Home / Nusantara

Jumat, 3 Maret 2023 - 16:25 WIB

Pemkab Harap PDAM Tirta Sejuk Sumbang PAD

Penulis: Japar Sidik

Gayo Lues, PERISTIWAINDONESIA.com |

PDAM Tirta Sejuk di harapkan bisa berkontribusi pada PAD di Gayo Lues. Mengingat PDAM Tirta Sejuk merupakan salah satu lembaga milik Pemerintah Daerah. bila sudah ada keuntungan sudah sewajarnya menjadi salah satu sumber PAD bagi Kabupaten Gayo Lues. mengingat saat ini sumber PAD Gayo Lues masih sangat minim. Sebut Plt. Sekda Gayo Lues Ir. Bambang Waluyo pada HUT PADM Tirta sejuk yang ke 19 di kantor PDAM jln Kol Mahmuddin pada kamis 02/03/23.Dalam hal ini Plt Sekda Bambang Waluyo menyebutkan, melihat dari berbagai program yang sudah dijalankan sangat optimis PDAM akan mengalami peningkatan. Dan bisa menjadi sumber PAD daerah. Dari beberapa Sumber air milik PDAM sumber yang ada di Sungai Kong memerlukan perlakukan khusus. PDAM yang konotasinya sebagai sumber air komsumsi bisa di komsumsi bukan saja untuk mencuci dan mandi,tuturnya.
Diharap PDAM terus berbenah diri berkolaborasi dengan berbagai lembaga sehingga proses penjernian air itu dapat dilakukan. Berbagai sarana dan prasaran ditingkatkan. Kepada masyarakat pelanggan air Tirta Sejuk juga diharapkan bisa membayar tagihan air tepat waktu. Sehingga dapat dimamfatakan untuk biaya operasional perawatan dan juga selebihnya bisa menjadi PAD daerah.
Terkait dengan belum bisa berkontribusi terhadap PAD Gayo Lues Direktur PDAM Tirta Sejuk Muhammad Ali. ST menjelaskan,pembayaran tagihan air PDAM belum bisa mencapai target. Dari 5.300 lebih pelanggan yang membayar tagihan perbulanya hanya 35 persen saja selebihnya masih menunggak. Selain itu untuk menyumbang PAD Daerah harus ada dasarnya aturanya . sejauh ini aturannya atau qanunnya masih dalam proses.Di jelaskanya,dari segi fasilitas sarana dan prasana khusunya sarana perpipahan sudah standar. Namun dari segi pengolahnnya belum maksimal . PDAM masih membutuhkan bantuan Pemerintah Daerah guna membangunan pengolahan air yang memenuhi standar air bersih.Adapun Ustad Pane salah satu penceramah pada HUT PDAM Tirta Sejuk menyampaikan air merupakan kebutuhan bagi manusia.Dimanapun tanpa air kita tidak bisa hidup.Untuk itu diharap kita bersyukur karena diberihkan kemudahan air bisa masuk datang ke rumah kita. Ustad juga mengingatkan agar masyarakat pelanggan air agar membayar air PDAM jangan sampai tidak bayar, Karena air digunakan untuk minum dan kegiatan sehari hari,paparnya.(*).

Share :

Baca Juga

Nusantara

Kakan Kemenag Taput Kunjungi Majelis Buddhayana Indonesia

Nusantara

Orang Tua Anak Tenggelam di Kalangan Minta Bantuan Pimpinan DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori

Nusantara

Wakil Wali Kota Medan : Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Menguntungkan Masyarakat

Nusantara

Ketua SOKSI Kecam Pernyataan Oknum Politisi Partai Golkar Misbakhun Dukung Ganjar

Nusantara

Amanah Ketua Besar LMA Dr Lenis Kogoya MHum, LMA Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Adat

Nusantara

Kapolda Lampung Akan Tindak Tegas Aksi Genk Motor atau Tawuran

Nusantara

GANN Kolaka Sosialisasikan Pencegahan Dan Penyalahgunaan Narkoba

Nusantara

Polda Sulut Sosialisasikan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pam Swakarsa