Home / Nusantara

Rabu, 1 Juni 2022 - 23:03 WIB

Gedung Juang’45 Akan Segera Direnovasi Pemerintah Kabupaten Simalungun

Bupati Simalungun melakukan kegiatan gotong royong bersama jajaran TNI dan ASN

Bupati Simalungun melakukan kegiatan gotong royong bersama jajaran TNI dan ASN

Penulis : Sihar Sidabutar

Simalungun – Peristiwa Indonesia.Com

Pihak pemkab Simalungun berencana akan melakukan renovasi pada gedung juang’45, agar terlihat lebih baik dan lebih indah lagi tanpa menghilangkan nilai sejarah yang melekat pada gedung yang telah lama di terlantarkan.

Gedung juang’45 merupakan asset dari pemkab Simalungun, yang keberadaannya ada dipusat kota Siantar  yang berjarak kurang lebih 50 meter dari Balaikota, sebagai pusat pemerintahan kota Pematangsiantar.

Hampir separuh dari gedung Juang tersebut sudah tidak bisa difungsikan lagi. Namun sebahagian lagi masih dapat difungsikan. Gedung juang’45 ini, sudah beberapa kali beralih fungsi. Mulai dari dijadikan tempat ibadah, perkantoran bahkan sempat juga berfungsi sebagai cafe.

Namun hingga sekarang, gedung juang’45 ini berfungsi menjadi tempat ibadah oleh pihak Gereja Bethel Indonesia cabang Siantar Plaza.

Gedung juang’45 ini memiliki dua lantai. Namun dari dua lantai yang ada, hanya sebahagian lantai satu yang masih bisa difungsikan. Mengingat usia dari gedung juang’45 tersebut yang bisa dikategorikan sudah cukup tua yang mengakibatkan sebahagian dari gedung Juang banyak mengalami kerusakan.

Dan pada masa kepemimpinan Bupati Simalungun, yang baru terpilih, bapak Radiapoh Hasiolan Sinaga berinisiatif untuk melakukan renovasi gedung juang’45, sebagai bagian dari bukti sejarah yang harus dilestarikan.

Hal ini dibuktikan oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga, dengan langkah awal, melakukan kegiatan gotong royong diareal gedung juang’45 bersama dengan jajaran TNI dan ASN dari Pemkab Simalungun pada hari Selasa, 31/5/2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiolan Sinaga, mengajak seluruh lapisan masyarakat agar dapat menjaga, merawat serta melestarikan keberadaan gedung juang’45 ini secara bersama-sama, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Gedung Juang ’45 ini merupakan saksi bisu dari bentuk perjuangan masyarakat kota Siantar dalam melawan penjajah.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiolan Sinaga menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun akan menjadikan gedung juang’45 ini menjadi salah satu icon pariwisata kabupaten Simalungun.(*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Dinas Pendidikan Kota Medan Menggelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)

Nusantara

Kapolres Gayo Lues Tinjau Lokasi Longsor

Nusantara

Dinilai Tak Berperasaan, Dinkes Nisel Hanya Perpanjang 500 PTTD dari 1.300 Orang

Nusantara

Bentuk Kerja Nyata Jejaring DeWi Membantu Masyarakat

Headline

Terkait Bimtek Aparatur Desa ke Bali, Pemkab Nias Selatan Diduga Kangkangi Permendes Nomor 7/2021

Nusantara

Sempatkan Diri Dengarkan Saran Warga, Plt Bupati Langkat Terima Audiensi dari Berbagai Pihak

Nusantara

PKMS dan Islamic Center Gelar Isbat Nikah

Nusantara

Seperti Kubangan Kerbau Berserakan Di Simpang Taman Karya, Kadis PUPR Kota Pekanbaru Tutup Mata