Home / Nusantara

Rabu, 16 Februari 2022 - 12:20 WIB

DPRD Jayawijaya Sampaikan Pokok-Pokok Pikiran Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE MSi

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE MSi

Penulis: Arny Hisage

Jayawijaya, PERISTIWAINDONESIA.com

DPRD Jayawijaya menyampaian pokok-pokok pikiran dalam Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2023, Selasa (15/2/2022) di Wamena.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE MSi, para anggota DPRD Jayawijaya, dan para kepala OPD serta para tamu undangan lainnya.

Di kesempatan itu, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menyampaikan pertemuan hari ini kali pertama berdasarkan hasil kunjungan reses, dalam hal ini berdasarkan hasil kunjungan DPRD ke masing-masing dapil agar dapat diakomodir ke dalam APBD.

“Setiap pembahasan APBD di DPRD Jayawijaya awalnya secara manual, tetapi sekarang sudah system Online sehingga sebelum input program tahun anggaran 2023 kami minta ke DPRD untuk menyampaikan Pokok-pokok pikiran supaya masuk ke dalam system,” kata Bupati Jayawijaya.

Dengan adanya ini, kata Bupati, maka DPRD akan menerima aspirasi dari masyarakat sehingga pemerintah dapat mengakomodirnya di dalam APBD.

“Dan ini adalah salah satu langkah yang baik untuk kita kerja sama bagaimana aspirasi masyarakat melalui DPRD dengan Pemerintah Daerah,” imbuhnya.

Lanjut Banua, pendidikan dan kesehatan juga rata-rata ada di dana DAK sehingga setelah pertemuan ini akan masuk dalam system tahun anggaran 2023.

“Selama ini biasanya penetapan DAK sudah lebih dulu, lalu kita pembahasan anggaran, tetapi sekarang terbalik, sebelum penetapan DAK kami pemerintah minta kepada DPRD untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran untuk selanjutnya dapat ditetapkan di dalam DAK,” jelas Banua.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Jayawijaya Reynold Bukorsyom memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya.

“Dengan adanya pertemuan sepertia ini, maka kami sudah bisa menyampaikan aspirasi dari masyarakat ke pemerintah daerah untuk selanjutnya diakomodir ke dalam system secara online,” ujarnya.

Karena itu, kata Reynold Bukorsyom, setelah pertemual ini akan dilanjutakan dengan musyawarah di tingkat kabupaten.

“Dalam musyawarah tersebut DPRD juga akan dilibatkan dan dibahas aspirasi dari masyarakat yang kami sudah sampaikan hari ini, apakah sudah terakomodir dalam sitstem atau tidak,” ulasnya.

Disampaikannya, selama ini DPRD masing-masing dapil banyak menerima aspirasi dari tingkat Distrik, Kampung dan masyarakat umum.

“Akan tetap, semuanya hari ini kami sudah menyampaikan kepada pemerintah daerah secara terbuka untuk mengakomodir dalam system, sehingga kami DPRD Jayawijaya sangat mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk mengakomodir dan menetapkan program-program yang sudah diusulkan tersebut, supaya tahun 2023 bisa berjalan sesuai dengan harapan pemerintah dengan masyarakat Jayawijaya,” harapnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Pembangunan Pasar Banyuasri Buleleng Berpotensi Rugikan Keuangan Negara

Nusantara

FR 99 Motoprix 2023 Trophy Plt Bupati Langkat Diikuti 200 Pembalap

Nusantara

CFD Bersama Masyarakat, Aulia Rachman:  Olahraga Jaga Kesehatan & Bentuk  Pribadi Lebih Produktif

Nusantara

Benahi SJUT, Pemko Medan Lanjutkan Program Medan Rapi Tanpa Kabel  

Nusantara

Dinilai Lamban, Wartawati Korban Penganiayaan Bersama Kuasa Hukum Kembali Sambangi Polsek Cakung

Nusantara

Percepat Target Vaksinasi Booster, Afandin: Semua Pihak Terkait Harus Serius

Nusantara

Anggota DPRD Paluta dan PD Sumut Salurkan 4 Ekor Sapi Qurban

Nusantara

Minggu Pagi, Salat Iduladha Pemko Medan Digelar  di Lapangan Gajah Mada  Jalan Krakatau