Home / Nusantara

Rabu, 24 November 2021 - 20:34 WIB

STIPER Petra Baliem Wamena Wisuda 45 Sarjana Pertanian

Acara prosesi Wisuda dalam Rapat Senat Terbuka STIPER-PBW, Selasa (23/11/2021) di Wamena

Acara prosesi Wisuda dalam Rapat Senat Terbuka STIPER-PBW, Selasa (23/11/2021) di Wamena

Penulis: Arny Hisage

Jayawijaya, PERISTIWAINDONESIA.com |

Rapat Senat Terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Petra Baliem Wamena (STIPER-PBW) Angkatan ke-12 Tahun Akademik 2020/2021 berhasil mewisuda 45 Sarjana Pertanian dari 2 Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis, Selasa (23/11/2021) di halaman Kampus STIPER-PBW.

Dalam acara wisuda ini hadir Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Wamena, mewakili Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Plt Sekda, mewakili TNI/POLRI, Orang Tua Wali dan undangan.

Acara wisuda berlangsung tertib dan aman sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Adapun acara wisuda ini terselenggara berdasarkan Surat Keputusan Ketua STIPER-PBW Nomor: 01.078/SKEP/STIPER-PBW/XI/2021 tentang Wisuda Lulusan Strata Satu (S1) Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Mereka adalah mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis di lingkungan STIPER-PBW yang telah selesai menempuh pendidikan dengan baik sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sekretaris STIPER-PBW Naftali Frans Rumbiak SS melaporkan total lulusan sarjana pertanian 45 orang dari 2 program studi yaitu 20 orang Prodi Agroteknologi dan 25 orang Mahasiswa dari Prodi Agribisnis.

Dari 45 para wisudawan/ti angkatan ke XII ini,  terdapat 3 orang peraih predikat Cumlaude yaitu atas nama Toromina Kogoya IPK 3,52 dari Program Studi Agribisnis dan 2 orang mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi dengan IPK 3,54 atas nama Lidia Unruwanggi dan IPK 3,52 atas nama mahasiswa Yepina Kepno dan lainnya nilai rata-rata sangat memuaskan.

Dikatakan Naftali Frans Rumbiak, selama ini para wisudawan/ti telah menempuh pendidikan di Kampus STIPER-PBW dan memperoleh ilmu sebagai bekal dan pengalaman.

“Kami berharap, ilmu bekal dan pengalaman saudara/i yang diperoleh itu akan dapat diberikan kepada orang lain dan dapat diterapkan dalam hidup ataupun pekerjaan yang akan dilakukan. Kami doakan semoga saudara/i dapat memanfaatkannya dan meningkatkan kualitas atau kompetensi kreativitas dan inovasi, juga perlu belajar dan belajar untuk semakin maju,” jelas Naftali Frans Rumbiak.

Di kesempatan itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat Dr Suriel S Mofu SPd Med TEFL MPhil atas nama lembaga LLDIKTI menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada STIPER-PBW yang telah melakukan wisuda dari 2 Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis.

“Saya atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyampaikan selamat dan sukses kepada saudara/i. Kehadiran saya disini sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat. Ini menandakan bahwa STIPER-PBW telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Negara Kita, oleh sebab itu layak untuk menyelenggarakan wisuda ini,” imbuhnya.

Menurutnya, para wisudawan/ti telah memenuhi peraturan akademik yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi STIPER-PBW berdasarkan Standar Nasional sehingga pantas diberikan gelar kesarjanaan sebagai Sarjana Pertanian.

“Saya melihat barisan yang berdiri tadi, sampai dengan mengikuti prosesi, lalu Air Mata saya jatuh menetes karena Lulusan Sarjana 100% Hitam Kulit dan Keriting Rambut. Saya baru temukan itu hari ini, Luar Biasa STIPER-PBW,” pujinya.

Menurutnya, ijazah yang dikeluarkan oleh STIPER-PBW memiliki identitas Ijazah Nasional yang diakui dan diterima oleh seluruh Indonesia.

“Ijazah dan gelar saudara/i dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri,” timpalnya.

Diharapkannya, lulusan Sarjana yang telah diwisuda ini dapat meningkatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah diperoleh dari STIPER Petra Baliem Wamena untuk ditingkatkan lagi, terutama di Sektor Pertanian.

“Supaya ke depan dari Wamena ini kita akan memproduksi hasil-hasil Pertanian yang harus dikirim ke seluruh Tanah Papua. Misalnya sayur kol, wortel, kentang dan berbagai tanaman lainnya yang dihasilkan dari sini. Itu akan bisa memenuhi pasar-pasar tradisional di seluruh Tanah Papua dan juga diluar Papua,” kata Dr. Suriel Mofu.

Perwakilan Pemkab Jayawijaya Plt Sekda Drs Tinggal Wusono MAP menyampaikan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemerintah daerah, karena STIPER-PBW dapat mewisuda untuk yang ke-12 kalinya.

“Kami berharap kepada mahasiswa yang sudah diwisuda, jangan mengharapkan hanya Pegawai Negeri Sipil saja, tetapi masih banyak pekerjaan diluar PNS, terutama di bidang sektor Pertanian. Jadilah mandiri dan kembangkan sesuai dengan ilmu yang saudara dapatkan dari kampus STIPER-PBW,” tandasnya (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Wujudkan Anak Didik yang Beriman, TPQ Al Amin Wassalamah Resmi Dibuka

Nusantara

Kepsek SMKN 7 Kota Bekasi Akui Pungut Uang Pada Siswa Untuk Bangun Sekolah

Nusantara

Nelayan Harapkan DPR dan Pemerintah Bali Turun Ke Pantai Sekeh Dengar Aspirasi Masyarakat

Nusantara

LEMASKO Gugat Gergorius Okoare Cs Karena Diduga Melakukan Perbuatan Melawan Hukum

Nusantara

Staf Ahli Menko Polhukam: Pelaksanaan PSN Perlu Dapat Atensi Bersama

Nusantara

Beri Ruang Berekspresi, Bobby Nasution Jadikan Ekonomi Kreatif Kekuatan Baru di Medan

Nusantara

Forkopimda Sulut Saksikan Pembukaan Segel Surat Suara Pilkada 2020

Nusantara

Bupati: Pemotongan Tunjangan Aparat Desa di Lamsel Karena Refocusing Anggaran Sekitar Rp 120 Miliar Untuk Penanganan Covid-19