Home / Nasional

Senin, 18 Januari 2021 - 12:01 WIB

Hari Ketiga, 81 Meninggal Dunia Korban Gempa di Sulbar

Penulis: Kiyosi Bombang

Mamuju, PERISTIWAINDONESIA.com |

Operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana alam berupa gempa bumi di Majene dan Mamuju propinsi Sulawesi Barat (Sulbar) secara maksimal terus dilaksanakan Kantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) Mamuju.

Saat di temui kru PERISTIWAINDONESIA.com, Minggu (17/1/2021) malam sekira pukul 11.50 WITA, Kepala Basarnas Mamuju Saidar Rahman Jaya menyampaikan dalam operasi ini pihaknya di back up oleh Kantor Basarnas Palu, Makassar, Gorontalo, Balikpapan dan Tenaga Ina SAR dari Basarnas Pusat beserta potensi-potensi SAR lainnya dari berbagai provinsi diluar Sulawesi Selatan.

Lanjut Saidar, pada hari ketiga pelaksanaan operasi SAR dibagi menjadi 5 (Lima) sektor area pencarian, apalagi lokasi yang diprediksi terdapat korban yang terperangkap di reruntuhan bangunan.

Adapaun bangunan yang paling banyak mengalami kerusakan berat seperti Rumah Sakit Mitra Manakarra, gedung kantor Gubernur Sulbar, rumah jabatan Ketua DPRD Provinsi, Hotel Maleo, Hotel Matos, Family Mart dan beberapa lokasi lainnya yang dianggap belum maksimal disisir.

Kepala Basarnas Mamuju Saidar Rahman Jaya selalu mengingatkan tim SAR gabungan untuk tetap mengutamakan safety, keselamatan diri sendiri dan menjaga protocol kesehatan.

Saidar selalu berpesan kepada Tim SAR supaya tetap menjadi tim yang solid dan PSM sehingga dalam kondisi yang sulit mampu bekerja secara proporsional.

Operasi SAR pada hari Ketiga, Tim berhasil mengevakuasi 70 korban meninggal dunia di kabupaten Mamuju dan 11 korban meninggal di kabupaten Majene sehingga total keseluruhan meninggal dunia 81 orang.

“Kita berharap semua korban yang masih tertimbun segera dapat dievakuasi,” harap Saidar (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pasca Kenaikan BBM, DPC SBSI 1992 Langkat Koordinasikan Kesenjangan Sosial yang Dialami Buruh

Daerah

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Dukung kerjasama PA Stabat, Kemenag Langkat dan Disdukcapil

Nasional

Mensesneg Pratikno Tepis Isu 18 Menteri Di Reshuffle

Nasional

Bupati Taput Diduga Berbohong. Januari 2020 Teken Surat Kesiapan Lahan, Tapi Juni 2021 Minta Tandatangan Pemilik Lahan

Daerah

Cegah Kegiatan Ilegal Jelang Hari Lebaran, Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 19/105 Trk Bogani Laksanakan Sweeping Malam Hari

Nasional

Kapolri Pimpin Rapat Kerja Teknis Gabungan Lima Devisi Polri.

Hukum

Wakajati Jawa Tengah Pisah Sambut Dengan Wakajati Baru Dr. Sugeng Riyanta,SH.MH

Nasional

Kota Semarang Banjir, Pertokoan dan Perkantoran Tergenang