Home / Nusantara

Jumat, 8 September 2023 - 09:12 WIB

Plt Bupati Langkat Serahkan Penghargaan Tunggul Terbaik Kecamatan & Kelurahan 2023

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH pembina Apel Gabungan di Rangkai dengan Penyerahan Tunggul Kecamatan dan Kelurahan Terbaik Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Langkat, bertempat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (4/9/2023).

Di awali dengan pembacaan SK Bupati Langkat oleh Hairul Amin Ritonga Analis Kebijakan Ahli madya Bahagian Tata Pemerintahan Setda Kab.Langkat surat keputusan Bupati Langkat Nomor : 138-64/K/2023 tentang juara lomba Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Langkat dan surat keputusan Bupati Langkat Nomor : 138-60 /K/2023 tentang penetapan juara lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Langkat tahun 2023.

Juara lomba Kecamatan terbaik:

1. Kecamatan Bahorok jumlah nilai 979 nilai rata -rata 75,31 sebagai peringkat pertama.

2. Kecamatan Hinai jumlah nilai 935 nilai rata – rata 71,92 sebagai peringkat kedua.

3. Kecamatan Sirapit jumlah nilai 899 nilai rata – rata 69,15 sebagai peringkat ketiga.

4. Kecamatan Pangkalan Susu jumlah nilai 836 nilai rata-rata 64,31 Harapan l.

5. Kecamatan Padang Tualang jumlah nilai 835 nilai rata-rata 64,23 Harapan ll.

6. Kecamatan Berandan Barat jumlah nilai 823 nilai rata-rata 63,31 Harapan lll.

Juara lomba Kelurahan Terbaik :

1. Kelurahan Hinai Kiri jumlah nilai 1.198 peringkat pertama.

2. Kelurahan Kwala Bingai jumlah nilai 1.169 peringkat kedua.

3. Kelurahan Alur Dua Baru jumlah nilai 1.165 peringkat ketiga.

4. Kelurahan Perdamaian jumlah nilai 1.160 peringkat keempat.

5. Kelurahan Tanjung Langkat jumlah nilai 1.098 peringkat kelima.

6. Kelurahan Pekan Selesai jumlah nilai 1.089 peringkat keenam.

Bertindak sebagai pemimpin apel Camat Pematang Jaya Dian Kurniawan Siregar SSTP dan sebagai perwira apel Plt Kabag Pemerintahan T Syafrie Elza Hadi Prawira SSTP MAP.

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dalam pidatonya menyampaikan bahwa dalam dinamika global saat ini khusus dari aspek politik ekonomi budaya dan informasi menuntut kinerja pemerintah yang lebih profesional terfokus dan spesifik pada tugas dan fungsi pokoknya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat maupun stakeholder nya.

Hal ini merupakan konsekuensi logis dengan diterapkannya good governance khususnya aspek transparasi dan akuntabilitas dimana peran pemerintah mengalami perubahan paradigma yang sangat signifikan yaitu tidak lagi menggunakan pendekatan kekuasaan namun lebih tua kepada pendekatan pelayanan dan kemitraan.

Pendekatan pelayanan dan kemitraan saat ini terasa menjadi sangat mendesak karena ternyata pelaksanaan pembangunan berbagai sektor di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Langkat menunjukkan tidak selalu berjalan mulus dan seringkali dihadapkan dengan sejumlah persoalan.

Saat ini upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Langkat dalam rangka menjaga keutuhan masyarakatnya adalah dengan mengedepankan tugas-tugas secara tepat dan bertanggung jawab melalui penciptaan dan peningkatan kapasitasnya dalam fungsi pelayanan kepada masyarakat yang efektif efisien akuntabel dan tepat sasaran.

Berikut beberapa kriteria disampaikan Syah Afandin yang perlu diperhatikan yaitu :

1. Pelayanan yang diberikan harus memiliki sifat massal artinya bukan merupakan pelayanan kepada individu atau kelompok.

2. Pelayanan tersebut harus mendasar dan merupakan kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupannya.

“Untuk itu dalam konteks inilah saya sangat mengharapkan kepada para Camat se-kabupaten Langkat sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan di lapangan agar mampu menterjemahkan dan melaksanakan semua kebijakan yang telah digariskan dengan penuh tanggung jawab, namun begitu saya juga dapat memahami bahwa tugas sebagai Camat demikian kompleks dan beragam,” ujarnya.

