Inflasi

Nusantara

Maksimalkan Layanan, Disdukcapil Kota Medan Buka layanan di Hari Sabtu