Home / Nusantara

Rabu, 20 Juli 2022 - 13:30 WIB

Relawan Jokowi Minta Kapolri Pilih Pengganti Kadiv Propam Polri dari Kalangan Senior

Penulis: Marjuddin Nazwar

Jakarta, PERISTIWAINDONESIA.com |

Relawan Jokowi meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memilih sosok pengganti Kadiv Propam Polri dari kalangan senior dan punya reputasi yang baik di kepolisian.

“Lebih baik diserahkan kepada yang senior dan pernah berkecimpung di Propam serta mempunyai hati nurani memperbaiki Polri yang lebih baik dari sekarang ini,” kata Ketua Penanggung jawab relawan Doakan Jokowi Menang (DJM) 1 Kali Lagi Sudiarto SH MH, Rabu (20/7/2022) di Jakarta.

Menurutnya, bercermin dari pengalaman Irjen Ferdy Sambo saat menjabat Kadiv Propam Polri dinilai terlalu Junior untuk menduduki jabatan tersebut.

“Ada kesan yang terendus bahwa Kadiv Propam yang masih muda agak sungkan untuk menegur seniornya, karena terlalu muda, baik dari segi umur maupun angkatan,” terangnya.

Menurut praktisi hukum ini, sosok Kadiv Propam pengganti Irjen Ferdy Sambo harus dari kalangan senior supaya tidak terlalu sungkan menegur para Kapolda.

Apalagi jika kalangan senior nantinya melakukan pelanggaran hukum, maka tidak akan menghambat proses penanganannya.

“Karena itu, Kapolri sebaiknya mengangkat Kadiv Propam Polri yang lebih senior dan punya integritas dalam mendukung Kapolri mewujudkan Polri yang presisi,” timpalnya.

Ketika disinggung sosok yang tepat untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, pendiri Perkumpulan Indonesia Bersatu Tiga Pilar ini meminta Kapolri untuk mencari orang yang bersih dan punya integritas dalam mendukung program Kapolri yaitu mewujudkan Polri yang presisi.

Selain itu, katanya, sosok pengganti jabatan Irjen Ferdy Sambo juga harus memahami lingkungan Propam Polri, setidak-tidaknya Perwira Polri yang pernah berdinas di lingkungan Propam Polri.

“Saya melihat sosok yang sesuai dengan kriteria itu dimiliki Irjen Pol Nanang Avianto,” tandasnya.

Sebagai praktisi hukum, Sudiarto menilai Irjen Pol Nanang Avianto yang saat ini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah merupakan sosok perwira Tinggi Polri yang memiliki hati nurani dalam membersihkan institusi Polri.

“Beliau perwira tinggi yang punya hati nurani untuk memperbaiki Polri dan beliau Akpol 1990 yang sudah tergolong senior diantara nama-nama yang beredar saat ini,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Sudiarto, Irjen Pol Nanang Avianto lebih senior dan pernah menjabat di Propam Polri.

“Beliau pernah di Propam, mulai dari pamen sampai Perwira Tinggi Polri banyak menimba ilmu di Propam. Kami sarankan kepada bapak Kapolri untuk memberikan kesempatan kepada Kapolda Kalteng ini, karena beliau menurut kami pas pada saat ini untuk mengawal semua kebijakan Polri yang presisi,” pungkasnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Gedung Juang’45 Akan Segera Direnovasi Pemerintah Kabupaten Simalungun

Nusantara

Pemkab Langkat Apresiasi Baksos Yayasan Mahakaruna

Nusantara

Besi Aluminium PT.APG di Gondol Maling Diduga Bersubahat Dengan Salah Satu Oknum Di PT.APG

Nusantara

Pimpinan Majlis Taklim Dan Mudzkaroh Habib Muhammad Syifa Bin Yahya ” Mari Sukseskan RAKERNAS FPRN 2022 “

Nusantara

P3N, Suport Kejari Khususnya Kasi Intel Untuk Mengaudit Uang Komite SMA 1 Sungai Geringging

Nusantara

Notícias Prefeitura Municipal de Guanambi Site Oficia

Nusantara

Pelaku Pariwisata Kemana?, Bali Gagal Kelola Sampah

Nusantara

Resmikan Patung Almarhum Letjen Jamin Gintings, Bobby Nasution : Kita Akan Lestarikan Semangat Yang Telah Ditunjukkan Almarhum