Home / Nusantara

Rabu, 20 Juli 2022 - 19:36 WIB

Antisipasi Penyebaran PMK Polsek Salapian Monitoring Ternak Warga

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Kepolisian sektor (Polsek) Salapian
melaksanakan kegiatan sosialisasi berupa himbauan kepada warga pemilik ternak terkait kebijakan tiga pilar sebagai antisipasi dan menekan serangan wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Selasa (19/7/2022) pagi.

Melalui personel Bhabinkamtibmas Polsek Salapian Aiptu Wahyu Priadi melihat secara langsung ke kandang ternak milik warga di sekitar Dusun IX Tanjung Rejo Desa Naman Jahe Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat.

Personel juga berpesan agar selalu menjaga kebersihan kandang ternak dan melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin dikarenakan penyebaran penyakit dapat menular melalui lalat.

Untuk sementara waktu tidak membeli ternak dari luar daerah, dan selalu mengkandangkan (mengurung) ternak untuk menghindari serangan penyakit dari luar, jika ada ditemukan ciri PMK agar ternak segera dipisahkan (isolasi) dari yang lainnya.

Personel menyampaikan sosialisasi kepada setiap pemilik ternak kiranya tetap melaksanakan himbauan yang telah disampaikan oleh tiga pilar, tentang bahaya PMK penyakit.

Selain itu, warga juga harus teliti melihat tanda-tanda atau ciri hewan ternak terpapar PMK.

“Mari kita sukseskan program pemerintah agar hewan ternak kita tidak sakit atau saling tular menularkan PMK,” sebut Wahyu.

Dari hasil monitoring yang dilakukan disalah satu kandang ternak milik Hendrik (46) warga Desa Naman Jahe, tampak seluruh hewan ternaknya dalam kondisi sehat, dan di Desa tersebut juga tidak ada didapati hewan ternak yang terpapar PMK (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Lepas 413 Jamaah Umrah, Aulia Rahman: Ikhlas & Fokus Beribadah

Nusantara

Usaha Berizin Ditutup, CV Bumi Berkah Delapan Mengadu Ke DPRD Langkat

Nusantara

PEJABAT BUPATI KAYONG UTARA BERSAMA KAPOLSEK PULAU MAYA KARIMATA MELAKSANAKAN KEGIATAN KUNJUNGAN KERJA PJ BUPATI KAYONG UTARA

Nusantara

Syah Afandin Harapkan MPZ Suarakan Keberadaan Tuan Guru Besilam

Nusantara

Kapolri Perintah Kapolda Dan Kanit Res Jajaran, Giat Operasi Premanisme, Debt Collector Dan Mata Elang

Nusantara

Sekjen Riko Heryanto Pastikan Munas Soksi XI Siap Digelar

Nusantara

Syah Afandin Terima Kunjungan Ketua DPRD Sumut, Perkembangan Pariwisata Dibahas

Nusantara

Ditemukan Mayat Terapung di Kolam Ikan, Basarnas Evakuasi Korban