Home / Bisnis / Industri

Senin, 30 Oktober 2023 - 11:21 WIB

*Transformasi Digital Membuka Peluang Baru Bagi UMKM di Pasar Modal*

Laporan : Sahiluddin Lumban Gaol.

Jakarta, Peristiwa Indonesia.com. Di seluruh dunia, digitalisasi telah mempercepat pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan memberikan akses yang lebih mudah ke pasar modal. Fenomena ini menciptakan peluang baru dan mengubah lanskap bisnis.

Pada awalnya, UMKM mungkin menghadapi hambatan dalam mencari dana untuk pengembangan usaha mereka. Namun, berkat digitalisasi, mereka sekarang memiliki beragam opsi. Salah satunya adalah crowdfunding, yang memungkinkan mereka mendapatkan dana dari banyak investor secara online. Sebuah UMKM yang memiliki ide inovatif dan visi yang kuat kini dapat menarik perhatian investor dari seluruh dunia.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM di era digital, Asosiasi pengusaha mikro, kecil dan menengah (ASPEKMI) mengumumkan inisiatif pendanaan yang bertujuan untuk menyediakan pelatihan digitalisasi. Inisiatif ini akan memberikan peluang kepada pelaku UMKM untuk memperluas pengetahuan mereka dalam hal teknologi, e-commerce, dan strategi pemasaran online. Dengan dukungan dari para anggota asosiasi, program ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pengusaha kecil dalam menghadapi tantangan digitalisasi.

Tidak hanya itu, pasar modal digital juga telah menjadi semakin relevan. UMKM sekarang dapat mempertimbangkan opsi seperti penawaran saham atau obligasi melalui platform perdagangan saham online. Ini memberi mereka akses lebih besar ke modal yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis, ekspansi, dan inovasi.

Salah satu manfaat utama digitalisasi adalah transparansi. UMKM dapat dengan mudah melacak dan melaporkan kinerja mereka kepada investor potensial. Ini memberi mereka peluang untuk membangun reputasi yang kuat di pasar modal, memenangkan kepercayaan investor, dan mengakses dana yang mereka butuhkan.

Transformasi ini bukan hanya menjadi angin segar bagi UMKM, tetapi juga memberikan dorongan besar bagi perekonomian. Mendorong pertumbuhan UMKM berarti mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Dalam era digitalisasi, UMKM memiliki peran penting dalam memacu inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi global. Digitalisasi telah membuka pintu bagi UMKM untuk menjadi pemain yang lebih berpengaruh di pasar modal, membawa harapan cerah untuk masa depan bisnis kecil dan menengah di seluruh dunia. ( Red )

 

Share :

Baca Juga

Bisnis

Alpokat dan Labusian dari Wamena Dikirim ke PT Freeport Indonesia

Industri

Tahlil Budaya 2023 Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki

Ekonomi

Asosiasi UMKM Simalungun Adakan Diklat Ilmu Dagang di Zaman Digital Berteknologi Modern

Industri

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur Bersama Seniman Lintas Disiplin Adakan Jambore Seni 2023 di Green Forest Hotel, Bogor

Industri

Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Lamsel Ikuti Webinar HUT Ke-41 Dekranasda Secara Virtual

Industri

*FEALAC JVP 2023 City Tour, Disparekraf DKI Hadirkan Jurnalis Amerika Latin dan Jurnalis Media Online ke Kota Tua dan Monas*

Industri

Komunitas Tanam Lestari Bantul Selenggarakan Kontes Tanaman Sayuran

Bisnis

Kementan Bagikan 1.000 Ekor Sapi di Lamsel