Home / Nusantara

Kamis, 2 Maret 2023 - 23:00 WIB

Afandin Hadiri Pelantikan PC NU Kabupaten Langkat

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri acara Pelantikan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Langkat Masa Khidmat 2022-2027 di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Rabu (1/3/2023).

Ketua Panitia Ismail Marzuki menyampaikan bahwa acara ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan Bupati Langkat.

“Saya sampaikan terima kasih kepada H Syah Afandin SH, kemudian saya ucapkan juga terima kasih kepada teman-teman panitia sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar,” imbuhnya.

Pembacaan SK oleh Sekretaris umum PWNU Sumut Zulkifli Sitorus berdasarkan surat keputusan pengurus besar Nahdlatul Ulama Nomor: 158/PB.01/A.ll.01.45/99/12/2022 tentang pengesahan PCNU Kabupaten Langkat masa khidmat 2022-2027 ditetapkan di Jakarta pada tanggal 4 Jumadil Akhir 1444 H /28 Desember 2022 M

Adapun Susunan PCNU Kabupaten Langkat masa khidmat 2022-2027:

– Ketua : H Zulfan Efendi SAg MSi
– Sekretaris : Aidil Fitri SPd i
– Bendahara : Syamsul Bahri SPd MPd

Prosesi pelantikan dan penyerahan Bendera Pataka serta penyerahan SK oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar NU Prof Dr H Nizar Ali MAg yang diserahkan kepada Ketua PCNU Kabupaten Langkat H Zulfan Efendi SAg MSi.

Bupati Langkat H Syah Afandin SH mengucapkan terima kasih, khususnya atas kehadiran Wakil Ketua Umum PBNU Prof Dr H Nizar Ali MAg di bumi Langkat Berseri.

Selain itu, diucapkan juga terimakasih kepada Mukhtasar PWNU Sumut yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajeksah dan seluruh pengurus PWNU Sumut dan Pengurus PCNU Kabupaten Langkat dan seluruh undangan.

“Hari ini kita dapat menyaksikan pelantikan pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat masa khidmat 2022-2027. Atas nama pemerintah daerah Kami mengucapkan selamat datang kepada saudara Wakil Ketua Umum PBNU. Kami yakin dengan kehadiran Wakil Ketua Umum akan memberikan semangat bagi elemen kepemudaan Kabupaten Langkat khususnya warga nahdaliyin untuk memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan daerah,” tandasnya.

Selanjutnya dengan keberadaan kepengurusan Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat, katanya akan melahirkan cendekiawan muda yang siap untuk berwirausaha sekaligus bersama membangun daerah dan bangsa untuk kebaikan di tengah umat.

Disampaikannya, Pemerintah Kabupaten Langkat sesuai visi yang diemban menjadikan Langkat maju sejahtera dan religius.

Oleh karena itu, peran Nahdlatul Ulama sangat dibutuhkan bersama dengan komponen organisasi lainnya untuk memberikan sumbangsih lewat kemampuan yang dimiliki serta kemampuan dalam membaca keinginan umat.

“Semoga Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat terus bersinergi dengan kami untuk memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan negeri sebagai wujud kematangan organisasi yang sudah mencapai 1 abad,akhirnya pada kepengurusan cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat masa khidmat 2022-2027 kami ucapkan selamat bertugas selamat menjaga amanah dan selamat memberi pemanfaatan bagi umat,” ujarnya.

H Zulfan Efendi SAg MSi Ketua PCNU Kabupaten Langkat terpilih menyampaikan bahwa hari ini dapat bertemu dalam rangka mengikuti acara pelantikan PCNU.

Dia mengharapkan masa Khidmat 2022-2027 semoga acara ini mendapatkan berkah ridho dari Allah subhanahu wa ta’ala.

“Izinkan kami dari pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat mengucapkan ribuan terima kasih kami yang pertama kepada Wakil Ketua Umum PBNU Prof Dr H Nizar Ali MAg yang telah hadir dari Jakarta. Kita ketahui bahwa kesibukan beliau cukup padat selain sebagai Wakil Ketua Umum PBNU, beliau juga Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. Selamat datang,” ungkapnya.

Kemudian terima kasih disampaikan kepada Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, juga kepada Mukhtasar PWNU Sumut yang juga sebagai wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeksah dan seluruh hadirin yang telah hadir pada hari tersebut.

Kehadiran Nahdlatul Ulama di Kabupaten Langkat memiliki sejarah yang cukup panjang bagi kelanjutan berbangsa dan bernegara terutama bagi masyarakat, khususnya bagi warga NU di Langkat tercatat pada tahun sekitar 1980-an hingga tahun 1990-an Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat memiliki warga NU terbesar di Sumatera Utara.

Secara kultural Kabupaten Langkat memiliki cukup potensial menjadi salah satu kiblat NU di Sumatera Utara karena sangat identik dengan cara dan warna gerakan nahdliyah kehadiran kampung babussalam sebagai basis ritual yang sudah mendunia dan sangat dekat dengan ajaran-ajaran NU terutama dengan terikatnya kehadiran pondok pesantren terutama salafi yang masih konsisten dengan kitab kuningnya.

