Home / Daerah / Nasional

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:43 WIB

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Dukung kerjasama PA Stabat, Kemenag Langkat dan Disdukcapil

Penulis: Muhammad Salim

Langkat,PERISTIWAINDONESIA.com ~ Pj Bupati Langkat H M. Faisal Hasrimy AP MAp menerima audiensi dari Kepala Pengadilan Agama Stabat bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/03/2024).

Audensi ini bertujuan bahwasanya terkait kerjasama sama Kegiatan Pelayan terpadu sidang isbat nikah, penertiban buku nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran untuk perkawinan tidak tercatat masyarakat kabupaten Langkat.

Dalam hal ini Pengadilan Agama Stabat sebagai pelaksana sidang isbat nikah yang selanjutnya bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Langkat sebagai pemberi buku Nikah sah dan Catatan sipil sebagai bukti admistrasi sudah melaksanakan nikah yang sah yaitu mengeluarkan akta kelahiran dan KK.

Terkait program itu masyarakat yang belum tercatat sah menikah dalam negara dikenakan biaya mandiri sebesar Rp. 420.000 berlaku untuk seluruh wilayah Kabupaten Langkat.

Evawaty SAg MH selaku Kepala PA Stabat menyampaikan bahwa persyaratan kerjasama tersebut sudah dipersiapkan tinggal menunggu persetujuan dari Pj Bupati Langkat.

“Kami akan membuat MOu antara Pengadilan Agama Stabat, dinas dukcapil dan kemenag Kabupaten Langkat. Semua berkas sudah kami persiapkan tinggal menunggu persetujuan dari bapak PJ Bupati” ucapnya.

Faizal Rizal Matondang SSos MAP menjelaskan bahwa dasar kami melakukan kerjasama ini dikarenakan ribuan pasangan di Kabupaten Langkat masih belum melaksanakan nikah secara sah tercatat dinegara.

” Ada ribuan pasangan yang belum tercatat sah, sehingga kami punya inisiatif untuk meringankan beban mereka baik dari ekonomi maupun administrasi agar mereka tercatat oleh negara” ucapnya.

Pj Bupati Langkat menyambut dengan sangat baik kerjasama tersebut.

“Ini merupakan hal baru, saya sangat mendukung untuk ini bisa segera terlaksana. Harapan saya ini bisa menekan angka perceraian yang secara otomatis akan menekan angka kemiskinan dan stunting” ucapnya.

” Nanti saya akan minta Kecamatan untuk sosialisasikan program ini” tambahnya.

Turut Hadir Sekda Kabupaten Langkat H.Amril Nasution SSos MAp,Staff ahli bidang SDM, Sosial dan kemasyarakatan H.Sujarno SSos,Kepala Pengadilan Agama Stabat Evawaty SAg MH,Kadis Dukcapil Faizal Rizal Matondang SSos MAP,Plt Kadis Kominfo H.Sutrisuanto SSos MAP,Wakil Kepala pengadilan agama Stabat Dr Sri Armaini SH MH,Panitra Pengadilan Agama Stabat Fuad Hilmi Nasution.  (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tujuh Belas Tahun Bangunan Kelas SMPN 1 Mentebah Kapuas Hulu Kalbar Memprihatinkan, Kepsek Meminta Pemerintah Segera Realisasikan

Daerah

Lodewick Fraus Saren Marpaung Ambil Formulir Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Periode 2024-2029 di Kantor DPD PAN Tapanuli Tengah

Nasional

Waketum Demokrat Willem Wandik Dukung Pemerintah Tetapkan Dance Yulian Flassy Jadi Sekda Papua

Daerah

Pertemuan Perdana Pembentukan DPC Gercin Kota Salatiga

Daerah

Bupati Karo dan Forkopimda Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Daerah

Bank Sumut Stabat Serahkan CSR ke Pemkab Langkat

Daerah

PJS Upgrade Wartawan Untuk Kompetensi, berintegritas dan Profesional

Daerah

Pemkab Lamsel Gelar Musrenbang Pertama di Kecamatan Penengahan