• Sel. Apr 23rd, 2024

UMKM Kabupaten Simalungun Akan Mampu Mengangkat Perekonomian Masyarakat

Byabed nego panjaitan

Okt 11, 2020

Penulis : Wilmar Butar-butar

Simalungun, PERISTIWAINDONESIA.com |

Terpuruknya perekonomian di Indonesia akibat kejamnya Covid-19 ditambah tekanan para Kapilatis yang hanya ingin memperkaya dirinya sendiri mengakibatkan penderitaan bagi rakyat kecil. Dampak lainnya adalah kehancuran bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMĶM).

Akibat menjamurnya para Kapitalis di NKRI, satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan rutin melaksanakan pelatihan kemandirian bagi rakyat kecil dari desa ke desa melalui program UMKM.

Hal ini dikatakan pengurus UMKM Bidang Umum WH Butar-butar, Minggu (11/10/2020) menjelaskan berbagai kegiatan pelatihan kemandirian kepada pelaku UMKM yang dilaksanakannya di berbagai Desa di Kabupaten Simalungun.

Di propinsi Sumatera Utara sendiri, kata WH Butar-butar, UMKM yang dibimbing Ajuana Sianturi telah melaksanakan berbagai gebrakan di wilayah kabupaten Simalungun dengan dipandu Koordinator Wilayah (Korwil) Ramadani Purba bekerjasama dengan para pengurus bidang UMKM Kabupaten Simalungun.

Seperti pengurus Bidang Umum, Wilmar H Butar-butar, selalu turun ke desa-desa guna mengajak rakyat kecil dan menengah agar membenah diri melalui potensi yang ada di desa mereka.

“Kita ajak masyarakat untuk membangun dan membangkitkan Perekonomian mereka melalui kemandirian yang terbina dan profesional, dengan cara melatih mereka untuk berfikir kreatif,” tukas WH Butar-butar.

Seperti pada hari Minggu (4/10/2020) melaksanakan pelatihan kemandirian di desa Naga Soppa, yaitu cara membuat arang batok kelapa menjadi arang Brokit agar mendapat harga yang menjanjikan.

Pada hari Selasa (6/10/2020) melaksanakan pelatihan di kecamattan Pematang Bandar, yaitu cara membuat kripik Ubi Pisang dan membuat Emping yang berkualitas. Sedangkan pada hari Kamis (8/10/2020 di kecamatan Dolok Batunanggar melaksanakan pełatihan peningkattan UMKM yang bermartabat dan berdaulat.

Selanjutnya pada hari Sabtu (10/10/2020) di kecamatan Bandar Huluan di desa Naga Soppa melaksanakan pelatihan meningkatkan hasil Petani tanpa pupuk kimia, yaitu cukup membuat pupuk sendiri dan hasil tani dapat meningkat pesat dan melaksanakan pelatihan kuliner dan pemasaran melalui digital bekerjasama dengan Green Energi.

Disampaikan UMKM Kabupaten Simalungun, melalui bimbingan Ramadanni Purba selalu siap bekerjasama dengan para Ahli, Pembina dan Pembimbing UMKM.

“Kita bekerja tanpa pamrih dan Bapak Ramadani Purba siap pula mengajak ahlinya untuk memasarkan produk UMKM melalui teknologi Digital. Dengan adanya pengurus UMKM di Simalungun yang berkualitas dan energik, maka ekonomi rakyat kecil akan terbenahi,” tandasnya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *