Home / Headline

Jumat, 2 April 2021 - 17:43 WIB

Panen Raya Cabai di Lahan Polairud Congot Kulon Progo. Dari Lahan Kosong Disulap Jadi Lahan Produktif

Panen Raya Cabai: Kapolda DIY beserta Pejabat Utama lainnya sedang panen raya cabai, Kamis (1/4/2021)

Panen Raya Cabai: Kapolda DIY beserta Pejabat Utama lainnya sedang panen raya cabai, Kamis (1/4/2021)

Penulis: Eko Rihantoro

Kulon Progo, PERISTIWAINDONESIA.com |

Panen raya cabai di lahan Pos Polairud Congot, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo oleh Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar MSi dan Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Yefta Sangkakala SSos dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, Kamis (1/4/2021).

Dir Polairud Polda DIY Kombes Pol Nurodin SIK mengatakan bahwa ketahanan pangan merupakan program nasional, untuk itu Polairud Congot memanfaatkan lahan seluas 2.000 meter persegi ditanami 14 ribu batang cabe dengan perkiraan hasil panen sebanyak 1,5 kwintal.

“Hasil panen cabai tersebut akan kami bagikan kepada masyarakat sekitar.  Kami berharap apa yang kita lakukan dapat memotivasi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada. Ke depan Polairud juga akan mengembangkan tanaman lain dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar markas,” kata Kombes Pol Nurodin.

Baca Juga  Maling Lembu Ditangkap Warga Lantaran Kehabisan Bahan Bakar Sepeda Motor

Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Yefta Sangkakala SSos menyampaikan bahwa panen cabai di Pos Polairud Congot ini merupakan kedua kalinya, panen pertama pada bulan maret tahun lalu.

Mahalnya harga cabai, menurutnya, menjadi pembahasan atau wacana di tingkat nasional. Hal tersebut mungkin disebabkan pasokannya berkurang atau sebab-sebab lain, yang saat ini juga sedang diselidiki oleh tim mafia pangan Mabes Polri dan Polda.

“Mudah-mudahan panen cabai ini bermanfaat, ini merupakan kegiatan positif yang dicanangkan juga oleh pemerintah pusat, guna membantu masyarakat dalam situasi pandemi Covid -19 ini, walaupun dalam skala kecil.  Semoga apa yang kita lakukan ini diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan dicatat sebagai amal kebaikan,” jelas Letkol Yefta Sangkakala.

Baca Juga  Ormas Indonesia Bersatu Tiga Pilar Kutuk Keras Pembakaran Gereja dan Pembunuhan Empat Jemaat di Sigi

Acara dilanjutkan dengan panen cabai secara simbolis oleh Kapolda DIY beserta pejabat lainnya, dilanjutkan penyerahan bantuan kepada masyarakat pesisir dan para pedagang angkringan.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda DIY beserta Pejabat Utama, Dir Polairud Polda DIY, Pasops Lanal Yogyakarta, Bupati, Kapolres, Kadis Ops Satradar 215/Congot, Kadistan, Danramil dan Kapolsek Temon Kabupaten Kulon Progo serta perwakilan masyarakat (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Jhoni Allen Marbun Ungkap SBY Tak Berkeringat dan Berdarah di Demokrat. Partai Dinasti, Istri Jadi Waketum, Anak Jadi Sekjen

Headline

Pelaku Usaha Mikro di Gunungsitoli Minta BRI Jangan Persulit Penyaluran Dana KUR

Headline

(K) SBSI Minta Pemerintah Libatkan Buruh Dalam Program Implementasi Industri 4.0

Headline

Jokowi Dinilai Kejam Karena Berpihak Kepada Investor

Headline

Kendati Perkantoran Libur, Ratusan Mahasiswa Bener Meriah Demo Tolak Omnibus Law

Headline

Ketua LMA Berharap Polemik Sekda Provinsi Papua Jangan Dijadikan Sebagai Objek Politik

Headline

Human Trafficking Watch Desak Pemerintah Bantu Pemulangan 84 Pekerja Migran Yang Terlantar di Solomon Islands

Headline

Kejagung, KPK dan Polri Dikumpulkan, Penyalahgunaan Dana Otsus Papua Akan Diusut