Home / Nusantara

Minggu, 5 Maret 2023 - 00:35 WIB

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Cinta Maju Gelar Kegiatan Rutin

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) menggelar kegiatan rutin bulanan di aula Kantor Puskesmas Cinta Maju Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues.

Kegiatan ini dihadiri Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli, Kapolsek Blangkejeren diwakili oleh Babinkhatibmas, Danramil 08 Blangpegayon diwakili oleh Babinsa beserta kaum ibu dan balitanya.

Kepala Puskesmas Cinta Maju Edy Surya SKep, Kamis (2/3/2023) mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai ajang evaluasi pelaksanaan kinerja Puskesmas selama tiga triwulan.

Evaluasi tersebut diharapkan bisa menciptakan perbaikan demi menggapai target kinerja yang sudah disepakati awal tahun.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan wilayah Kecamatan Blangpegayon para Muspika hadir memantau kegiatan rutin bulanan dari Puskesmas Cinta Maju, yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan setiap bulan dari 12 desa dan sekolah SMP, SMA dan Pesantren di wilayah Kecamatan Blngpegayon.

Selain melaksanakan pelayan di dalam gedung, juga akan membuka pelayanan di luar gedung.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas,” jelasnya.

Kegiatan ini setiap tahun sudah di jalankan hanya saja di tahun ini kami akan meningkatkan pelayanan diluar gedung yang mana ada dua kegiatan yaitu Posyandu dan Posbindu dengan pelaksanaan yang berbeda

Posyandu program yang diturunkan, Kia KB, Imunisasi, Gizi, Promkes dan Kesling. Masing-masing program akan melakukan pemeriksaan langsung dengan masyarakat di desa setempat dan di dampingi oleh dokter dari Puskesmas.

Pobindu program yang di turunkan, Survelen, Ptm, Uks, Lansia dan Kes jiwa. ini juga pelaksanaan langsung ke masyarakat dan sekolah, pesantren, juga di dampingi oleh dokter dari Puskesmas.
Sebelumnya,dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembahasan dan pemecahan masalah secara bersama dengan lintas sektor. Kemudian untuk mendapatkan rencana kerja lintas sektoral yang baru untuk triwulan yang akan datang.

Dalam Mewujudkan itu, harus mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektor dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Menurutnya, Kegiatan lokmin tribulanan sudah berjalan dengan baik dan masing-masing lintas sektor sudah berperan sangat aktif dalam mendukung kegiatan puskesmas.

“Semoga dengan lokmin tribulanan ini dapat menjalin kerjasama yang lebih baik lagi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas cinta maju ini ke depannya,” imbuhnya.

Diharapkan tahun 2023 ini masyarakat Kecamatan Blangpegayon dapat terhindar dari penyakit dan virus yang membahayakan.

Sementara itu Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli menyampaikan, kami akan mendukung dari kegiatan tersebut akan melakukan kunjungan bersama Muspika di setiap bulan memantau langsung kegiatan Puskesmas Cinta Maju.

“Kepada Kepala Desa agar dapat berperan aktif dan mendukung kegiatan ini sesuai jadwal yang sudah di tentukan setiap desa, seperti kegiatan yang telah dipantau bersama Muspika Desa Akang Siwah Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues, beberapa waktu yang lalu,” tutupnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

LSM Berkordinasi Dukung KPK RI Tangkap Bupati Membramo Tengah

Nusantara

Makna “Cuti” bagi Menteri Nyaleg Harus Jelas Tegas Dan Berkeadilan

Nusantara

Sudah 5 Tahun Dana Hibah Provisi Kalbar Untuk Pembangunan Gereja GPdI Victory Tak Kunjung Selesai Berujung Menuai Soroton Dari Berbagai Kalangan

Nusantara

Jalan Rusak Parah Akibat Galian C, Masyarakat dan KNPI Wampu Protes

Nusantara

ASDP Buka Posko Kesehatan di 3 Pelabuhan Merak, Bakauheni Dan Ketapang

Nusantara

Kehadiran Kaum Milineal Dibutuhkan Dalam Perubahan Di Kota Medan

Nusantara

Wakil Bupati Jayawijaya Hadiri Kegiatan Musyawarah Besar Ke II Ikatan Keluarga Besar Suku Mee Wilayah Lapago

Nusantara

Pencuri Buah Kelapa Sawit PT. PHS Ditangkap Satreskrim Polres Sekadau