Home / Nasional

Minggu, 6 Desember 2020 - 16:03 WIB

Bupati Karo Terkelin Brahmana Pantau Pemasangan Box Culvert Di Jalan Jamin Ginting

Penulis: Mahdalena Sinulingga

Karo, PERISTIWAINDONESIA.com |

Akibat curah hujan yang tinggi pada bulan Desember ini membuat banjir di jalan Letjen Jamin Ginting Desa Raya Kecamatan Berastagi, tepatnya di depan Hotel Swite Pakkar sehingga disekitar lokasi sering terjadi kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh genangan air di badan jalan.

Untuk meminimalisir, saluran air di sepanjang pinggir jalan itu, kini sedang dilakukan pengerjaannya dengan menggunakan alat berat dan tujuannya agar banjir tidak akan terjadi lagi jika hujan turun dan masyarakat pun tidak lagi mengeluhkannya.

Masyarakat kerap menuduh Pemkab Karo tidak peduli kepada warganya, dengan dalih sengaja membiarkab genangan air di badan jalan itu.

Parahnya lagi, para nitizen memposting lokasi tersebut di Media Sosial dengan latar orang sedang memancing ikan dan akibat postingan tersebut seolah-olah Pemkab Karo tidak peduli dan bertanggung jawab.

Padahal, lokasi banjir ini bukan kewenangan Pemkab Karo, sebab ini adalah tanggung jawab dari wilayah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan.

Disela-sela kegiatannya, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH melakukan pemantauan pemasangan box culvert (Saluran air) yang dikerjakan oleh BPPJN Medan, Jumat (4/12/2020) sekitar pukul 10:30 WIB.

Salah satu warga Desa Raya, Juli Beru Karo menyampaikan terima kasih kepada Bupati, walapun sering dibully dan dikritik warga saat banjir melanda seputaran Swite Pakkar dan Takasima ini, tapi Bupati tetap saja dingin menanggapinya.

“Selama ini masyarakat mengeluhkannya, jika terjadi banjir di badan jalan ini, namun usulan yang bapak sampaikan ke pihak BPPJN Medan akhirnya terwujud dan pengerjaanya sedang dilakukan,” ujar Juli Beru Karo.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kadis Perkim Paksa Tarigan, Kabid Bina Marga PUPR Hendra Mitcon Purba, Kabid Bapeda Efanlit sembiring, meminta pihak BPPJN II Medan memastikan lokasi tersebut aman dari banjir.

“Pastikan yang berdekatan dengan rumah warga terkait kedalaman pemasangan box curvert, harus seusai. Jangan pasang box curvert jika belum ada koordinasi dengan pemilik rumah yang akan dipasang, agar tidak terjadi lagi banjir,” pinta Bupati Terkelin.

Menyikapi hal tersebut, Anif selaku pelaksana pengerjaan proyek di lapangan menyebutkan, bahwa sejak awal pihaknya tetap berkoordinasi dengan masyarakat setempat.

Mengenai kedalaman box culvert dari Swite Pakkar ialah 1 meter sampai kedalaman 3.20 meter.

“Ini yang kami upayakan agar apabila hujan turun box curvert dapat menampung debit air. Hal ini kami pastikan tidak akan ada lagi air meluber dari parit hingga ke jalan raya dan ke pemukiman penduduk,” ujar Anif (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kapolsek Gunung Putri Terima Piagam Dari Ketua Lintas Ormas, Sinergitas Polisi dan Ormas

Nasional

Wakapolda Banten Tinjau Pos Pam Res Area Dalam Rangka Pam Nataru

Nasional

Marak Pencabulan Anak Dibawah Umur, ASPPA Buka Posko Pengaduan Korban

Nasional

Kapolsek Siantar Marihat Dukung Karang Taruna Kecamatan Sukseskan Kegiatan HUT RI Ke-78

Nasional

Bersama Partai Pengusung Dan Pendukung, Paslon Nomor 01 Nanang – Pandu Deklarasikan Kemenangan

Daerah

Dipertanyakan, Kantor Dinas PMD Tapteng – Sumut ala Markas Mafia / Genk di Kawal Bodyguard.

Nasional

Pelatihan Jurnalistik Pelita Prabu Jawa Timur.

Ekonomi

Agenda Ke 4 Revolusi Mental Dengan Enam Prioritas Kegiatan