Home / Nusantara

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Wabup Lombok Utara Buka Pameran Keliling Museum Negeri NTB

Penulis: Budi Utomo

LOTARA, PERISTIWAINDONESIA.com |

Pameran Keliling Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022 mengusung tema “Warisan Alam Dan Budaya Sebagai Sumber Sejarah Serta Ilmu Pengetahuan”, resmi dibuka Wakil Bupati Lombok Utara (Lotara) Danny Karter Febrianto Ridawan ST MEng, Selasa (23/8/2022) di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Tampak Hadir juga
Wakil Ketua DPRD Lotara H Burhan M Nur SH, Wakapolres Lotara Kompol Samnurdin SH, Pabung Dandim Mataram Letkol INF Ibnu Haban, Asisten I Setda Lotara Drs H Raden Nurjati, Staf ahli Bupati  Bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan H Simparudin SH, Kepala Dinas Perpustakaan NTB, Kepala Museum NTB, Kepala UPTD Dikbud NTB H Lalu Rudi, Ketua TP-PKK Lotara Hj Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Danny Karter Febrianto menyampaikan pameran keliling Museum Negeri NTB ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat  guna ikut berpartisipasi memamerkan koleksi kepada para pengunjung.

Adapun koleksi yang dipamerkan pada kegiatan tersebut berupa 10 katagori yakni koleksi geologi, Biologi, arkeologi, historikal, filologika, numismatika, heraldika, seni rupa dan teknologika.

“Kesepuluh jenis koleksi museum ini dikombinasikan dengan koleksi milik masyarakat yang juga turut di pamerkan,” tutur Wabup.

Diharapkannya, kegiatan ini akan dapat menjadi mutiara sejarah dengan sejuta maslahat untuk daerah bangsa dan negara dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika bersatu padu dalam inovasi dan karya untuk kemajuan daerah di masa mendatang.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Dikbud NTB H Lalu Rody Karyawan SPd mengatakan sejarah ilmu tidak mudah didapatkan dari para leluhur. Karena itu, Museum sebagai lembaga untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

“Hal ini tidak bisa kita lakukan sendiri, butuh kerja sama dengan para peneliti,” terangnya.

Pada kesempatan itu Ketua Panitia Pamaren museum keliling Bunyamin SS MHum mengucapkan terima kasih kepada Pemda Lotara, khususnya Dinas Perpustakaan dan Arsip yang juga ikut menyukseskan kegiatan museum keliling ini.

“Ada tiga bentuk pemeran yang dilakukan oleh pihak museum Negeri NTB yakni pameran tetap, pameran temporer dan pameran keliling. Dan ada 110  koleksi yang dibawa dari museum NTB,” tuturnya.

Diharapkannya kepada masyarakat Lombok Utara untuk ikut berpartisipasi pada pameran keliling museum Tahun ini.

Pameran berlangsung dari tanggal 23 sampai 26 Agustus tahun 2022 (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Anak Dibawah Umur Keciduk Tim Opsnal 4.0 Sat Resnarkoba Polresta Mamuju Saat Nyabu

Nusantara

Staf Ahli Menko Polhukam: Pelaksanaan PSN Perlu Dapat Atensi Bersama

Nusantara

Setelah Apel Pagi Personil Polres Polman Galang Dana untuk Korban Kebakaran

Nusantara

Di Upacara HUT Kota Medan Ke-432, Bobby Nasution Minta Dukungan TNI & Polri  Tangani Stunting

Nusantara

Plt Bupati Langkat Kukuhkan 58 Anggota Paskibraka

Nusantara

Cegah Terjadinya Kemacetan, Satpol PP Kota Medan Secara Rutin Menghimbau Pedagang Pasar Sei Kambing dan Pasar Kampung Lalang Untuk Tidak Berjualan Diatas Badan Jalan

Nusantara

Pemkab Langkat Beri Peringatan Pindah Ternak Babi dan Bebek di Perdamaian Stabat

Nusantara

Memasuki Hari Ketiga, Tim SAR Mamuju Belum Temukan Korban Tenggelam di Sungai Lembang-lembang