Home / Nusantara

Jumat, 3 Februari 2023 - 16:26 WIB

Stan festival BUM-Des 2023, Gayo Lues Raih Piagam Terfavorit Se Indonesia

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

Guna memberikan ruang kepada pengusaha kecil bisa bangkit dalam masa pandemi, kali ini Kementerian Desa dan PDT RI menggelar Hari BumDes Nasional di Bintan Kepulauan Riau.

Kegiatan ini salah satu agenda rutin setiap tahun yang telah ditetapkan pada setiap tanggal 2 Februari.

Kegiatan dengan mengusung Tema “Meningkatkan Ekonomi Desa melalui BumDes 2023”, berlangsung selama dua hari sejak tanggal 1-2 Februari 2023 dihadiri oleh 3 Gubernur, 24 Bupati se-Indonesia.

Selain itu, hadir seluruh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia dan perwakilan Pendamping Desa se-Indonesia.

Namun tanpa diduga, Perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) Emas Pirak Kampung Cane Toa Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh yang ikut menjadi bagian dari peserta meraih prestasi stand Terfavorit Nasional dengan katagori pengunjung terbanyak.

Hal ini disampaikan Kepala DPMK Kabupaten Gayo Lues Sartika Mayasari SSTP MA kepada Awak Media, Kamis (2/2/2023) melalui via whatsapp.

Dalam keteranganya, Kadis DPMK Gayo Lues Sartika Mayasari SSTP MA didampingi Ketua Bumdes Emas Pirak Desa Cane Toa Annisa Rakhmatika mengatakan, di Stan Pameran pihaknya menyajikan beberapa produk lokal yang ada di kabupaten Gayo Lues seperti beras ketan, beras putih, Gula aren, aneka Kerawang Gayo, Gula Semut dan Songkok Gayo.

“Alhamdulillah melalui produk-produk tersebut kita berpartisipasi menjadi bagian dari stand BUMDES terfavorit Nasional dengan pengunjung terbanyak yakni mendapat lebih dari 2.400 pengunjung. Tentu saja ini suatu kebanggan bagi masyarakat Gayo Lues khususnya bagi Bumdes Emas Pirak binaan Kampung Cane Toa,” pungkasnya.

Sartika Mayasari SSTP MA sekaku Kadis DPMK kabupaten Gayo Lues sangat mengapresiasinya.

“Tidak sia-sia perjuangan dan jerih payah mereka. Sejak berangkat dari Negeri Seribu Bukit Gayo Lues dengan membawa produk-produk lokal yang ternyata cukup diminati dan mendapat perhatian oleh pengunjung setempat. Dan tanpa diduga pemberian hadiah pun langsung sematkan oleh Bapak Menteri Desa dan PDT RI Dr (HC) Drs Abdul Halim Iskandar MPd,” ungkapnya.

Dikatakannya, melalui prestasi ini pihaknya termotivasi untuk terus membina dan melakukan inovasi BUMDES di setiap kampung.

Dan dalam pelaksanaannya nanti tetap berkolaborasi dengan SKPK lainnya.

Disamping itu hal utama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah bagaimana melakukan pembinaan yang kontiniu seperti pembinaan penata usahaan BUMDES, Penguatan Capacity Building, Pelaksana Operasional BUMDES serta mendorong percepatan pengurusan sertifikat Badan Hukum BUMDES, terutama bagi kampung yang belum tuntas.

Karena hal ini menyangkut legalitas dan kemajuan usaha Bumdes tersebut nantinya.

Kemudian bagaimana mendorong Bumdes setiap desa agar mampu menggali potensinya dan menjadikan potensi tersebut sebagai salah satu Unit usaha di kampung masing-masing.

“Dengan pendanaan melalui penyertaan modal dari dana desa, dan bagi para pengurus Bumdes Biaya Operasional mereka harus dimaksimalkan guna menunjang kinerja Bumdes itu sendiri, dan kedepannya kita upayakan semua produk produk yang dihasilkan oleh desa tersebut tidak hanya digunakan secara lokal, tetapi kalau bisa dicapai paling tidak digunakan oleh masyarakat sampai tingkat provinsi dan Nasional,” timpalnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Nusantara

Tempat Penimbunan BBM Bersubsidi di Gudang Cikeas Udik Bantargebang Bekasi, Diduga Oknum Polisi Terlibat

Nusantara

Dr Lenis Kogoya STh.M.Hum : Saya Merekomendasikannya Nikolaus Kondomo Karateker ‘Gubernur Papua Selatan’

Nusantara

Nusantara

Kecamatan Medan Deli Berkolabosasi Dengan LPM Kec. Medan Deli Bentuk Gerakan Orang Tua Asuh Melalui Pondok Gizi Ceting dan DASHAT

Infrastruktur

Berhati-hati, Sejumlah Ruas Jalinsum Longsor

Nusantara

SOKSI Binjai dan Relawan Menangkan Mangihut Sinaga Menuju DPR RI

Nusantara

LSM Berkordinasi Desak, Direskrimsus Polda Sumbar Segera Gelar Perkara Galian C di Sungail Limau