Home / Nusantara

Selasa, 29 November 2022 - 04:34 WIB

Pengalaman Menarik Bagi Petugas Pendataan Awal Regsosek 2022 di Kolaka

Penulis: Arlinda

Kolaka, PERISTIWAINDONESIA.com |

Pendataan Awal Regsosek merupakan pendataan yang pertama kali dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mendata keluarga, termasuk keluarga sahabat data.

Pendataan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Kolaka dari tanggal 15 Oktober – 14 November 2022.

Petugas Regsosek mendatangi setiap rumah penduduk untuk melakukan wawancara dan mencatat data sosial ekonomi masyarakat.

Tujuannya untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi serta peningkatan pelayanan publik

Sejak dilakukan pendataan banyak kesan dan pesan yang didapatkan oleh petugas pendataan.

Salah satunya Petugas Pendataan Lapangan (PPL) Wanda Hamida Nirwan, Regsosek 2022.

“Membuat saya menemukan banyak watak serta latar belakang keluarga yang berbeda-beda, ada yang sangat bersedia memberikan data dan ada pula yang kurang berkenan,” ungkapnya.

Disampaikannya kesan pada waktu mendata di kelurahan Kolakaasi tepatnya di jalan Sunu.

“Saya mengucapkan salam Assalamaualaikum, saya dari statistik ibu, ingin mendata,” kata Wanda mengenang perjalanannya namun ibu yang disapa itu hanya diam.

Selanjutnya, kata Wanda sapaan akrab wanita ini, lalu kembali menyapa, “ibu, maaf sebelumnya, saya mau mendata rumah ta,” ujar Wanda menirukan tegurannya namun ibu yang disapa tetap diam saja sampai anaknya datang.

Akhirnya anaknya datang menjawab, “kak, mamaku bisu, ada yang bisa sa bantu ki?” kata Wanda meniru jawaban anak ibu tersebut.

Seketika itu, menurut Wanda dirinya terdiam dan cukup terharu.

Kemudian Wanda menyampaikan ke anak yang baru berusia kurang lebih 8 tahun itu supaya menyampaikan ke ibunya bahwa ia sedang mendata.

Selanjutnya, anak tersebut dengan bahasa isyarat menyampaikan ke ibunya.

“Alhamdulillah, ibunya mengiyakan untuk di data, bahkan langsung bergerak mengambil kartu keluarga padahal belum saya minta. Ibunya sangat baik sekali, menjawab dengan segala keterbatasannya. Lalu saya berterima kasih sama anaknya yang sangat baik sekali menyampaikan semua pertanyaan saya dengan kata isyarat kepada ibunya,” terang Wanda.

Ketika pamitan pulang, masih kata Wanda, ibu anak itu menyuruh anaknya menyampaikan terima kasih dengan bahasa isyaratnya.

“Masih banyak kesan yang saya dapatkan di setiap rumah tangga, tapi ini adalah pengalaman yang paling berkesan dan paling bermakna bagi saya,” tutur Wanda.

Bukan cuma kepada keluarga ibu ini, tapi kepada setiap rumah tangga yang sudah didata Wanda mengaku mengucapkan terima kasih.

“Alhamdulillah, selama saya mendata semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Itu karena adanya kerjasama rumah tangga antara Pemeriksa Lapangan (PML), Masya beserta tim lainnya,” timpalnya.

Salah satu Pengawas atau PML Linda menjelaskan tugas dari PML adalah turut andil dalam mengawasi di lapangan.

Selain itu, Pengawas juga berkewajiban melakukan pemeriksaan hasil pendaftaran bangunan dan rumah tangga sehingga waktu kerja PML lebih lama dari PCL.

“Saya sudah lama bekerja sebagai mitra statistik, tepatnya sejak tahun 2010. Pertama kali saya terlibat di sensus penduduk 2010, tapi baru kali ini saya menemukan tim yang solidnya luar biasa mulai dari pelatihan hingga akhir pendataan Regsosek selalu kompak,” akuinya.

Menurutnya, banyak kendala yang didapatkan di lapangan. Namun semuanya bisa diselesaikan dengan tenang dan aman.

Dikatakan Linda, kendala terberat di lapangan adalah jaringan yang kadang tidak mendukung.

Kemudian, hujan yang sering turun dan masyarakat yang susah ditemui karena kesibukan kerja mereka.

Untuk kendala seperti ini, maka Tim akan berulang kali mengunjungi rumah tersebut sampai datanya didapatkan.

“Pagi, siang dan sore bahkan sampai malam kami tetap bekerja di lapangan demi mendapatkan data akurat dari masyarakat untuk mewujudkan data yang berkualitas,” terangnya.

Yang paling membuatnya senang, ujar Linda, karena semua pihak di wilayah pengawasannya, baik RT, RW hingga pak Lurah sangat membantu kegiatan regsosek tahun 2022 ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak Bupati yang sangat mendukung kegiatan regsosek kali ini,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Orang Tua Anak Tenggelam di Kalangan Minta Bantuan Pimpinan DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori

Nusantara

Mostbet Online МОСТБЕТ Официальный сайт букмекерской компании и казин

Nusantara

BPPRD Medan Pasang Stiker Spanduk Tunggakan PBB  di Hotel Grand Jamee

Nusantara

Dinas Pariwisata Kota Medan Gelar Bimbingan Teknis & amp, Uji Sertifikasi Profesi Film Videografi

Nusantara

Bahas Kemajuan Bogor Timur Para Aktifis Mengelar Diskusi Dengan Tokoh

Nusantara

Bupati Lamsel Resmikan Jalan Cor Beton di Dusun Kuala Jaya Desa Bandar Agung

Headline

ASN Sering Bolos Kerja, Aulia : Gantikan Jadi Staf “Kandas”

Nusantara

TANGKAP PARA PELAKU FITNAH, Kalangan LSM Meminta dan Mendesak Kapolda Metro Jaya Turun Tangan, Tindaklanjuti Laporan Mantan Staf Khusus Presiden RI