Home / Nusantara

Kamis, 21 Juli 2022 - 06:08 WIB

Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Bukan Sekedar Seremoni Tetapi Bersifat Dasar dan Strategis

Penulis: James Tuju

Minahasa, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dalam rangka peningkatan kwalitas pelayanan publik di Minahasa,
Asisten I Pemerintahan Kabupaten Minahasa Drs Reviva Maringka, Rabu (20/7/2022) hadir sebagai narasumber di balai desa Winebetan, Minahasa.

Di kesempatan itu, Asisten I mengatakan tujuan Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas PMD dan kecamatan melaksanakan kegiatan ini supaya kemampuan dan kapasitas perangkat desa termasuk hukum tua di arahkan agar mendapatkan gambaran dasar tentang pengetahuan, keterampilan dan sikap atau Akhlak.

“Semuanya itu senantiasa diperbaharui, sehingga fungsi-fungsi pelayanan publik pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat semakin maksimal pada imbasnya, menjadikan tugas pokok dan fungsi Pemerintahan berjalan sukses mentransformasi program pusat sampai ke desa dengan hasil tugas pokok yang makin optimal,” tuturnya.

Sesi selanjutnya dipimpin Kadis PMD Minahasa Jefri Tangkulung SH menerangkan bahwa sosialisasi ini merupakan program kegiatan tahunan yang sudah di tata di APBDes.

Adapun pola prinsip acaranya bersifat strategis, hal ini sebagai dasar penguatan bagi perangkat desa dan bekal menjalankan tugas-tugas pelayanan masyarakat dalam rangka mengelola anggaran yang prinsip dasarnya harus mempunyai kapasitas dan kemampuan dalam menjalankan tugas Pemerintahan, pelayanan dan pembangunan,” tandasnya.

Lebih tegas disampaikan bahwa sasarannya adalah Hukum tua dan perangkat desa yang baru.

Ditambahkannya, kegiatan ini bersifat wajib karena acara ini tidak seremonial tetapi sangat strategis.

Selain itu, dalam kegiatan ini pembawa materi terdiri dari unsur APIP, APH Kejaksaan Negeri Minahasa, Polres Minahasa dan Inspektorat Kabupaten pemandu acara moderator Sekertaris Kecamatan Langowan Selatan Jouke Moniung SSos.

Di akhir kegiatan di tutup dengan pembagian SPPT-DHKP, PBB P2 oleh Camat Langowan Selatan Donal Lumingkewas SPt kepada hukum tua.

Hukum tua selanjutnya akan menjalankan tugasnya secara berdikari dan mandiri kepada para wajib pajak di objek wilayah kerja desa kecamatan Langowan Selatan dan menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditetapkan (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

PT Arutmin Indonesia Kangkangi Amanah Undang undang Minerba, Rakyat Pemilik Tanah Bersama Pengecara Lapor Ke Kapolri Cq Polres Tanah Laut Kalsel

Nusantara

Hadiri Perayaan Merdang Merdem, Bobby Nasution Beri Penghargaan Guru Patimpus Sembiring Pelawi Award kepada Tokoh-tokoh Karo  

Nusantara

Maksimalkan Layanan, Disdukcapil Kota Medan Buka layanan di Hari Sabtu

Nusantara

Surat Dittpidum Mabes Polri No.B/30 24/VI/1.8/2023/ Layak Jadi Dasar Pihak Polres Bekasi Lakukan Penahanan Terhadap Pencuri Besi Sitaan Bareskrim Mabes Polri.

Nusantara

Walikota dan Wakil Walikota Medan Lepas Pawai Kendaraan Hias Sambut Hari Raya Idul Fitri 1443H

Nusantara

Mendukung Program Pemerintah NIK Menjadi NPWP, Pemkab Langkat Instruksikan Pegawainya Segara Aktivasi

Nusantara

Dua Putra Langkat Ikuti MTQ JQH Tingkat ASEAN & Nasional, Syah Afandin: Ini Kebanggaan

Nusantara

Apresiasi dan Motivasi Kinerja Pegawai, Rutan Cipinang Kanwil Jakarta Beri Penghargaan Kepada Dua Pegawai Teladan