Home / Nusantara

Selasa, 6 September 2022 - 20:45 WIB

LSM dan Serikat Pekerja Mandiri Laporkan Kasus Dugaan Korupsi PD Pasar Horas Jaya Pematang Siantar

Penulis: Edward Simanungkalit

Pematang Siantar, PERISTIWAINDONESIA.com |

Pusat Pasar Horas merupakan salah satu icon kota Siantar. Namun icon kota Siantar ini sepertinya dirundung banyak permasalahan yang terjadi.

Pusat Pasar Horas ini dalam pengelolaannya dikelola oleh PD Pasar Horas Jaya. Namun sangat disayangkan dalam pengelolaannya hanya bertumpu pada satu orang direksi saja.

Baik untuk direksi SDM, Direksi Operasional, Direksi Keuangan, sepenuhnya dipegang oleh PLT Dirut Toga Sehat Sihite. Dan hal ini sudah berjalan beberapa bulan lamanya.

Saat ini PD Pasar Horas Jaya Kota Pematangsiantar mempekerjakan kurang lebih 258 orang karyawan, sudah termasuk pekerja harian lepas bidang kebersihan.

Jumlah karyawan saat ini sudah banyak berkurang dari jumlah karyawan sebelumnya yang hampir berkisar 400 orang karyawan.

Sejak berdirinya Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) pada tahun 2015 hingga saat ini sudah mengalami lima kali pergantian pucuk pimpinan (Dirut). Dua kali pergantian Dirut defenitif dan tiga kali pergantian PLT Dirut.

Namun sepertinya hal ini kurang membawa perubahan yang diharapkan baik terhadap perkembangan pasar dan juga terhadap kesejahteraan karyawan.

Hal ini sering menimbulkan berbagai pertanyaan, baik di kalangan karyawan itu sendiri maupun di kalangan para pedagang.

Menurut para Pedagang, jumlah karyawan yang sudah jauh berkurang, namun sistem penggajian karyawan tidak tepat waktu dan tidak serentak.

Menurut sumber yang diperoleh awak media dari Serikat Pekerja Mandiri PDPHJ mengatakan bahwa permasalahan yang terjadi di tubuh PD Pasar Horas Jaya ini sudah berulang kali disampaikan kepada pemilik perusahaan yaitu Walikota Pematang Siantar, serta Ketua DPRD kota Pematang Siantar dan juga kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Pematang Siantar.

Namun dari semua upaya yang dilakukan oleh Serikat Pekerja tersebut tidak membuahkan hasil dalam penyelesaian permasalahan yang sedang dihadapi para karyawan.

Atas tidak adanya penyelesaian terhadap permasalahan itu, belum lama ini, Serikat Pekerja Mandiri PDPHJ Kota Pematang Siantar didampingi oleh LSM Macan Habonaron mengaku telah menyerahkan pelimpahan berkas atas adanya dugaan tindak pidana korupsi di tubuh PD Pasar kepada pihak Kejaksaan kota Pematang Siantar (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Ubah TPS Yang Dulunya Jorok, Bau Serta Kumuh Jadi Taman & Warung

Nusantara

Optimalkan Roda Pemerintahan, Pj Gubernur Aceh Lantik Pj Bupati Gayo Lues

Nusantara

Antisipasi Penyebaran PMK Polsek Salapian Monitoring Ternak Warga

Nusantara

APBD Langkat Tahun 2024 Disahkan Rp1,9 Triliun

Nusantara

Permudah Akses Layanan Publik, Dukcapil Kabupaten Gayo Lues Aktifkan KTP Digital

Nusantara

Bobby Nasution Ketua Dewan Penyantun, Kolaborasi Bersama Stakeholder Kembangkan Polmed Bersinergi Dengan Dunia Industri

Nusantara

BPPKB Banten DPAC Gunung Putri Gelar Syukuran Tempati Sekretariat Baru

Nusantara

Camat Sasak Ranah Pasisie Membisu Saat Di Konfirmasi LSM BIDIK RI Siapkan Data Pendukung Kepada Kajari