Home / Nusantara

Rabu, 8 Maret 2023 - 18:45 WIB

Seminar Expo Pangan Sehat 35 Digelar, Afandin Apresiasi Bitra Indonesia

Penulis: Muhammad Salim

Langkat, PERISTIWAINDONESIA.com |

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri serta membuka Seminar Expo Pangan Sehat 35 Bitra Indonesia, bertempat di Taman Kolam Renang Alam Sibayak Kelurahan Tangkahan Durian Kecamatan Brandan Barat, Selasa (07/03/2023).

Kegiatan ini mengusung Tema “Pangan Ramah Iklim Untuk Kehidupan Yang Berkelanjutan”.

Peserta seminar di ikuti oleh perwakilan binaan Bitra Indonesia Kabupaten/Kota di Sumut terdiri dari :
1. Kabupaten Langkat
2. Kabupaten Sergai
3. Kabupaten Deli serdang
4. Kabupaten Simalungun
5. Kabupaten Labura
6. Kabupaten Batubara
7.  Kota Medan
8. Kabupaten Karo
9. Kabupaten Samosir
10. Kota Binjai
11. Kota Tebing Tinggi

Badan Pembina Yayasan Bitra Job Ramat Purba ” Ada 11 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang tergabung sebagai binaan yayasan Bitra Indonesia ucapnya.

Saresehan di selenggarakan ke 35 kali, Bitra berdiri sejak tahun 1986 yang seharusnya bitra melaksanakan saresehan berjumlah 37 kali sesuai dengan di bentuknya Bitra namun 2 tahun tidak di laksanakan dikarenakan terkendala dengan pandemi covid yang melanda dunia.

Job Ramat Purba mengatakan awalnya Bitra di bentuk untuk memperdayakan masyarakat untuk meningkatkan hidup di bidang pertanian dan pedesaan yang sudah jauh dari upaya untuk menyeimbangkan dengan alam dan Keberlangsungan kehidupan masyarakat. Hari ini lapangan untuk iklim produk hasil, sesuai melindungi dan merawat bumi dengan keadaan yang renatan kami berterima kasi bapak ibu yang jaga lingkungan.

Dari awal 87 media untuk berkumpulnya kelompok untuk repleksi dan evaluasi tahun yang lewat dan menjalankan program di tahun berikutnya.

“Langkat sendiri sudah di dampingi 6 kecamatan dalam pertanian berkelanjutan, dan sareshan di Langkat juga sudah 3 kali di laksanakan dan baru ini di hadiri oleh kepala daerah, kami ucapkan terima kasih,” sebutnya.

Syah Afandin berikan apresiasi dan mengaku merasa sangat senang dengan Bitra yang hadir memberikan 1 solusi sangat bermanfaat bagi masyarakat kabupaten langkat. Langkat sendiri terdiri dari 240 Desa tentunya mempunyai problem sendiri-sendiri.

“Kita berharap 6 kecamatan yang sudah menjadi binaan Bitra nantinya, saya akan berkordinasi agar 23 kecamatan yang ada ikut menjadi anggota binaan Bitra,” ucapnya.

“Kenapa saya membutuhkan Bitra untuk kabupaten Langkat, bukan Bitra yang membutuhkan demi membentuk masyarakat sehat dan sejahtera,” tambahnya.

Syah Afandin juga berharap edukasi yang di berikan ini menjadikan awal mensosialisasikan kepada masyarakat yang lain dengan bercocok tanam mengunakan pupuk organik.

“Bagi peserta agar benar-benar di serap ilmu yang akan di sampaikan pemateri dan di terima sebaik-baiknya,” pesannya.

Turut Hadir Duta pupuk organik ASI Sukirman, Badan Pembina Yayasan Bitra Job Rahmat Purba, Direktur pelaksana bina keterampilan desa Indonesia Dra Rusdiana, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos M.SP, Kadis Lingkungan Hidup M. Harmain SSTP,Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun SSTP, Kabag Prokopim Mahardhika Sastra Nasution SSTP MAP, Plt Camat Brandan Barat, Camat Besitang, Camat Babalan, Lurah Tangkahan Durian dan Tamu Undangan (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Pakta Integritas Diminta Jadikan ASN Pemkab Langkat Netralitas & Bebas dari Intervensi Politik

Nusantara

Pemko Kembali Gelar Beranda Kreatif Medan di Halaman Kantor Wali Kota Tiap Malam Minggu

Nusantara

Nusantara

Acara Bazar Produk Unggulan UKM Kota Medan Resmi Di Tutup, Pelaku UKM Raih Omzet Hingga Rp. 3 Juta Dalam Dua Hari

Nusantara

Miliki Komitmen dan Leadership Kuat Untuk Transisi Energi, PLN Raih Green Initiative Awards 2022
Anggota DPRD Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Gede Widiada

Nusantara

Sistem Kerja Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Denpasar Harus Diperbaiki

Nusantara

Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda, Dispora Medan Helat Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan

Nusantara

Usai Disetujui DPR, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi