Home / Headline

Jumat, 14 Januari 2022 - 22:19 WIB

Mencurigakan, KPK dan Kejagung Diminta Selidiki Penggunaan APBD TA 2020 dan Pinjaman Dana PEN di Taput

Daftar pengujian pengadaan kendaraan Roda 2 dan Roda 4 Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020

Daftar pengujian pengadaan kendaraan Roda 2 dan Roda 4 Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020

Penulis: Dedy Hutasoit

Taput, PERISTIWAINDONESIA.com

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung diminta segera menyelidiki anggaran yang dikelola Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) atas penggunaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020 dan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Banyak dugaan kasus korupsi terjadi pada pengadaan barang dan jasa beserta penggunaan dana pinjaman PEN,” ujar Direktur IP2 Baja Nusantara Ir I Djonggi Napitupulu, Jumat (14/1/2022) di Tarutung.

Selain itu, kata Djonggi, ditemukan juga kejanggalan, ketika semua daerah melakukan refocusing anggaran pada setiap Instansi, namun Kabupaten Taput sibuk melakukan pengadaan Kenderaan roda 2 dan roda 4, khususnya pengadaan kenderaan roda 4 untuk mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati senilai Rp2,4 milliar pada Pos Sekretariat Daerah.

Menurut Djonggi, pengadaan kenderaan roda 4 sebanyak 7 (tujuh) unit, kenderaan roda 2 sebanyak 8 (delapan) unit dengan total biaya sebesar Rp.4,1 miliar.

“Penilaian kita, Kabupaten Tapanuli Utara patut diduga tidak terdampak Covid-19, namun sangat membingungkan karena mendapatkan pinjaman PEN sebesar Rp.326 milliar dari PT SMI. Apakah ini ada kaitannya dengan OTT KPK pada Dirjen Kemendagri? Perlu juga untuk diselidiki,” ujar Djonggi.

Karena itu, Djonggi mengatakan sangat wajar pihak Kemendagri memberikan penilaian kurang Inovatif kepada Kabupaten Taput.

“Kita berharap agar KPK dan Kejaksaan Agung melakukan pengembangan atas anggaran tersebut, juga mengusut dugaan pengadaan mobil dinas pada saat Pandemi Covid-19,” tukasnya.

Terkait pengadaan kendaraan roda 4 TA 2020 pada Sekretariat Daerah Kabupaten Taput yang dilaksanakan pada masa Pandemi Covid- 19, Kabag Umum Perlengkapan Kabupaten Taput Josua Situmeang saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Ketua SBSI 1992 Jakarta Pusat Ingatkan Kemenaker untuk Berhati-hati Kepada Oknum Ngaku Aktivis Buruh, Padahal Antek Pengusaha

Headline

DPP PELITA PRABU Komitmen Menangkan Prabowo-Gibran.

Headline

Menekan Fatalitas Korban Kecelakaan, Sat lantas Polres Pelalawan Sosialisasikan “Bulan Tertib Helm 2023”

Headline

Masyarakat Bojong Menteng VII Apresiasi Kinerja PT. Kadita Bersinar

Headline

LKBH Soksi Akan Melanjutkan Proses Hukum atas Ungkapan Fitnah Mahadi yang Mengaku Oknum Soksi

Headline

Melanggar Aturan, KPU Lamsel Kenakan Sanksi Pelarangan Kampanye Selama 3 Hari Kepada Paslon Nomor Urut Dua Dan Tiga

Headline

Rustam Effendi SH MH: “Revitalisasi Pasar Kuta Bumi Demi Kepentingan Pedagang atau Pihak Ketiga?”

Headline

Ketua MPO Serikat Buruh Lenis Kogoya Minta Investasi Freeport Indonesia di Gresik Libatkan Orang Asli Papua