Home / Headline

Rabu, 5 Mei 2021 - 17:18 WIB

DPD Berkordinasi Dukung Pemerintah Dirikan Universitas Bersifat Umum di Tapanuli Utara

Ketua DPD LSM Berkordinasi Kabupaten Tapanuli Utara Bangun Lumbantobing

Ketua DPD LSM Berkordinasi Kabupaten Tapanuli Utara Bangun Lumbantobing

Penulis: Radiston Hutagaol

Tarutung, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LSM Pemberantasan Korupsi, Perjudian, Narkoba dan Sindikat Mafia disingkat Berkordinasi menyatakan dukungan penuh kepada pemerintah untuk mendirikan Universitas bersifat umum di Tapanuli Utara (Taput).

Hal ini disampaikan Ketua DPD LSM Berkordinasi Kabupaten Taput Bangun Lumbantobing, Rabu (5/5/2021) di Tarutung.

Menurutnya, Universitas bersifat umum adalah sebuah solusi besar bagi kemandirian dan kebangkitan Taput, baik secara ekonomi, maupun SDM yang unggul.

“Jumlah Universitas Negeri di Sumut masih sangat minim. Jadi, untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi dan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pembangunan, khususnya di kawasan Tapanuli Raya, maka Universitas Negeri harus berdiri di Tapanuli Utara ini,” kata mantan anggota DPRD Kabupaten Taput ini.

Dikatakannya, pendirian Universitas Negeri yang bersifat umum lebih menguntungkan dibandingkan dengan pembukaan Universitas Negeri bersifat tertentu atau keagamaan.

Pasalnya, lulusan SLTA sederajat yang berdomisili di Tapanuli Raya yang ingin kuliah tidak lagi keluar daerah bahkan akan menguntungkan masyarakat Tapanuli Raya karena calon mahasiswa dari luar Tapanuli akan datang pula ke Tapanuli dan sebagai almamater akan mengenalkan Tapanuli Utara ke daerah asalnya.

“Universitas dengan jurusan yang bersifat umum akan memiliki daya tarik lebih kuat dibanding Universitas Negeri berorientasi keagamaan. Kita dapat belajar dari IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Medan, kemudian berubah menjadi Unimed (Universitas Negeri Medan),” tandas Bangun Lumbantobing.

Dikatakannya, Universitas bersifat umum akan menghasilkan Sarjana dari berbagai displin ilmu sehingga dapat mengisi lapangan kerja yang lebih luas.

“Jadi, marilah kita berfikir lebih maju untuk masa depan anak cucu kita kelak. Masyarakat harus bersatu dalam mendukung berdirinya Universitas yang bersifat umum di Tapanuli Utara ini sehingga anak cucu kita kelak dapat merasakan manfaat berdirinya Universitas tersebut,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Layanan Ferry Ekspres Topang Mobilisasi Arus Barang Pertanian dan Perikanan Jawa-Sumatera

Headline

DPD Ormas Indonesia Bersatu Tiga Pilar Lampung Selatan Ucapkan Selamat HUT Ke-48 PDI Perjuangan

Headline

Prof Dr Muchtar Pakpahan: “Dipenjara Lebih Terhormat Daripada Takut Bicara Akan Mati Sebagai Pecundang”

Headline

ARAB Kesal Partai Golkar Abaikan Aspirasi Masyarakat Raja Ampat

Headline

SBSI 1992 Adakan Diklat Pengurus Komisariat PT Affinity Health Indonesia di Surabaya

Headline

Bantuan Hand Traktor di Simalungun Diduga Diperjualbelikan

Headline

Ketua MPO Serikat Buruh Lenis Kogoya Minta Investasi Freeport Indonesia di Gresik Libatkan Orang Asli Papua

Headline

NU Langkat Anugerahi Syah Afandin Sebagai Tokoh Inspiratif