Home / Kesehatan

Selasa, 12 Desember 2023 - 21:30 WIB

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Bupati Nina: Pembangunan Harus Melibatkan Warga

Penulis, Sahiluddin Lumban gaol

Indramayu, Peristiwa Indonesia.com
Pemkab Indramayu melalui Dinas Sosial menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2023 sebagai bentuk kepedulian, komitmen serta dukungan yang dilakukan pemerintah daerah kepada para penyandang disabilitas.

Bertempat di Aula Universitas Wiralodra Indramayu, Selasa (12/12/2023), acara yang dibuka secara langsung Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina yang didampingi Pj. Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat berlangsung meriah dengan diisi oleh beragam penampilan kolaborasi dari sekolah-sekolah luar biasa yang tersebar di Kabupaten Indramayu dan seluruh kelompok penyandang disabilitas se-Kabupaten Indramayu.

Turut hadir pula Forkopimda Kabupaten Indramayu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Indramayu, Didi beserta Jajaran, Ketua NPCI Kabupaten Indramayu, Suprayitno Beserta Jajaran, Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Indramayu, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Nina menyampaikan, penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai kedudukan, hak, kewajiban, serta peran yang sama dengan masyarakat lainnya dalam kehidupan dan penghidupannya, termasuk keterlibatan dalam pembangunan berkelanjutan.

Dengan demikian, sejalan dengan tema hari disabilitas yakni “Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan Dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk dengan dan oleh Penyandang Disabilitas”, Bupati Nina berharap penyandang disabilitas di Kabupaten Indramayu dapat saling menguatkan dan bersatu dalam mencapai tujuan tersebut.

“Saya mengucapkan selamat memperingati hari disabilitas internasional, semoga dengan peringatan hari disabilitas internasional ini dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saudara-saudara sekalian,” ucapnya.

Disampaikan Bupati Nina, selama kurun waktu 2021-2023, Pemkab Indramayu telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk memenuhi kebutuhan dan hak penyandang disabilitas seperti pemberian hadiah/bonus bagi penyandang disabilitas yang berprestasi dalam bidang olahraga, pemberian alat bantu disabilitas serta bantuan dan kegiatan sosial lainnya.

Melalui momen Hari Disabilitas Internasional tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2023, diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kemandirian para penyandang disabilitas dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Indramayu.

“Semoga ini menjadi motivasi untuk kita dapat bersama memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan di daerah kita tercinta ini,” ujarnya.

Usai, membuka acara Peringatan Hari Disabilitas, Bupati Nina juga secara simbolis menyerahkan alat bantu disabilitas bagi para penyandang disabilitas berupa alat bantu dengar dan alat bantu berjalan seperti kruk dan kursi roda sehingga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Red. Tim

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemilik Tanah Kecewa, BPN Nias Gagal Mengukur Tanah Pemohon

Daerah

Pj. Sekdakab Tapanuli Tengah Resmi Buka Kegiatan Aksi 1 Penurunan Stanting

Daerah

Satu-satunya di Pulau Sumatera, Balai diklat Basarnas akan dibangun di Langkat.

Daerah

BPD se-Tapanuli Tengah Ikuti Diklat Peningkatan Kapasitas Kerja.

Kesehatan

Polsek Serbelawan Bersama Muspika Gelar Razia Masker

Daerah

Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy ; Program Bantuan Tambak Udang Klaster ini Harus Dikelola Maksimal, Dan Jadi Contoh Bagi Kabupaten Lain.

Daerah

Pj. Bupati Tapteng Lantik Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemkab Tapteng

Daerah

Aliansi Masyarakat Anti Penindasan Demo ke Pengadilan Negeri Sibolga.