Dalam kaitan inilah bahwa setiap tahunnya pemerintah terus melakukan penilaian Kecamatan terbaik di Kabupaten Langkat ini dengan tujuan untuk melihat secara langsung sejauh mana kondisi real setiap Kecamatan.

Kegiatan penilaian Kecamatan terbaik dapat dimaknai secara positif oleh kecamatan terutama dalam hal pembenahan pelayanan munculnya kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan tugas serta dapat semakin meningkatkan program kerja dan pelayanan terbaik pada masyarakat dalam fungsi sebagai ujung tombak Pemerintah Kabupaten Langkat yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Syah Afandin mengucapkan selamat kepada Kecamatan Bahorok dan kelurahan Innekeri kecamatan Secanggang yang telah berhasil meraih predikat juara 1 Kecamatan terbaik dan kelurahan terbaik tingkat kabupaten Langkat tahun 2023.

“Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada juara 2 dan 3 Harapan 1 2 dan 3 semoga segala bentuk penghargaan ini tidak membuat saudara menjadi berpuas diri akan tetapi sebaliknya teruslah mawas diri terhadap segala kekurangan yang ada sehingga kedepannya dapat dilakukan pembenahan,” ujarnya.

Kepada para camat dan kelurahan yang belum berhasil dihimbau agar jangan berkecil hati.

Dihimbau agar terus meningkatkan kinerjanya sehingga di tahun mendatang menjadi juara, kepada Kecamatan Bahorok sebagai pemenang terbaik satu maka akan menjadi duta atau perwakilan dari Kabupaten Langkat dalam mengikuti lomba kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023.

“Saya ingatkan agar segera melakukan persiapan dan pembenahan dalam rangka kunjungan tim penilai dari provinsi Sumatera Utara,” pesannya.

Di kesempatan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Langkat juga melakukan dukungan dalam menunjang tugas pokok dan fungsi serta program-program serta kinerja Badan narkotika Nasional Kabupaten Langkat.

Dimana pada hari ini akan diserahterimakan aset pemerintah Kabupaten Langkat berupa sebidang tanah seluas 1.107 M2 untuk dibangun gedung kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten Langkat yang terletak di Jalan proklamasi Kelurahan Kuala Bingkai Kecamatan Stabat melalui surat perjanjian hibah antara Pemda dengan BNN Kabupaten Langkat.

Turut hadir Kepala BNN Kabupaten Langkat AKBP Saharuddin Bangko SH MH, Sekda Kab.Langkat H Amril SSos MAP, Para Asisten Setda Kab. Langkat, Para Staf Ahli Setda Kab.Langkat, Inspektur Drs H Hermansyah MIP, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Langkat, Direktur PDAM Tirta Wampu, Camat Se-Kabupaten Langkat, Para Lurah Se-Kabupaten Langkat, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Langkat, TP.PKK Kabupaten Langkat (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Dirpamobvit Polda Banten, Dampingi Danrem 064/MY Kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi ke Pulau Panjang

Nusantara

*Terkait Prostitusi diSentra Eropa Kota Wisata, DPRD Kita Tunggu Aksinya Kasat Pol PP

Nusantara

Permudah Akses Keuangan formal Daerah, Asisten II Sekda Aceh Bentuk Tim TPAKD

Nusantara

Diduga Korban Pembunuhan, Ditemukan Mayat Penuh Luka Akibat Benda Tajam

Nusantara

Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Lampung Selatan Laksanakan Rakor Bersama Bupati Nanang Ermanto

Nusantara

Pemko Medan Targetkan Perbaikan Infrastruktur Jalan sesuai Perencanaan Pembangunan

Nusantara

Dinkes Langkat Bersama USU & PERKI Gelar Baksos Pemeriksaan Jantung

Nusantara

Darurat Kebocoran Data, KADIN Indonesia Implementasikan Betawi Blockchain dan IDigi Untuk Keamanan Siber