Home / Nusantara

Jumat, 8 September 2023 - 10:41 WIB

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Siaga Hadapi Musim Hujan.

Peristiwa Indonesia.com.

Penulis : Sahiluddin Lumban Gaol

Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Adiministrasi Jakarta Timur Siaga dalam menghadapi musim hujan, hingga dampak terjadinya banjir Tahun ini. Aktifitas difokuskan pada upaya perbaikan segala saluran air agar dapat berfungsi maksimal. Sehingga dalam musim hujan nanti, luapan air semaksimal mungkin dapat dikendalikan.

Kasudin SDA Jakarta Timur Wawan Kurniawan yang ditemui Peristiwa Indonesia Jum’at (8/9) di kantornya mengungkapkan, Kegiatan saluran air tahun ini adalah kegiatan saluran tehnik, sebagaimana telah terlihat dilaksanakan diberbagai titik wilayah Jakarta Timur.

Sejalan dengan kegiatan proyek Pembangunan infrastruktur, pihak SDA Jakarta Timur juga mengefektifkan fungsi Satgas Biru dalam mengantisipasi terjadinya penyumbatan pada saluran air yg sudah ada. Dengan saluran tehnik (U-dick) ini tentunya akan lebih sempurna untuk menahan tekanan air. Sehingga lebih meminimalisir dampak resiko nya, sebagaimana kegiatan yang dulu sudah dilakukan, salah satunya Daeran Ciracas- Cipayung.

Dikatakan, di DKI Jakarta, SDA Timur adalah wilayah yang paling banyak membangun waduk yang difungsikan untuk penahan terjangan banjir dikala musim hujan tiba. Sebagaimana adanya tiga saluran kali besar yang berperan menyalurkan terjangan banjir, maka untuk antisipasi banjir di permukiman, saluran akan dirobah menjadi saluran tehnik / U-Dick agar tidak mudah tergerus oleh tekanan banjir.

Kasudin menambahkan, dengan adanya proyek pengadaan empat pintu air,  yang berlokadi di Jalan Masjid Al Umar 2, Lubang Buaya, tepatnya di kali Molek atau kali Sunter ada dua pintu air yang akan dipasang. Kemudian di Jalan Pagelarang 1, Lubang Buaya.

Demikian juga kegiatan Saluran Penghubung Pinang Ranti di Jalan Pulma, Makasar, akan dipasang dua pintu air. Lokasi lainnya di kawasan Tong Tek, simpang Jalan Inspeksi kali Ciliwung dengan Jalan Raya Jatinegara Barat.

Adanya sarana infrastruktur tersebut, tentunya akan lebih optimal dalam mengatasi luapan air hujan, dan kemungkinan terjadinya banjir. (Red).

 

Share :

Baca Juga

Nusantara

TP PKK Langkat Kembali Lakukan Pembinaan Aku Hatinya PKK di Desa Padang Berahrang

Nusantara

SOKSI Binjai dan Relawan Menangkan Mangihut Sinaga Menuju DPR RI

Nusantara

Pelatihan FKDM Diharapkan Cegah Kemunculan Konflik

Nusantara

Sebabkan Kemacetan Parkir Liar Dipasar Wanahaerang Dikeluhakan Penguna Jalan

Nusantara

Peringati Hari Santri, Plt Bupati Langkat: Santri Selalu Aktif pada Perjuangan Kemerdekaan

Nusantara

Hadiri Peringatan HANI 2O23, Syah Afandin Dianugerahi Piagam Penghargaan BNNK Langkat

Nusantara

Dialog SUAR Sumut, Bobby Nasution: Dekatkan Jarak Pemerintah & Masyarakat Wujudkan Birokrasi Gercep

Nusantara

Boyong 6 Medali Emas, 2 Perak & 3 Perunggu, Tapak Suci Langkat Audiensi ke Syah Afandin