Home / Nusantara

Jumat, 3 Februari 2023 - 16:34 WIB

Kabupaten Gayo Lues Dinyatakan Masuk Daerah Inovatif Tahun 2022

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

Tertanggal 30 Januari 2023, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah resmi mengeluarkan indek inovasi terhadap daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk tahun 2022.

Dalam indeks inovasi yang dikeluarkan terebut, Kabupaten Gayo Lues dinyatakan sebagai Daerah Inovatif dengan nilai indeks 35,72 dengan urutan 12 dari 23 Kota dan Kabupaten di Provinsi Aceh.

Adapun salah satu penyumbang terbesar inovasi tersebut adalah Dinas kominfo Gayo Lues dengan jaringan koneksi intra Pemerintah.

Seperti diberitakan dalam sejumlah media, dalam indek inovasi yang dikeluarkan ada 9 Kabupaten/Kota kurang inovatif di Aceh. Tingkat inovatif-nya dinilai dari nilai indek. Kemudian 13 Kabupaten/Kota dinyatakan inovatif dan satu Kabupaten lainnya disebut sangat inovatif.

Adapun 9 Kab/Kota yang dinilai Kemendagri kurang inovatif seperti dilansir dari AJNN, Kamis (2/2/2023) yakni, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Pidie, Sabang, Aceh Selatan, Lhokseunawe, Aceh Timur, Aceh Tenggara dan Simuelue.

Sementara daerah-daerah inovatif yaitu, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara, Aceh Singkil, Langsa, Aceh Besar, Pidie Jaya, Gayo Lues, Bener Meriah dan Subulussalam. Daerah inovatif ini nilai indek tertinggi yakni 58,28 dan paling rendah 35,60.

Kemudian untuk daerah yang dinyatakan sangat inovatif yaitu Kabupaten Aceh Jaya dengan nilai indek-nya mencapai 60,49. Untuk diketahui, inovatif adalah sebuah hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru atau bersifat pembaruan (kreasi baru). Inovatif juga diartikan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dapat digunakan untuk membuat dan menyesuaikan dengan perubahan (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Bangunan Liar Milik WNA Ditertibkan Satpol PP dan DPMTSP Kabupaten Lombok Utara 

Nusantara

Tingkatkan Mutu dan Kualitas, Guru SD se- Kota Medan ikuti Pelatihan Penilaian Kelas

Nusantara

Wabup Danny Sampaikan Dua Inovasi Pemda KLU pada IGA Award 2022

Nusantara

Rektor Unisma “45” Bekasi Dukung Diskusi KH. Noer Alie Pada Milad Islamic Centre Bekasi Ke-29

Nusantara

Baksos Untuk Masyarakat Pesisir Kabupaten Cirebon

Nusantara

Sebabkan Polusi Udara, LSM Berkordinasi Nilai Proyek Urugan Tanah Adhikarya Abaikan K3

Nusantara

Gelora Sayangkan Ketua DPRD Yang Setujui 6 Miliar Uang Rakyat untuk Renovasi Ruang Sidang

Nusantara

Soal Makan Bergizi Gratis, Ketua Soksi Pertanyakan Kemampuan Produksi Beras Dalam Negeri