Begitu juga Madrasah yang sangat banyak di Kabupaten Langkat, yang dimiliki oleh orang-orang NU dengan demikian juga sesuai dengan Visi Misi Bupati Langkat untuk menjadikan Langkat sebagai Kota religius.

“Menjadikan salah satu pemicu bagi kami untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu sehingga Nahdlatul Ulama di Kabupaten Langkat semakin nyata adanya. Hal itu semakin diperkokoh dengan pidato Ketua Umum PBNU pada saat yang ke-100 tahun dengan abad perubahannya kami sebagai pengurus juga memilih yang sama dalam menyongsong abad kedua ini semoga NU lebih banyak lagi memberikan informasi baik secara keagamaan sosial dan kesejahteraan,” terangnya.

Dikatakan, pengurus yang baru dilantik ingin membuktikan kembali NU di Kabupaten Langkat ini sebagai bagian pembentuk peradaban dan juga perjuangan untuk Indonesia lebih berkeadaban dan berkemampuan.

H Marahalim Harahap Ketua PWNU Sumut menyampaikan bahwa ucapan sehari-harinya adalah sebagai Wakil Ketua Umum PBNU dan tugas sampingan adalah Sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Itu artinya kalau acara NU hari ini beliau hadir karena kecintaan pada NU di Sumatera Utara yang semakin besar dan berkembang termasuklah Kabupaten Langkat,” tuturnya.

Khususnya pengurus PCNU Kabupaten Langkat yang baru dilantik diucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan Kabupaten Langkat.

“Dilantik hari ini bukan merupakan kebanggaan, melainkan ini adalah sebagai tanggung jawab amanah yang diberikan kepada seluruh pengurus NU dengan harapan NU di Kabupaten Langkat semakin besar dan semakin solid.

Sambutan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajeksah menyampaikan apresiasinya, bagaimana NU Kabupaten Langkat untuk menjadi ketua ada yang ingin menjadi ketua, tapi karena rasa kekeluargaan kebersamaan Nahdlatul Ulama tak ada terjadi hal apapun.

“Biasanya kalau mau jadi ketua organisasi di Sumatera Utara ini banyak kali yang mau jadi ketua sampai semuanya pun, kadang terjadi hal yang tidak kita inginkan. Tapi ini karena semangat berorganisasi, semangat ingin berbuat kepada daerah dan pada masyarakat,” imbuhnya.

Disampaikannya, sebagai keluarga besar Nahdlatul Ulama sangat senang menjaga kebersamaan kekompakan karena memang tak mungkin bisa berbuat apapun tanpa kebersamaan.

“Ketua pun tak akan bisa bergerak tanpa ada jajaran kepengurusan, begitu juga pengurus pun tak akan bisa bergerak tanpa ada anggota sampai dengan pengurusan tingkat ranting,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum PBNU Prof Dr H Nizar Ali MAg menyampaikan bahwa NU bukan untuk satu partai, tapi untuk semua partai.

“Ini cukup memiliki posisi yang sangat penting dalam hati, kalau Ketua PW-nya aja musyawarah mufakat, yang ketua Wilayah lain tidak ada. Pasti semuanya berebut untuk menjadi Ketua, tetapi saya berikan apresiasi ketua PW yang belum dilantik dan juga sangat penting dan saya rasa potensi untuk berkembangnya luar biasa sesuai dengan harapan dari Wakil Gubernur dan juga Bupati,” timpalnya.

Menurutnya, PBNU mengharap betul kebangkitan kedua Nahdlatul Ulama, yang diawali PCNU Langkat untuk Sumatera Utara yang lebih bermartabat.

“Atas nama pengurus besar Nahdlatul Ulama saya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat yang baru saja dilantik, mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan kekuatan kesehatan dan keberkahan serta dimudahkan dan dilancarkan semua urusan sehingga mampu mengemban amanah dan mengembangkan NU lebih besar lagi baik di Sumatera Utara dan Kabupaten Langkat,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Foto bersama Aulia-Anies viral, begini respon netizen

Nusantara

Dewi Aryani Suzana: Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Truk Kontainer di Bekasi

Nusantara

Misteri Rumah Mewah Untung Suropati No.12 Dan Kredit Modal Kerja Fiktif Bank Kalbar

Nusantara

Korban Penipuan CPNS dan Honorer TKS di Kota Bekasi Akan Laporkan Pelaku ke Polisi

Nusantara

Almarhum Ayahanda & Almarhumah Istri Wakil Wali Kota Sangat Baik, Bobby Nasution : Insya Allah Pahalanya Terus Mengalir

Nusantara

KPU Lamsel Halang-halangi Wartawan, FPII Gelar Aksi Damai

Nusantara

PERKUAT SINERGITAS DALAM HADAPI TAHUN POLITIK, POLRES SINTANG GELAR OLAHRAGA BERSAMA TNI

Nusantara

Basarnas Mamuju Berencana Bentuk Unit Siaga Sar Di Kabupaten Pasangkayu