Home / Nusantara

Rabu, 1 Juni 2022 - 23:52 WIB

MRP Atau Majelis Rakyat Papua Akan Dibekukan dan Tugas Diambil Alih Lembaga Masyarakat Adat Papua

Ketua Lembaga Masyarakat Adat Dr.Lenis Kogoya STh M.Hum

Ketua Lembaga Masyarakat Adat Dr.Lenis Kogoya STh M.Hum

Penulis : Marjuddin Nazwar

Jayawijaya – Peristiwa Indonesia.Com

Lembaga Adat Masyarakat atau LMA Papua menyatakan akan segera mengambil alih tugas Majelis Rakyat Papua, setelah lembaga kultur orang asli Papua tersebut dibekukan.

Pernyataan ini disampaikan Ketua LMA Papua, Lenis Kogoya merujuk hasil musyawarah adat yang dilanjutkan Deklarasi Papua Damai di Lapangan Pendidikan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu 1 Juni 2022.

“Akhirnya kesimpulan kami adalah LMA akan bekukan MRP dengan ambil alih kekuasaannya, karena yang memberikan rekomendasi adalah Lembaga Adat, oleh sebab itu kami LMA ambil alih,” kata Lenis.

Menurut Lenis Kogoya, MRP dalam tugas selama 20 tahun tidak pernah melibatkan LMA Papua untuk berdiskusi dan berbicara masalah Otonomi Khusus atau Otsus. Padahal aspirasi masyarakat adat melalui LMA yang dilanjutkan oleh MRP kepada Pemerintah.

“Kewenangan Majelis Rakyat Papua itu pada-pasal 20 untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dan yang memberikan aspirasi siapa, ya kami Lembaga Adat Masyarakat (LMA) Papua lalu MRP melanjutkan kepada pemerintah tetapi LMA selalu tidak dilibatkan,” ucap Lenis.

Lenis menambahkan, nantinya LMA akan melekat pada Biro Pemerintahan mulai di Provinsi Papua, maupun Kabupaten/Kota. “Jadi MRP dibekukan, dan LMA nanti ada di Biro Pemerintahan, ada provinsi, ada kabupaten,” ujar Lenis.

Share :

Baca Juga

Nusantara

Meriahkan HUT Kemerdekaan, Pemko Medan Ikut Pawai Pembangunan Pemprov Sumut

Nusantara

APPN Minta Bupati Copot Kadisdik Agam, Kajari Minta Masyarakat Laporkan

Nusantara

Kepala BPN Singkil Masih Tetap Arogansi Perihal Keterbukaan Dalam Pelayanan Sertifikat Masyarakat Serta Merasa Kebal Hukum Jika Lakukan Kesalahan

Nusantara

DPD PWRI Sumut Laksanakan rapat Koordinasi dengan DPC PWRI Langkat

Nusantara

Pariwisata Bangkit, Dispar Lombok Utara Adakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Nusantara

Nusantara

Jokowi: Apakah Kita Sanggup Bekerja Sesuai Dengan yang Telah Dikerjakan Saat Ini?

Nusantara

Di Duga Kuat PT Beta Gas Di Bekingi Oknum APH,Minta Supaya Kapolda Kalbar Secepatnya Mengambil Tindakan