Home / Nusantara

Minggu, 2 Oktober 2022 - 14:39 WIB

Bobby Nasution Ingatkan Keberagaman  Bukan Ancaman, Harus Datangkan Kebaikan & Keberkahan

Penulis : MF. Habibie

Medan : Peristiwaindonesia. com

Keberagaman baik etnis, suku dan agama yang dimiliki Kota Medan jangan dijadikan sebagai ancaman. Justru  keberagaman yang ada harus menjadi  sebuah potensi yang dapat menghadirkan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan ibukota Provinsi Sumatera Utara.

“Sama-sama kita gali potensi dari nikmat keberagaman yang kita miliki ini,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Silaturahmi Kebangsaan dan Seminar Internasional Moderasi Beragama di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Medan, Sabtu (1/10).

Dalam kegiatan yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan ini, menantu Presiden RI Joko Widodo itu mengungkapkan, kegiatan yang digelar bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Artinya, sambung Bobby, maka semangat kebersamaan dalam keberagaman juga menjadi cerminan butir-butir Pancasila.

“Momentum yang tepat, maka harus dimaknai dengan sesuatu yang tepat pula,” bilangnya di hadapan unsur Forkopimda Kota Medan, tokoh lintas agama, camat se-Kota Medan serta ketua FKUB kabupaten/kota se-Indonesia.

Suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu itu selanjutnya menuturkan, jika selama ini Kota Medan juga disebut sebagai miniaturnya Indonesia. Oleh karenanya untuk menggambarkan keragaman yang ada, paparnya, setiap Jum’at, ASN di lingkungan Pemko Medan diwajibkan mengenakan pakaian adat dari 12 etnis yang ada di  Kota Medan.

“Medan ini kota terbesar ketiga dan banyak yang bilang sebagai miniaturnya Indonesia. Maka itu, kami tetapkan para ASN untuk mengenakan pakaian adat dari 12 etnis yang mewarnai Kota Medan setiap Hari Jum’at. Bahkan, kita minta untuk membelinya langsung kepada okpelaku UMKM,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution  yang menetapakan lima program prioritas di  masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Pemko Medan  itu, mengajak semua pihak, terutama warga Kota Medan untuk senantiasa menjaga kerukunan meski hidup dalam bingkai perbedaan.

“Menjunjung tinggi toleransi dan menjaga kerukunan antar sesama adalah tugas kita semua. Ingat, perbedaan bukan ancaman, tapi keberagaman yang harus mendatangkan kebaikan dan keberkahan,” harapnya

Share :

Baca Juga

Nusantara

Kabupaten Langkat Terima Penghargaan dari Kanwil BPN Provsu

Nusantara

Syah Afandin Terima Anugrah Presiden Dunia Melayu Dunia Islam

Nusantara

Pemkab Gayo Lues Gelar Muskab Cabang Olahraga Pordasi

Nusantara

Plt Bupati Langkat Hadiri Muscab ke-X PC 0215 FKPPI

Nusantara

Diduga Kendaraan Jenis Colt Diesel Modifikasi Angkut BBM Subsidi, Akan Di Timbun

Nusantara

Bawaslu Kabupaten Gayo Lues Buka Pendaftaran Panwascam dan Panwasdes

Nusantara

Danrem Dan Sultan Hadiri Resepsi Pernikahan Putra Temunggung Sangon

Nusantara

Wujudkan program Peka, Satgasres Ops Damai Cartenz-2022 Tingkatan Kamtibmas, Tinjau Pasar Yokatapa Sugapa