• Ming. Sep 24th, 2023

Amanah Ketua Besar LMA Dr Lenis Kogoya MHum, LMA Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Adat

ByMarjuddin Waruwu

Jan 16, 2023

Penulis: Marjuddin Nazwar

PULAU BIRU, PAPUA – PERISTIWAINDONESIA.com

Bendahara Koordinator Wilayah (Korwil) LMA Papua Barat Maria Rudihorna didampingi wakilnya melakukan diskusi dengan Dewan Adat Papua Barat (DAP).

Hal itu saat di kutip dari Khanal YouTube Suara Adat LMA Papua, bahwa dalam pertemuan tersebut, Wanita/perempuan Papua tersebut sedang gencar memprioritaskan kepentingan masyarakat Adat Papua khususnya di Papua Barat.

Saat di konfirmasi Perempuan asal suku Sogh itu dengan semangat tinggi menyampaikan beberapa poin penting di pertemuan temu ramah dengan Henoch Is Rumansara, sekertaris Dewan Adat Papua Barat (DAP).

Hal tersebut diungkapkan oleh Maria sapaan akrabnya.

Temu ramah Maria Rudihorna bendahara LMA Papua Barat dengan Dewan Adat Papua Barat berlangsung hikmat.

Pertemuan tersebut di Cafe ‘Kau Pikir Sendiri’ berada di tengah Perumahan Pulau Biru, pada Minggu (12/01/2022).

Dikatakan Maria sesuai maksud dan tujuan berdirinya LMA Papua yaitu Melindungi, Membina, Melestarikan Masyarakat Adat dengan adat dan istiadat budaya.

Lalu sesuai amanah dalam Akte Pendirian disebutkan juga LMA dapat mengelola kekayaan alam berdasarkan kearifan lokal untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“LMA Papua untuk papua barat akan mendorong masyarakat papua pada umumnya dan papua barat khususnya untuk ikut aktif dalam proses pembangunan, memperjuangkan hak masyarakat adat menyatukan aspirasi ”

Henoch Is Rumansara, sekertaris DAP Papua mengapresiasi pengurus LMA Papua untuk Papua Barat dibawah kepemimpinan Ketua Besar Bapak Lenis Kogoya selaku Ketua Umum LMA Papua yang telah turut serta melakukan perkembangan untuk peran anak adat demi peningkatan dan kemajuan Papua Barat.

Dikatakannya bahwa LMA yang sebelumnya ada di Papua Barat ini di bawah kepemimpinan Maurut Saiba tidak ada pernah melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

“Saya selaku sekertaris Dewan Adat Papua Barat tidak pernah melihat adanya koordinasi atau kedekatan LMA Papua Barat yang sebelumnya kepada tokoh-tokoh adat dan masyarakat. Untuk itu saya mendukung penuh LMA yang baru di bawah kepemimpinan pusat Bapak Lenis Kogoya dan Koordinator wilayah Papua untuk Papua Barat dipimpin Bapak Imanuel Horna selaku ketua koordinator wilayah Papua Barat,” imbuhnya.

Harapannya LMA yg baru ini di papua barat bisa berkomunikasi dan berkordinasi dengan semua pihak yang ada di papua barat ini sehingga kita bisa tau persis apa apa yg perlu kita kembangkan berkaitan dengan keperluan dan kepentingan masyarakat setempat.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *