Home / Headline

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 07:15 WIB

BNNK Gayo Lues Terima Kunjungan PT Ujang Jaya Internasional dan Starbucks 

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

Guna menindaklanjuti Program berkelanjutan GDAD tahun 2016-2025, baru-baru ini BNNK kabupaten Gayo Lues mengadakan bimbingan teknis Stakeholder dan pendamping dalam rencana aksi GDAD pada kawasan rawan tanaman terlarang, Kamis (10/8/2023) di kantor Sekretariat KSU Gayo Coffee Mountein Louser.

Adapun sasaran yang di libatkan di antaranya Stakeholder dan masyarakat.

Dihadiri Pj Bupati Gayo Lues yang diwakili oleh Kadis Perindagkop dan UKM Syahrul STM M, Kasat Bimas Masjibul Hak, Danpos kecamatan Blangjerango Pelda Firdaus, Ketua Makamah syariah panitra Gayo Lues Urizal, Anggota DPRK Gayo Lues Abdussalam, Tim Starbucks Indonesia Robertus Tri Hasto Aji, Ucu Sumirat PT Ujang Jaya Internasional diwakili oleh Bidang Sertifikasi Risman Purba, Kepala Bank BSI Blangkejeren Koko Syahputra, Kepala Bank BPD Aceh Kutapanjang Ali Mukmin, Kopwan Tawar Sejuk ibu Ir Rusmiati Bambang, Ketua KSU CGML Abdurrahman, Pospol Blangjerango Zen Herman,Camat Blangjerango Sukran SE,Caman pantan cuaca bapak Hasan Nurdin SPd, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bersinar Penosan dan 100 peserta lainya.

Dalam Sambutan ketua KSU CGM Abdurrahman menyampaikan, bahwa saat ini petani kopi yang sudah bergabung bersama Koperasi KSU CGML Binaan BNNK Gayo Lues saat ini memili 1007 petani kopi.Dimana koperasi ini sudah bekerja sama dengan Starbuck melalui PT. Ujang Jaya Internasional.

Selanjutnya, sambutan Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman S T M Si menjelaskan, bahwa Program GDAD (grand design alternative development) merupakan program berkelanjutan selama tahun 2016-2025 yaitu
untuk mengentaskan masalah ganja dan penyalahgunaan narkoba di provinsi aceh khususnya Kabupaten Gayo Lues.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar terbentuknya komitmen bersama antar stakeholder se-Kabupaten Gayo Lues dalam upaya menekan kultivasi Ganja, agar mampu hidup produktif dan sadar hukum juga tidak lagi menanam Ganja.

Beliau pun menekankan, bahwa program dan kegiatan ini harus dilakukan secara terintegrasi, terpadu, Sinergi, berkelanjutan dan dapat meningkatan kesejahteraan ekonomi serta memacu daya saing masyarakat dalam mengembangkan potensi wilayahnya.

Kegiatan aksi GDAD ini juga mengajarkan teknis budi daya kopi dan perawatan/cara pemangkasan tanaman kopi untuk memproleh hasil panen yang lebih baik,ungkapnya.

Dajam hal ini, Abdussalam selalu anggota DPRK sangat mengapresiasi program BNN termasuk koperasi CGML yang bisa melakukan pengeksporan kopi GDAD dan beliau menegaskan agar peserta dapat mengikuti kegiatan BIMTEK sampai dengan selesai.

Lalu dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh PJ Bupati Gayo Lues yang diwakili Kadis Perindagkop dan UKM Syahrul STMM.

Disampampaikannya bahwa BNNK kabupaten Gayo Lues hingga saat ini telah banyak melakukan program pemberdayaan salah satunya adalah Pembinaan/ pembentukan koprasi kopi Gayo mountain loser dan telah bekerja sama dengan PT. Ujang Jaya Internasional untuk mengekspor kopi ke Starbuck Amerika Serikat.

Dalam hal ini Pemda Gayo Lues sangat mengapresiasi dan mendukung program GDAD tersebut guna untuk menekan kultifasi Ganja di kabupaten Gayo Lues.

Acara pun berlanjut tentang
penyampaian Materi oleh para Narasumber yaitu Kadis Perindagkop dan UKM.serta penyampaian materi tentang Sinergi PEMDA Gayo Lues dalam Pemberdayaan Program Alternatif.

Sedangkan Tim Starbuck Indonesia penyampaian materi tentang cafe praktices maupun Ucu Sumirat membahas materi tentang budidaya kopi dan Perawatan/ cara Pemangkasan untuk meningkatan hasil panen kopi.

Kegiatan pun berkanjut dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta Poto bersama dan menyuarakan yel- yel GDAD, *kopi yes, Ganja no*

Diakhiri dengan Pemangkasan langsung ke kebun kopi masyarakat kampung Penosan sepakat sebagai bentuk Moment kebersamaan (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Headline

LKBH Soksi Akan Melanjutkan Proses Hukum atas Ungkapan Fitnah Mahadi yang Mengaku Oknum Soksi

Headline

Wujud Sinergitas TNI-Polri, Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Patroli Bersama Polri Di Perbatasan RI-Malaysia

Headline

KMAK Gelar Aksi, Desak Kejari Nisel Tuntaskan Dugaan Korupsi Dana BOS

Headline

Soal Pemotongan Pajak, Kegiatan PEN Taput Diduga Langgar Perjanjian Antara PT SMI Dengan Pemerintah Daerah

Headline

Sadis, Orangtua Bunuh Anak Sendiri Pinjam Cangkul Tetangga Dalih Ngubur Kucing

Headline

Bipartit ke-2 SBSI 1992 – PT PGM, Belum Sepakati Pembayaran Pesangon 38 Korban PHK

Headline

Prof Dr Muchtar Pakpahan: “Dipenjara Lebih Terhormat Daripada Takut Bicara Akan Mati Sebagai Pecundang”