• Sab. Mar 2nd, 2024

Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh di Palu Jadi Tempat Penyelenggaraan Seleksi STQ Ke-25

Byabed nego panjaitan

Des 3, 2020

Penulis: Zulkarnaini

Palu, PERISTIWAINDONESIA.com |

Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-25 Tahun 2020 se-Kota Palu, yang berlangsung sejak 2 hingga 6 Desember 2020.

Kepala Kantor Kemenag Kota Palu bersama Ketua MUI, Dandim 1306, Danlanal serta Forkopimda Palu menekan tombol sirine menandai pembukaan STQ ke-25 Tahun 2020, Rabu (2/12/2020) malam di Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Tampak cantiknya masjid kami dengan lighting warna-warni saat seremonial pembukaan STQ. Terima kasih Pak Gubernur Aceh dan seluruh saudara di Aceh yang telah mempersembahkan masjid megah ini.

Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh di Kota Palu yang merupakan bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh yang diresmikan oleh Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, Minggu (22/11/2020).

Seperti diketahui, Masjid Jami’ Nurul Hasanah hancur akibat gempa disusul tsunami dan likuifaksi yang memporandakan sejumlah wilayah di Sulteng, termasuk Kota Palu pada 28 September 2018.

Merespons bencana tersebut, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Sulteng.

Dikoordinir oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) waktu itu, HT Ahmad Dadek SH dan Kadis Sosial Aceh, Drs Alhudri MM—melibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh–dilakukanlah penggalangan donasi dari lembaga/organisasi pemerintahah tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, masyarakat, dan berbagai sumber lainnya.

Atas persetujuan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, donasi yang terkumpul sebesar Rp3,3 miliar diarahkan sepenuhnya untuk pembangunan kembali Masjid Jami’ Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu.

Masjid ini ditabalkan namanya menjadi Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh yang sekaligus menjadi simbol persaudaraan Aceh-Palu (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *