• Sel. Apr 23rd, 2024

Danrem Dan Sultan Hadiri Resepsi Pernikahan Putra Temunggung Sangon

Byabed nego panjaitan

Jan 12, 2021

Penulis: Khoirizal-Dede Ahmad

LAMSEL, PERISTIWAINDONESIA.com |

Sultan Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung Pangeran Edwardsyah Pernong dan Danrem Garuda Hitam Brigjend TNI Toto Jumaryono menghadiri resepsi pernikahan Putra Temunggung Sangon Drs Hariri dikenal juga Punggawa Paksi Deduk Pisang Marga Dantaran, Senin (11/01/2021) di desa Pisang Marga Dantaran Kecamatan Penengahan kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Pasangan pengantin Muhhammad Erlangga Tagalumbang SArs Bin Drs Hariri dengan Dwi Rosida SArs Binti H Thaipurizam SSos.

Prosesi adat di Marga Dantaran ini memakai adat Lapahan Saibatin yang sudah turun temurun dijalankan Kerajaan.

Hajatan atau disebut juga Tayuhan ini dibuka dengan serah terima tangguh, yaitu cica kesetiaan dengan memainkan senjata Pusaka dan Payung Kuning sebagai Payung tanda kebesaran Saibatin, diiringi silat Piccak Lappung Takhi Melayu.

Prosesi adat ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, dengan tetap memeriksa suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan selalu menjaga jaga jarak.

Pantauan Awak Media, Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Brigjend Pol Drs H Pangeran Edwardsyah duduk disebelah Pernong, sedangkan Danrem dan para kerabat lainnya atau disebut juga Puakhi duduk ditengah dan di hadapannya tersedia Pahakh Talam Khanggal.

Sementara di sebelah Kanan Hejongan Saibatin duduk Lima Marga Wayhandak Kalianda beserta Gusti Batin Yani. Di sebalah kiri hejongan duduk Empat Paksi Marga Dantaran yakni Paksi Tiyuh, Paksi Deduk, Paksi Kunyayan dan Paksi Khuguk Sumokh.

Di dalam sambutannya, Danrem Garuda Hitam Lampung Brigjend TNI Toto Jumaryono mengaku bangga bisa turut serta bersama Pangeran Edwardsyah Pernong menghadiri prosesi adat Kerajaan yang sakral, apalagi bisa bersilaturahmi dengan masyarakat adat Saibatin Lima Marga.

Dalam amanatnya Paduka Yang Mulia SPDB Pangeran Edwardsyah Pernong mengaku sangat bangga lantaran dapat melestarikan tradisi kebesaran adat marga Dantaran.

“Saya sangat hanggum (bangga) karena kita tetap menjaga adat leluhur kita secara turun temurun, dimana kita selalu mengedepankan ragom (ragam) mupakat dan persatuan,” ujar Pangeran Edwardsyah Pernong.

Pangeran Edwardsyah Pernong juga sangat mendukung kegiatan Pangeran Naga Bringsang V selaku Pewaris Saibatin Marga Dantaran untuk tetap melaksanakan prosesi adat dan menjalankan Anjaw Silau ke Paksi-paksi Marga Dantaran.

“Dan saya juga sangat hanggum (bangga) kepada Lima Saibatin Wayhandak karena bisa bersatu dan turut serta membesarkan Adat Saibatin Wayhandak,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Ahmad Fajirin Pangeran Naga Bringsang V Marga Dantaran mengucapkan terima kasih atas suksesnya acara prosesi adat tersebut.

Bupati Lamsel H Nanang Ermanto yang didampingi para Kadis dan Asissten terlihat ikut serta dalam prosesi adat Tayuhan Adat Marga Dantaran itu.

Para tamu undangan disuguhi pertunjukan seni budaya yang sangat meriah, seperti Takhi (tari) Sembah, Takhi (tari) Bedana dan silat Piccak Lappung Takhi (tari) Melayu, Kenungam Bukhung Iking, yang langsung diiringi peralatan musik tradisional (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *