Home / Suara Buruh

Minggu, 24 Juli 2022 - 19:46 WIB

BPK Diminta Segera Audit Dana Diduga “Tidak Bertuan” di Jamsostek

Penulis: Rahayu Kurniawan

Subang, PERISTIWAINDONESIA.com |

Sudah lama tak ada kabar dari Jamsostek maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang dana diduga “Tidak Bertuan” di Jamsostek.

Pasalnya, saat ini DPC SBSI 1992 kab Subang menerima banyak pengaduan terkait dana Jamsostek yang masih mengendap dan tak kunjung dicairkan.

Hal ini disampaikan Nadi Sudrajat SH selaku Sekertaris DPC SBSI 1992 Kab Subang, yang juga berprofesi sebagai Advokat, Minggu (24/7/2022).

Dia sangat menyayangkan jikalau memang pencairan dana tersebut di persulit dan tidak dicarikan solusinya, maka yang dirugikan adalah buruh Indonesia.

“Peserta Jamsostek yang tidak bisa mencairkan haknya karena berbagai macam kendala, mulai dari perbedaan nomor NIK, perbedaan e-KTP baru yang sudah tidak memakai BIN, Email yang harus di riset hingga persyaratan yang harus di koreksi pihak perusahaan. Ini harus diperbaiki,” terang Nadi Sudrajat.

Menurut Nadi Sudrajat, hal persyaratan koreksi dari pihak perusahaan itu dinilai masih mempersulit peserta Jamsostek untuk mendapatkan haknya, karena harus kembali menyambangi eks perusahaan tempatnya dulu bekerja.

“Itu tidak mudah,” keluhnya.

Apalagi, lanjutnya, jika eks perusahaan jauh berada di luar kota ataupun di luar provinsi, maka itu akan mempersulit buruhnya.

Bahkan jikalau perusahaan sudah tidak beroperasi lagi, maka akan lebih mempersulit peserta Jamsostek untuk meminta koreksi data.

“Itu akan sangat memakan biaya, tenaga, waktu dan segalanya,” terangnya.

Nadi Sudrajat berharap agar hak-hak peserta Jamsostek dapat segera diberikan tanpa mempersulit persyaratan pencairannya.

“Itu uang mereka (buruh), maka sebaiknya dicarikan cara pembayaran semudah mungkin agar tidak merugikan mereka sebagai pemiliknya,” usulnya (*)

Share :

Baca Juga

Suara Buruh

LKBH SPSI Lampung: RUU Cipta Kerja Sangat Merugikan Kaum Buruh

Suara Buruh

SBSI 1992 Bergerak Advokasi Kasus Ketenagakerjaan di Maluku Utara

Suara Buruh

Agan Surya Tanjung Terpilih Aklamasi Jadi Ketua DPD SBSI 1992 Sumut Periode 2020-2025

Suara Buruh

DPC SBSI 1992 Kabupaten Lamsel Serahkan Berkas Pencatatan Ke Dinas Ketenagakerjaan

Suara Buruh

Ratusan Massa PKM Dobrak DPRK Bener Meriah Tuntut Dibentuk Qanun Komoditas Kopi

Suara Buruh

DPC SBSI 1992 Minta Buruh Dan Mahasiswa Demo Jauhi Tindakan Anarkis

Suara Buruh

DPP SBSI 1992 Konsolidasi Kasus PHK PT SCS Serpong, Perusahaan Harus Patuh Terhadap Undang-Undang

Suara Buruh

PK SBSI 1992 PT ASL Sarudik Adakan Syukuran HUT Kemerdekaan RI Ke-75