Home / Nusantara

Rabu, 14 September 2022 - 19:52 WIB

Tari Bapalas Kampung Tabalong dari Kalimantan Selatan

Jakarta – Salah-satu tarian yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya yaitu Tari Dayak Tabalong yang menceritakan bahwa setiap makhluk dan namanya hidup pasti ada sebab akibatnya, baik dan buruknya. Tari Bapalas Kampung ini ditampilkan mengawali gelar “Talk show” Kabupaten Tabalong dengan menghadirkan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong sebagai Nara Sumber mewakili Bupati Tabalong

Sebab itulah untuk hal-hal yang buruk serta merugikan harus dijauhkan dan dimusnahkan.

Atas hal tersebut warga Dayak di Tabalong setiap tahun dalam acara bountang taon mendatangkan Balian sang tokoh adat untuk menjauhkan dan mengusir makhluk dan hal-hal buruk serta jahat itu dari muka bumi ini dengan tradisi adat budaya Bapalas Kampung.

Tarian dari Kabupaten Tabalong ditampilkan pada saat dan sebelum Talk show Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong.

Awak media berkesempatan mewawancarai Kepala Bidang Pariwisata Tabalong, Lilis Marta Diana, di sela-sela acara Kompas Travel Fair di Jakarta Convention Center mengatakan harapannya.
“Kami berharap agar setiap pameran yang kami ikuti setiap tahunnya kami ingin agar selalu bisa ikut berpartisipasi dan ambil bagian untuk kegiatan seperti ini,” katanya dengan ramah.

Pameran ini, sambungnya, menambah wawasan pengetahuan.
“Kegiatan pameran ini bukan sekedar menambah wawasan pengetahuan serta pengalaman, tetapi juga menjadi ajang kompetitif untuk menunjukkan potensi dan kemampuan dalam mengolah karya atau produk dan tampilan kepada masyarakat dengan tujuan untuk berbagi informasi tentang seni, budaya, sejarah, agama, pendidikan, layanan dan hasil produk lainnya termasuk sebagai implementasi dari sebuah negosiasi perdagangan,” tutupnya mengakhiri sesi wawancara.(REL)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Ibnu Hajar Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Langkat Gantikan Azman

Nusantara

Plt Bupati Langkat Dukung Kampanye Penegakan Budi Pekerti Pelajar, Ini Harapannya

Nusantara

Pentingnya Integritas PNS, Wabup Tapsel Ingatkan Jajaran ASN Pedomani PP No 49 tahun 2021

Nusantara

Afandin Inginkan Taman Edukasi Desa MelenggangJ adi Contoh Semua Desa di Langkat

Nusantara

FSP-TIM: “Musyawarah Kesenian Jakarta Oleh DKJ Harus Demokratis

Nusantara

Pererat Silaturahmi & Peringati Hari Sepeda Dunia, Bobby Nasution Gowes Bareng Konsul AS dan Forkopimda

Nusantara

Syah Afandin Buka FGD I-PRO Pengembangan Pariwisata Bulangta

Nusantara

Pemko Medan Terus Berupaya Percepat Realisasi APBD, Bobby Nasution : Masyarakat Dapat Rasakan Hasil Pembangunan Yang Dilakukan