• Sab. Mar 2nd, 2024

Pramuka Garuda, Anak Muda Unggulan Versi Pramuka

Byabed nego panjaitan

Nov 24, 2020

Penulis: Agus Susanto

Yogyakarta, PERISTIWAINDONESIA.com |

Ketua Kwartir Cabang Yogyakarta Kak Heroe Poerwadi MA melantik sejumlah pelajar yang tergabung di dalam Pramuka Garuda (PG), dengan rincian 10 Siaga, 29 Penggalang dan 1 Penegak, belum lama ini di ruang Bima Balaikota Yogyakarta.

Pelajar yang tergabung di dalam Pramuka Garuda ini adalah yang terbaik dipilih dari seluruh sekolah yang tersebar di Kota Yogyakarta.

“Tidak mudah (seleksi), melalui tahapan seleksi untuk masuk PG. Selain menempuh SKU (Syarat Kecakapan Umum) juga harus menempuh TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Tidak heran kalau mereka memiliki kecakapan di atas rata-rata di bandingkan dengan Pramuka lainnya,” kata Heroe Poerwadi MA kepada Awak Media.

Tanda kecakapan khusus misalnya untuk perempuan selain di bidang kepramukaan juga di bidang menjahit, memasak. Sedangkan untuk putra bisa membetulkan radio, menata tempat ibadah, membimbing adik-adiknya di Siaga, dll.

“Yang menguji, selain guru kelas juga orang lain yang di tunjuk oleh sekolahan ataupun Kwarcab Yogyakarta, maka tidak heran kalau yang masuk PG ini adalah mereka yang telah duduk di kelas 3, karena mereka setidak-tidaknya pernah mengikuti kegiatan Nasional,” timpalnya.

Pantauan Awak Media, tidak mudah mencapai PG, selain kondisi phisik juga mental yang baik. Tetapi tidak ada gading yang tidak retak dan semua di dunia ini, yang masih bisa dilihat dan didengar masih bisa diselesaikan.

“Selamat atas penghargaan Pramuka Garuda, yang merupakan Pramuka unggulan di golongannya. Selamat sukses dan Salam Pramuka” (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *