• Sab. Mar 2nd, 2024

Kompak Sukseskan Pilkada 2020, Pemkab Karo Gelar Deklarasi Damai

Byabed nego panjaitan

Okt 27, 2020

Penulis : Jampang Ginting

Karo, PERISTIWAINDONESIA.com |

Menjelang Pemilu pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Karo pada 9 Desember 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo mengadakan acara Deklarasi Cinta Damai Dan Menolak Bentuk Anarkisme.

Acara ini diselenggarakan Senin (26/10/2020) di ruang aula Kantor Bupati Lantai 3 di Jl Jamin Ginting No 17 Kabanjahe.

Deklarasi ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Karo dan dihadiri oleh Ketua KPU Gemar Tarigan ST, Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia, Dandim 02/05 Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Tanah Karo diwakili Wakapolres Tanah Karo Kompol Hasian Panggabaean, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Ketua Tim Pemenangan masing-masing Paslon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Perwakilan Kajari dan Sekda Kab Karo.

Dandim 02/05 Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, mengatakan pelaksanaan dekalarasi cinta damai ini sehubungan dengan begitu banyaknya terjadi perkembangan situasi politik Pilkada di daerah, dan lahirnya Undang Undang Cipta Kerja. Dimasa pandemi seperti di Kabupaten Karo semakin hari semakin meningkat maka harus disiplin.

Ketua DPRD Kabupaten Karo Iriani BR Tarigan menambahkan tdak lama lagi Pilkada, memang sangat miris sebenarnya di masa covid memilih pemimpin.

“Maka marilah kita khususnya di tanah Karo ini tidak ada anarkis,” ajaknya.

Sementara Kapolres Karo diwakili Wakapolres Kompol Hasian Panggabean menyebutkan sebenarnya tidak perlu melakukan acara seperti ini, karena nama daerah saja Tanah Karo Simalem, tapi namanya manusia tidak apalah dilaksanakan deklarasi cinta damai agar tetap damai sejahtera.

“Di pesta demokrasi ini kita adakan demokrasi sehat, pilihan boleh berbeda tetapi kedamaian dan kekeluargaan tetap lah yang utama,” ungkapnya.

Perwakilan Kejaksaan menambahkan keamanan itu mahal, karenanya deklarasi seperti ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

“Mungkin banyak niat orang ingin merusak kondisi yang sudah aman ini, maka kami harapkan kepada semua masyarakat kabupaten Karo agar tidak mudah terpancing atas isu-isu dan berita yang tidak tau kebenarannya,” harapnya (*)

Perwakilan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Pelita Monald Ginting SPd menyampaikan sesuai arahan Ketua PC K-SPSI Kabupaten Karo Gembira Ginting pihaknya siap untuk bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Karo dalam menjaga kedamaian kabupaten Karo.

“Apalagi saat ini Undang-undang “Cipta Kerja” yang masih jadi perdebatan di kalangan Pekerja, namun SPSI sudah mendeklarasikan Cinta Damai dalam pemilu apalagi ini di masa Pandemi kita harus ikuti ProKes sesuai arahan pemerintahan.” tandasnya.

Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana SH saat diwawancarai awak media mengatakan menjelang Pemilu di Kabupaten Karo, bersama Tokoh Agama, jajaran Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan seluruh elemen masyarakat bersama mengadakan acara deklarasi cinta damai dan menolak bentuk anarkisme di Kabupaten Karo.

“Apalagi belakangan Ini banyak sekali aksi unjuk rasa bisa mengakibatkan bentuk anarkisme. Makanya dalam hal ini kita berusaha menghadapinya dengan kepala dingin untuk mengantisipasi agar tidak merembet di tanah Karo aksi anarkisme,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati agar seluruh masyarakat Tanah Karo tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan selalu mencuci tangan, jaga jarak, memakai masker, guna memutus mata rantai Covid 19 (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *