Home / Daerah / Infrastruktur / Nasional

Sabtu, 16 Desember 2023 - 11:18 WIB

Masyarakat Puas, Pembangunan TPT dan Bronjong Das Peusangan Telah Usai Dikerjakan

Bener Meriah, Peristiwaindonesia.com

Pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dan bangunan bronjong yang berada di sungai Das Peusangan, tepatnya di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah telah usai dan rampung dikerjakan.

Sebelumnya, masyarakat yang berada di bantaran sungai Das Peusangan yang menjadi korban oleh gerusan air pada dua tahun silam, kini merasa lega dan sangat berterima kasih dengan telah dibangunnya Tanggul Penahan Tanah (TPT) oleh Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pengairan Aceh.

Salah satu warga Yulipa (47), korban yang terkena dampak parah hingga sisi tebing rumahnya longsor disebabkan abrasi oleh gerusan air Das Peusangan kala itu, dirinya pun harus rela dan pasrah karena dapur dan kamar mandi miliknya terbawa oleh sapuan longsor saat air meluap.

“Alhamdulillah dibelakang rumah saya telah dibangun Tanggul Penahan Tanah (TPT) disertai bronjong.”

“Saya sangat berterima kasih atas pembangunan itu,” ucapnya kepada media ini Jumat 15 Desember 2023.

Demikian pula dengan penuturan Wak Juki (59), warga yang sempat membongkar rumah nya saat air Das Peusangan meluap hingga mendekati rumahnya akibat gerusan tanah longsor.

Dirinya mengatakan, jika pembangunan TPT dan Bronjong itu sudah sangat membantu warga yang rumahnya berdekatan dengan bantaran sungai Das Peusangan, dan kami sangat bersyukur sekali, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jamur Ujung, Irfan (61) yang juga didampingi Kapala Dusun Mekar Utama, Musliadi (45), saat ditemui media ini terkait isu dugaan adanya penggalian didalam sungai untuk kepentingan proyek tersebut dirinya menjelaskan, sepengetahuan saya dalam pengerjaan proyek pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dan Bronjong itu didatangkan langsung dari luar oleh pihak rekanan.

“Dilokasi pun terlihat alat berat telah membuat akses jalan agar Dumtruk pengangkut material mudah melintas ke lokasi pengerjaan itu,” jelas Irfan Reje Kampung Jamur Ujung yang juga diamini oleh Kepala Dusun setempat.

“Saya selaku Reje Kampung Jamur Ujung sangat berterima kasih atas perhatian pemerintah Aceh melalui Dinas Pengairan Aceh yang telah membantu masyarakat terhadap pembangunan Tanggul Penahan Tanah.”

“Harapan saya semoga masih ada lanjutan pembangunan perkuatan tebing sungai untuk kedepannya. Karena masih ada beberapa titik lokasi pemukiman dan kebun masyarakat lainnya yang masih curam dan itu butuh perhatian pembangunan,” harap Irfan Reje Kampung Jamur Ujung itu. (Evi)

Share :

Baca Juga

Infrastruktur

Kapolres Pelalawan Bersama Ketua Cabang Bhayangkari Pelalawan Berikan Bantuan Kepada Puluhan Keluarga Yang Terkena Dampak Luapan Air Sungai Kampar

Daerah

Polres Sibolga – Sumut Giat Patroli Asmara Subuh Antisipasi Gangguan Kamtibmas.

Daerah

Pj. Bupati Tapteng Bebas Tugaskan Kadis Kesehatan, Karena Diduga Kuat Potong BOK dan Jaspel 50 % Selama 6 Tahun.

Daerah

STQ XXVI Halsel Ditutup, Kecamatan Obi Raih Juara Umum

Daerah

Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy ; Program Bantuan Tambak Udang Klaster ini Harus Dikelola Maksimal, Dan Jadi Contoh Bagi Kabupaten Lain.

Headline

Pencipta Lagu ILUSI Marcel Resmi Launching Single Album, Mengkisahkan Tentang Percintaan

Daerah

Tugas Bersama Mempersiapkan Generasi Emas Anak Bangsa

Infrastruktur

Babinsa dan Masyarakat Bergerak Cepat Bersihkan Tanah Longsor yang Sempat Memutus Akses Darat di Dua Kecamatan