Home / Nusantara

Rabu, 10 Mei 2023 - 07:01 WIB

Langkat 10 Besar Nominasi Harmonis, Syah Afandin Terima Penghargaan ASN Berakhlak 

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menerima Piala dan Piagam Penghargaan Hasil Survey ASN Ber AKHLAK 2022 kepada Pemerintah Kabupaten Langkat, di Menara 165 Lt 24 Jl TB Simatupang Kav I Cilandak Jakarta Selatan, Senin (8/05/2023).

Pemerintah Kabupaten Langkat sebagai 10 besar dengan indeks implementasi nilai “Harmonis”. Penilaian ini melalui hasil survei pemetaan budaya kerja ASN Pemerintah Kabupaten Langkat di ikuti oleh 4.011 responden.

Adapun nilai yang di dapat Kabupaten Langkat di antaranya:

1. Indeks implementasi berakhlak dengan meraih nilai 63,5% dengan katagori B (Cukup Sehat)

2. Beroreantasi Pelayanan meraih nilai 54,2% dengan katagori B (Cukup Sehat)

3. Akuntabel meraih Nilai 81,1% dengan katagori A (Sehat)

4. Kompeten dengan meraih nilai 58,4% dengan katagori B (Cukup Sehat)

5. Harmonis meraih Nilai 78,8% dengan katagori A (Sehat)

6. Loyal meraih nilai 66,8% dengan katagori B (Cukup Sehat)

7. Adaptif meraih nilai 35,1% dengan katagori C (Tidak Sehat)

8. Kolaboratif meraih nilai 70,0% dengan katagori B (Cukup Sehat)

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada lembaga Accelerated Consulting Training (ACT) Internasional bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Birokrasi (Kemenpan RB) atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Langkat dengan kategori nominasi nilai harmonis.

Penghargaan ini, sebut Afandin, tentu tidak terlepas dari seluruh aparatur sipil negara Pemerintah Kabupaten Langkat yang telah berupaya dan mampu menerapkan budaya kerja ASN BERAKHLAK (Berientasi, Pelayanan, Akuntanel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Dengan diterimanya penghargaan ini, Afandin yakin akan menumbuhkan semangat dan motivasi ASN Pemkab Langkat untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik secara terus-menerus dan menjadikan budaya berakhlak menyatu dalam niat, perbuatan dan tindakan bagi setiap pribadi ASN, pada akhirnya menjadi perilaku budaya yang melembaga.

Selanjutnya Afandin menyampaikan, sejak diluncurkannya CORE VALUES ASN BERAKHLAK oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 JULI 2021 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Langkat kemudian menindaklanjuti dengan sosialisasi dan bimbingan teknis serta melakukan penandatanganan komitmen penerapan CORE VALUES ASN BERAKHLAK kepada seluruh perangkat daerah, untuk berkomitmen kuat dalam membumikan berakhlak dan bangga melayani bangsa di Kabupaten Langkat.

“Perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Langkat akan terus melakukan upaya agar berakhlak tidak hanya menjadi slogan belaka, namun akan menjadikan mental dan model setiap ASN untuk membangun komitmen kebersamaan yang kuat di jajaran aparatur sipil negara untuk memiliki budaya kerja dan mengimplementasikan bangsa melayani bangsa,” tegangnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat, Afandin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada lembaga ACT di bawah kepemimpinan Ginanjar Agustian.

“Semoga lembaga ACT nantinya dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Langkat untuk CORE VALUES ASN yang berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara, Luki Alamsyah selaku Direktur Utama PT Area Bangun Bangsa yang menyerahkan penghargaan, menyampaikan pihaknya menyelenggarakan kurang lebih 100 even perbulan, atau 25 even per pekan di seluruh Indonesia.

“Kami senang menyambut kehadiran Bapak Plt Bupati Langkat dan jajarannya,” sebutnya.

Ia juga mengingatkan bahwa 27 juli 2021, Presiden Ir Joko Widodo meluncurkan ASN berakhlak dan juga ASN bangga melayani bangsa. Sejak di canangkannya dan berkordinasi Kemenpan RB, seluruh kementerian dan lembaga menyelenggarakan berbagai upaya untuk bagaimana yang diamanatkan Presiden untuk di lakukan proses yang tiada henti untuk melakukan internalisasi ASN Berakhlak.

“Pada hari ini kami di beri kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada p8emerintah Kabupaten Langkat, saya mewakili Bapak Ginanjar Agustian, merasa bangga hati menyerahkan piagam penghargaan ini,” ujarnya.

Diharapkannya, nanti kerja keras kerja hebat dari Plt Bupati Langkat dan jajaran, tidak henti detik ini , terus didengungkan, terus dilalukan upaya internalisasi sehingga mencapai dan memiliki ASN yang integritas yang siap lahir batin untuk mewujudkan Indonesia emas di 2045.

Turut mendampingi Plt Bupati Langkat Sekretaris Daerah Amril SSos MAP, Asisten Adm Umum Setda Langkat Musti, SE MSi, Staf Ahli Bid Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan H Sutrisuanto SSos MSi, Inspektur Drs Hermansyah MIP, Kepala BAPPEDA Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, Kepala BPKAD Drs M Iskandarsyah, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kabag Prokopim Mahardhika Sastra Nasution SSTP MAP dan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Beni Sukmaria Ginting SKom MAP (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Sebanyak 10 Pejabat Eselon II Pemko Medan Selesai Mengikuti PKN Tk II Tahun 2022, Asmum : Implementasikan Apa Yang Sudah Diperbuat Dalam Projek Perubahan

Nusantara

Letkol Inf M Imasfy SE Dandim 1418/Mamuju yang Baru

Nusantara

Kasus Stunting di Gayo Lues Urutan 15 dari 23 Kabupaten/Kota se-Propinsi Aceh

Nusantara

Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman, ASN Pemko Medan Ikuti Bimtek Sengketa dan Permasalahan Hukum Kontrak

Nusantara

Sandiaga Uno Buka Pesta Rakyat di Bekasi Diprakarsai Ketum Jawara Aini Kartaatmadja

Nusantara

Yunus HRD Continental Tampil Bacaleg Diduga Dibiayai Bisnis Ilegal Limbah B3

Nusantara

Kiloan Sabu-sabu Habis Terjual Perhari di Gang Pantai Medan, Masa Lebaran Semakin Besar

Nusantara

Hadiri Milad ke-92 Al Wasliyah, Afandin: Teruslah Membina & Memperbaiki Ahlak Generasi Langkat