Home / Nusantara

Jumat, 19 Februari 2021 - 23:22 WIB

DPRD Lamsel Gelar Paripurna Usulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Penulis: Suradi

LAMSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada 2020.

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Lamsel H Hendry Rosyadi didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono dan Wakil Ketua II Agus Sutanto, Jumat siang (19/2/2021) di ruang sidang utama gedung DPRD.

Pelaksana harian (Plh) Bupati Lamsel Thamrin beserta jajaran mengikuti sidang paripurna tersebut dari Aula Rajabasa, kantor bupati secara virtual melalui zoom meeting sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi.

Dalam pengantarnya, Hendry Rosyadi menyampaikan, dasar pelaksanaan paripurna itu yakni, Pasal 78 Ayat (2) Huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kemudian Pasal 60 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Selanjutnya Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamsel Nomor 03/HK.03.1-Kpt/1801/KPU-Kab/II/2021 tanggal 18 Februari 2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lamsel Tahun 2020.

“Berdasarkan hal tersebut diatas dan Surat KPU Lampung Selatan Nomor 47/PL.02.7-SD/1801/KPU-Kab/II/2021 tanggal 18 Februari 2021 yang telah menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Terpilih menjadi dasar pelaksanaan rapat paripurna hari ini,” ujar Hendry Rosyadi.

Dalam rapat paripurna itu pihaknya mengumumkan usulan pengesahan pengangkatan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lamsel Terpilih yaitu H Nanang Ermanto sebagai Bupati Terpilih dan Pandu Kesuma Dewangsa sebagai Wakil Bupati Terpilih yang ditetapkan dengan keputusan DPRD.

“Selanjutnya keputusan DPRD tersebut akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Lampung guna mendapatkan keputusan tentang usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan Terpilih dalam pemilihan kepala daerah Lampung Selatan tahun 2020,” kata Hendry Rosyadi.

Dari pantauan, rapat paripurna yang dihadiri 33 orang dari jumlah 49 anggota DPRD itu, dilanjutkan dengan rapat paripurna dalam rangka pelantikan anggota DPRD Lamsel melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW) periode 2019-2024 (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

SMAN 1 Simpang Kiri Tetap Upaya Harumkan Sekolah Meski Permohonan atas Perhatian Pemerintah Belum Ada Tanggapan

Nusantara

Kabupaten Gayo Lues Dinyatakan Masuk Daerah Inovatif Tahun 2022

Nusantara

Safari Natal Pemko Medan Disambut Suka Cita Jemaat Gereja Methodist Hang Tuah

Headline

Tolak daerahnya dicap sarang narkoba, warga Bangsal lakukan aksi protes ke Polresta Pematang Siantar.

Nusantara

Kegiatan Musrembang Kecamatan Kota Baharu Targetkan Banyak Pembangunan

Nusantara

Ada 6.223 Usulan Di Musrenbang RKPD Kota Medan 2023, Usulan Tertinggi Rehabilitasi Jalan Lingkungan

Nusantara

Akui Tugas Penggali Kubur & Bilal Mayit Mulia, Syah Afandin Bangga Salurkan Bansos Langsung

Nusantara

Berantas Peredaran Narkoba, Berikut Tindakan Yang Dilakukan Polres Batubara