• Kam. Apr 25th, 2024

KRI ALbakhora Evakuasi 78 Penumpang Kapal KM Sumber Raya 04 Yang Mengalami Gangguan Mesin Ditengah Lautan

Byabed nego panjaitan

Nov 7, 2020

Penulis: Muh Saifullah S

HALSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

KRI ALbakhora 867 mengevakuasi 78 penumpang dan 10 kru Anak Buah Kapal (ABK) Kapal KM Sumber Raya 04 yang mengalami gangguan mesin induk, Kamis (05/11/2020) di Perairan selat Obi (Tanjung Gurango) kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara.

“Kebetulan kami sedang berpatroli di perairan selat Obi mendapat kabar dari Posal bahwa ada kapal penumpang yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berolah gerak,” ujar Mayor Laut (P) Joko Aryanto.

Disebut, KM Sumber Raya 04 yang baru bertolak dari pelabuhan Jojame Obi menuju Pelabuhan Kupal Bacan itu tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan lantaran mengalami masalah pada mesin induk yakni kerusakan pada gear box.

Disampaikannya, setelah mendapat informasi lewat radio dari Pos Angkatan Laut (Posal) Bacan tepat pukul 17.00 WIT pihaknya langsung bergerak menuju perkiraan lokasi tempat kejadian dengan jarak kurang lebih 4 mil dengan melaksanakan identifikasi menggunakan radar dan terbaca bahwa ada kapal penumpang yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melanjutkan pelayaran.

Sebagaimana dikatakan Danpos TNI AL Bacan Letda Laut (PM) Aris Darsono dalam keterangannya mengatakan info yang diterima dari KM Sumber Raya 04 ke pihaknya itu meminta bantuan, kemudian pesan tersebut dipantulkan ke KRI ALbakhora 867 yang sementara berpatroli diseputaran TKP.

Tiba di tempat kejadian, kru KRI ALbakhora lalu meminta data-data KM Sumber Raya 04 dan ternyata memang benar kapal tersebut mengalami kerusakan pada gear box sehingga kru penyelamat langsung melaksanakan identifikasi dan pengamatan secara visual untuk dapat melakukan evakuasi dan rescue terhadap KM Sumber raya 04 tersebut.

“Kurang lebih 30 menit kami berhasil seting tali-tali untuk dapat menggandeng KM Sumber Raya 04. Dan pada pukul 18.25 WIT kami bergerak dan tiba di pelabuhan Kupal Bacan pada pukul 20.30 WIT dalam keadaan selamat,” ungkapnya.

Diketahui, selain KRI ALbakhora 867, Armada lain yang juga ikut dalam proses evakuasi tersebut yakni Kapal KLM Araya Jaya 02 yang di arahkan langsung oleh pihak kesyahbandaran Wilker setempat guna membantu proses evakuasi bersama KRI ALbakhora 867.

KRI ALbakhora 867 merupakan satuan Kapal patroli Lantamal X Jayapura yang sedang beroperasi di bawah kendali gugus keamanan Laut komando Armada III Sorong.

Sementara itu kepala Syahbandar Wilker Labuha Ridwan M Taher kepada media ini membenarkan perihal KM Sumber Raya 04 yang mengalami trebel saat berlayar menuju pelabuhan Kupal Bacan.

Menurutnya, setelah mendapat informasi tersebut dari pihak Agen, pihaknya langsung mengarahkan satu kapal yakni KLM Araya Jaya 02 yang saat itu berada di dermaga Pelabuhan Kupal agar dapat membantu proses evakuasi kapal Sumber Raya 04.

“Setelah KM Sumber Raya 04 selesai di evakuasi kita langsung panggil nahkodanya bersama KKM dan Agen ke kantor untuk melakukan klarifikasi atas kejadian tersebut dan segera memeriksa kelengkapan lainnya setelah itu nanti ada petugas Merine inspektur dari kita yang akan turun memeriksa kesiapan kapal sebelum berangkat,” kata Ridwan.

Intinya, lanjut Ridwan, kapal tidak apa-apa hanya gangguan pada karet gear box mesin induk (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *