Home / Infrastruktur

Jumat, 1 Januari 2021 - 21:25 WIB

Jelang Malam Pergantian Tahun Baru, Kendaraan di Pelabuhan Ajibata Menumpuk

Penulis: WH Butarbutar

Toba, PERISTIWAINDONESIA.com |

Menjelang malam pergantian Tahun Baru 2020 Ke 2021 antrian ratusan kendaraan pribadi yang hendak menyeberang menuju kabupaten Samosir menumpuk di Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan Ajibata, kecamatan Ajibata, kabupaten Toba, Kamis (31/12/2020).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Sumatera Utara Batara ST Pardede ketika dikonfirmasi jurnalis media ini menyampaikan, antrian yang didominasi ratusan kendaraan pribadi dari luar Sumatera Utara telah terjadi dua hari terahir ini, dan hari ini merupakan puncak arus mudik 2020,” ujar Batara ST Pardede

Batara menyampaikan setiap kendaraan yang sudah mengantri di Pelabuhan Ajibata maupun yang masih berada diluar pelabuhan akan diseberangkan seluruhnya tanpa tertinggal satu pun, namum para pemudik harus rela mengantri

“Kita juga mengajak para pemudik yang hendak menyeberang menuju kabupaten Samosir agar tertib dan tidak saling menyerobot parkiran dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19,” pintanya

Batara mengimbau pengguna jalan supaya saling mengerti karena jumlah kendaraan yang padat menimbulkan kemacetan di Jalan Ajibata-Pelabuhan Ajibata dan kondisi seperti ini telah terjadi sejak pagi hari dan kemungkinan akan berlangsung lama.

“Kita juga menyarankan Kepada para pemudik yang ingin menuju kabupaten Samosir agar memilih jalur anternatif, salah satunya dengan menaiki Kapal Motor Penyeberangan,” harapnya.

Selain itu, para pemudik juga dapat menggunakan Jalan Darat melalui Parapat-Siborong Borong masuk Ke Dolok Sanggul Keluar di Tele Kabupaten Samosir.

Pantauan kru peristiwaindonesia.com di Kota wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, arus lalulintas menuju Kawasan Danau Toba tepatnya digerbang Kota wisata Parapat tampak padat, namun tetap lancar.

Kendaraan tersebut didominasi mobil pribadi dari luar Sumatera Utara munuju Pelabuhan Kampal Motor Penyeberangan yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Tampak volume kendaraan yang melintas di sepanjang jalan Pematangsiantar-Parapat khususnya menuju Parapat dan Kecamatan Ajibata sudah mulai padat dan diperkirakan 400-500 unit perjam dan sebaliknya dari Parapat-Pematangsiantar 100-200 unit perjam dan dominan kendaraan pribadi termasuk dari luar daerah.

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik F Aritonang ketika dikonfirmasi menyampaikan arus lalu lintas menuju Parapat dan sebaliknya ramai dan lancar. Karena itu, pihaknya tetap mengatur kendaraan agar tidak terjadi penumpukan di jalan utama Sisingamangaraja Parapat.

AKP Hendrik juga menjelaskan, kondisi arus lalulintas di lokasi jalan yang longsor tepat di daerah Nagori Pondok Bulu aman dan terkendali karena kedua jalur arus lalulintas sudah dapat dilalui kendaraan.

“Kepada para pengemudi, kita mengimbau agar pengendara tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu berlalulintas, jika merasah kecapekan supaya beristirahat di tempat yang aman dan jangan memaksakan diri jika merasa sudah mengantuk dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus Corona,” pesan Hendrik F Aritonang (*)

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

Syah Afandin Terima Aset Air Minum & Sanitasi Kementerian PUPR

Infrastruktur

LSM GMBI Lamsel Temukan Proyek Diduga Tak Sesuai RAB

Infrastruktur

Mobil Kijang Inova Tabrak Sepeda Motor di Jalan Lintas Kotacane

Infrastruktur

Desak Inspektorat, Diminta Evaluasi Pembangunan TPS 3R Ciracas Sarat Pengurangan Volume

Infrastruktur

Laporan Kepada Bupati: Proyek Pengaspalan Jalan di Desa Tanjung Heran Kecamatan Penengahan Diduga Dikerjakan Asal Jadi

Daerah

Pembuatan Tanki Septik Individual di Kota Sibolga Disoroti Masyarakat.

Infrastruktur

Kapolda Lampung Resmikan Gedung Mapolres Lampung Selatan

Energi

Pohon Gaharu Dirusak Operator Sensor PLN, Kuasa Hukum Parno Somasi PLN UP3 Mamuju