Home / Nusantara

Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:15 WIB

Sekda Kabupaten Jayawijaya Buka Seminar Pencegahan Stunting 11 Kampung se-Distrik Yalengga

Penulis: Arny Hisage

Jayawijaya, PERISTIWAINDONESIA.com |

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Thony M Mayor SPd MM secara resmi membuka kegiatan seminar tentang Pencegahan Stunting 11 (Sebelas) Kampung se-Distrik Yalengga, Kamis (25/08/2022).

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini guna meningkatkan kapasitas kader kesehatan dalam rangka pencegahan stunting.

Dijawalkan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 25 – 27 Agustus 2022.

Sesuai dengan Permendesa Nomor 19/2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa disebutkan bahwa Dana Kampung dapat digunakan untuk kegiatan penanganan stunting sesuai musyawarah desa.

Betapa pentingnya program pencegahan stunting ini untuk diketahui 11 (sebelas) Kepala Kampung se-Distrik Yalengga.

Dimana masing-masing kampung akan menyiapkan anggaran sebanyak 8% dari dana Kampung untuk pengobatan massal bagi masyarakat. Dan program ini secara rutin akan dilaksanakan selama 6 Tahun berjalan, yakni sejak Tahun Anggaran 2021-2026.

Di kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Thony M Mayor SPd MM menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 11 kepala kampung bersama Kepala Distrik yang menyelenggarakan program penurunan stunting dan kegiatan ini dinilai sangat luar biasa.

“Apa yang sudah menjadi kewajiban kepala kampung, dari dana kampung itu mereka sudah keluarkan 8% untuk menyelenggarakan penurunan stunting ini,” katanya.

Thony menjelaskan bahwa ini adalah program dari pemerintah pusat untuk sama-sama menurunkan angka stunting di Indonesia, khususnya di kabupaten Jayawijaya.

Adapun yang akan memberikan materi adalah dari OPD terkait yaitu Dinas Kesehatan, Sosial, Pertanian, Bappeda dan dinas terkait lainnya.

“Khusus di Distrik Yalengga ini ke-11 kampung sudah kompak menyelenggarakannya. Mereka bersama-sama melaksanakan seminar di halaman kantor Distrik dan melibatkan semua tokoh-tokoh dan masyarakat. Ini sangat luar biasa,” jelas Sekda Jayawijaya.

Menurutnya, semuanya patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena masih memberikan kesehatan yang terbaik untuk semua masyarakat Jayawijaya. Memang ada yang sakit tetapi itu sakit musiman seperti Flu dan batuk.

“Tetapi untuk stunting ini, Anak-anak bisa tumbuh normal dan kesehatan anak-anak balita berumur 2 tahun ke atas akan terus dipantau agar pertumbuhan mereka normal sesuai dengan harapan bersama,” imbuhnya.

Ia berharap semoga kegiatan ini berlanjut terus, sehingga dana yang sudah dialokasikan untuk kesehatan, dalam hal ini program penurunan stunting bisa dimanfaatkan secara baik oleh seluruh kader yang sudah dipersiapkan di tingkat kampung.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Yalengga Laorens Leo Wandikbo SP mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk kepentingan bersama, apalagi 11 kampung sangat antusias untuk menurunkan stunting dan ini sudah menjadi program rutin.

“Sesuai dengan program pemerintah pusat langsung dari kementerian itu ada beberapa program salah satunya adalah program penurunan stunting, dan Covid-19 serta program lainnya,” jelasnya.

Leo mengakui memang ada beberapa program penting lainnya, tetapi Distrik Yalengga membawahi 11 kampung fokus untuk program penurunan stunting dan beberapa program penting lainnya.

“Sesuai dengan penyusunan program dalam ABPK jangka waktunya selama 6 tahun untuk program penurunan stunting,” ungkap Kepala Distrik Yalengga Laorens Wandikbo.

Disampaikannya, pihaknya melihat program ini sangat baik untuk pembangunan manusianya.

“Bukan pembangunan fisik seperti infrastruktur, tetapi untuk membangun manusia. Apabila pembangunan manusianya sudah oke atau SDM-nya sudah oke, berarti pembangunan lainnya akan dengan sendirinya melekat,” paparnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Peringati Hari Anak Nasional Tahun 2022, Kapolda Sulbar: Anak Wajib Gembira

Nusantara

Ketua Mahkamah Agung Ucapkan Selamat Untuk Kepengurusan Baru Perpugama Periode 2022 – 2025

Nusantara

Merasa Punya Bekingan Inisial (A) Penimbun BBM Bersubsidi Ilegal Jenis pertalite,Solar Merasa Kebal Hukum

Nusantara

Kantor Dikuasai kembali,Helmut Hermawan terbukti management yang sah di PT APMR dan PT CLM

Nusantara

Optimalkan SAKIP, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Audiensi ke Kemenpan-RB

Nusantara

PEJABAT BUPATI KAYONG UTARA BERSAMA KAPOLSEK PULAU MAYA KARIMATA MELAKSANAKAN KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA PJ BUPATI KAYONG UTARA

Nusantara

Korban Penganiayaan, Warga Desa Cibadak Kecamatan Tanjung Sari Lapor ke Polsek Tanjung Sari

Nusantara

Pelaku Perbuatan Cabul Terhadap Anak di Cibungbulang Dibongkar Polres Bogor